Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rumondang, Arta Sastra
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
TA746
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Reka Susilo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi kinerja sel elektrolisis. Elektrolisis adalah proses pemecahan senyawa air menjadi gas hidrogen dan gas oksigen dan gas hasil elektrolisis dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja motor bakar. Namun energi listrik yang dibutuhkan untuk elektrolisis terkadang terlalu besar dan sulit dikendalikan. Untuk mengoptimalisasi kinerja sel elektrolisis, dirancang kontroler reaktor yang adjustable berbasis pulse width modulation dengan mempertimbangkan nilai tegangan aki, suhu reaktor, indikator gigi persneling dan kecepatan putaran mesin. Kinerja sel elektrolisis dapat dilihat dari debit gas yang dihasilkan, konsumsi energi listrik dan suhu reaktor elektrolisa. Parameter kinerja motor bakar dapat diamati dari torsi, daya, emisi dan konsumsi bahan bakar. Dengan menerapkan modul kontrol, dapat meningkatkan maksimum BHP hingga 0,05HP, meningkatkan maksimum torsi sebesar 0,1 ft-lbs dan penghematan bensin sebesar 18,51% dibandingkan dengan motor standar.

This research is about to optimalize the performance of electrolysis cell. Electrolysis is process that can break the chemical bonding of water into hydrogen and oxygen gas. Both gasses is used to improve internal combustion engine performance. But the electric energy needed for electrolysis is excessive and hard to be controlled. To optimalize electrolysis cell performance, an adjustable controller is designed, based on pulse width modulation with consideration of battery voltage, electrolizer temperature, gear position and engine rotation spees. Electrolysis cell performance can be observed from gas flow rate, electric energy consumption and electrolyzer temperature. Engine performance parameter can be observed from torque, power, emission and fuel consumption. By using this control module, maximum BHP can increase up to 0,05HP, maximum torque up to 0,1 ft-lbs and decrease fuel consumption up to 18,51% compared with standard motorcycle."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43546
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Chair Rony
"Kontrol otomatis telah memegang peranan yang penting dalam bidang industri. Beberapa fungsi kontrol automatis adalah sebagai pengontrol proses dan instrumen keselamatan. Penggunaan kontrol otomatis memiliki keuntungan meliputi operasi yang lebih stabil, kemudahan dalam mendapatkan performa dari sistem mekanik, mengeliminasi pekerjaan manusia dan meningkatkan faktor keselamatan.
Karakteristik respon kontroler dipengaruhi oleh laju udara dan temperatur set point. Pengujian respon pemanas udara dilakukan untuk mengetahuai pengaruh fin terhadap respon sistem. Dari penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa fin akan memberbesar hambatan termal konveksi elemen pemanas sehingga akan mempercepat respon menurunkan overshoot dan temperatur elemen pemanas juga turun. Pada penelitian sebaiknya menggunakan alat ukur temperatur dengan ketelitian yang sangat tinggi sehingga diperoleh hasil yang akurat.

Automatic control held a major role in industrial sector. Some of its function are process controller and safety instrument. The use of automatic control have same advantage such as operation stability, usage of gathering the performance of mechanical sistem, eliminate human activity and improving the safety factor.
Controler respon characteristic is influenced by air flow and set point temperature. The experiment of air heater respon is conduct to observed the fin’s influence to the system respond. From the experiment we conclude the result that fin will increase the resistance of thermal convection of heater element, decrease the overshoot and temperature of the heater element. In this research, it is better to use temperatur measurenment with high accuration so that we can get an accurate result.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37936
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aris Rahmaprilianto
"Penelitian ini membahas tentang perancangan pengendalian tekanan otomatis di Stasiun Muara Bekasi (MBK) melalui Pressure Control Valve (PCV) di LBM yang berjarak 161 km. Tekanan di MBK perlu dijaga pada batasan aman yaitu pada range 410 – 430 psig. Hal ini dikarenakan tejadinya noise dan vibrasi di MBK. Penelitian ini menggunakan metode pemodelan empirik. Data empirik diperoleh dari lapangan yang diambil dalam interval waktu tertentu. Data-data yang diambil adalah bukaan valve di titik 1, tekanan di titik 1 (P1), tekanan di titik 2 (P2), dan laju alir di titik 2 (Q2). Data-data yang diambil kemudian dihubungkan dan ditampilkan dalam beberapa grafik hubungan. Grafik ini dianalisa dengan metode Process Reaction Curve (PRC) untuk memperoleh nilai fungsi alih dari proses (Gp), valve (Gv), dan gangguan (Gd).
Pada penelitian ini terdapat dua usulan desain pengendalian yaitu sistem pengendalian metode umpan balik (model 1) dan sistem pengendalian metode umpan balik dengan koreksi gangguan (model 2). Setiap model akan dilakukan simulasi menggunakan Simulink. Ada tiga model Simulink yang akan disimulasikan yaitu model aktual, model 1, dan model 2. Model aktual menggunakan nilai Kc dan Ki yang digunakan saat ini yaitu -0,05 dan 0,007. Untuk model 1 dan 2 menggunakan Kc dan Ki hasil perhitungan dengan Ziegler Nichols yaitu 0,212 dan 0,0001. Hasil simulasi yang diperoleh dari kedua model memiliki overshoot yang tinggi yaitu 46,05 % untuk model 1 dan 41,6 % untuk model 2. Kemudian dilakukan “fine tuning” untuk memperoleh nilai Kc dan ki yang optimal dan diperoleh nilai Kc sebesar 0,1908 dan Ki sebesar 0,00006.
Hasil simulasi memiliki overshoot yang reasonable yaitu 10,2 % (model 1) dan 6,97 % (model 2). Dari kedua model ini dipilih model 2 karena memiliki overshoot yang lebih kecil. Nilai overshoot menjadi prioritas utama karena berpengaruh pada faktor keamanan operasi jaringan transmisi gas. Pada model 2 ini memiliki keunggulan dibandingkan model aktual yaitu memiliki nilai offset dan rise time yang lebih kecil walaupun memiliki osilasi, overshoot, dan settling time yang agak tinggi. Selain itu pada model 2 sistem pengendalian berjalan otomatis tanpa ada unsur coba-coba (trial-error) sehingga kecil kemungkinan terjadinya human error.

This study discusses the design of automated pressure control in Muara Bekasi Station through Pressure Control Valve in LBM within 161 km. MBK pressure should be maintained at safe limits between 410 until 430 psig. This is because of noise and vibration issue in MBK. This study uses empirical modeling. Empirical data obtained from the field were taken at defined intervals. Data that needed for this study are valve opening at point 1, pressure at point 1 (P1), pressure at point 2 (P2), and flow rate at point 2 (Q2). The data captured are then connected and displayed in a graph. Then this graph will be analyzed by Process Reaction Curve (PRC) method to get value of process transfer function (Gp), valve coefficient (Gv), and disturbance transfer function (Gd).
There are two suggested models in this study. There are feedback control system (model 1) and feedback with disturbance correction control system (model 2). There are three models that will be simulated in Simulink actual model, model 1, and model 2. In actual model use Kc and Ki values that used today are -0.05 and 0.007. The value of Kc and Ki that used for model 1 and model 2 come from Ziegler Nichols Calculation. The value is 0.212 for Kc and 0.0001 for Ki.
Simulation results obtained from these two models have high overshoot is 46.05 % for model 1 and 41.6 % for model 2. Then do the fine tuning and get optimum value for Kc in 0.1908 and Ki in 0.00006. Simulation results have reasonable overshoot is 10.2 % (model 1) and 6.97 % (model 2). From both models we choose model 2 because it has little overshoot. Overshoot value is the top priority because it affects the safety factor of the gas transmission network operations. Model 2 have advantages over current models that have smaller value of offset and rise time despite having oscillation, overshoot, and settling time is rather high. In addition to model 2 control system runs automatically without any element of trial error so little possibility of human error.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46746
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
William Andreas Hambali
"Dengan studi ini, akan dibuat desain dan penyetelan dari multi-loop untuk multivariabel (2x2) RATB agar dapat mencapai kinerja kontrol RATB yang optimum. Studi ini menggunakan model reaktor Bequette dan perangkat lunak MATLAB yang diharapkan dapat mengatasi gangguan-gangguan di reaktor sehingga reaktor dapat stabil dengan cepat walaupun ada gangguan. Dalam studi ini, desain akan dibuat menggunakan pendekatan multi-loop, dengan pembuatan kontroler PI pada tahap selanjutnya. Kemudian metode penyetelan BLT dan auto-tune akan digunakan di kontroler PI dan diberikan gangguan untuk kedua metode penyetelan. Kinerja kontroler kemudian di bandingkan dan hasil dari studi ini kemudian di analisa untuk di bahas dan di ambil kesimpulannya.
Hasil dari studi menunjukkan bahwa dalam hal penolakan gangguan, BLT lebih baik daripada auto-tune berdasarkan perbandingan kinerja kontroler keduanya. Untuk IAE dalam kasus temperatur, BLT 30% lebih baik daripada auto-tune, tetapi kinerja hampir sama dalam kasus konsentrasi. Untuk settling time dalam kasus konsentrasi, BLT 30% lebih baik daripada auto-tune, dan dalam kasus temperatur, BLT 18% lebih baik daripada autotune. Untuk rise time dalam kasus konsentrasi dan temperature, BLT 30% lebih baik daripada auto-tune.

With this study, the design and tuning of multi-loop for multivariable (2x2) CSTR will be made in order to achieve optimum CSTR control performance. This study used Bequette model reactor and MATLAB software and is expected to be able to cope with disturbances in the reactor so that the reactor system is able to stabilize quickly despite the distractions. In this study, the design will be made using multiloop approach, along with PI controller as the next step. Then, BLT and auto-tune tuning method will be used in PI controller and given disturbances to both of tuning method. The controller performances are then compared. Results of the study are then analysed for discussions and conclusions.
Results from this study have shown that in terms of disturbance rejection, BLT is better than auto-tune based on comparison between both of controller performances. For IAE for the case of temperature, BLT is 30% better than auto-tune, but it is almost the same for the case of concentration. For settling time for the case of concentration, BLT is 30% better than auto-tune, and for the case of temperature, BLT is 18% better than auto-tune. For rise time for the case of concentration and temperature, BLT is 30% better than auto-tune.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library