Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyuni Pudjiastuti
Depok: Prenadamedia Group, 2017
324.9598 WAH k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyuni Pudjiastuti
Depok: Prenadamedia Group, 2017
324.959 8 WAH k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sarwesti
Abstrak :
Media sosial menghadirkan cara baru bagi pemerintah untuk menjangkau dan melibatkan publik dalam mewujudkan pemerintahan yang terbuka dan kolaboratif. Media sosial pemerintah juga dimanfaatkan untuk menampilkan brand positif organisasi dengan melakukan komunikasi persuasi, baik ke eksternal dan internal. Studi ini melihat upaya komunikasi persuasi ke pihak eksternal. Tesis ini membahas pemilihan sumber semiotika sebagai elemen pembentuk makna persuasif pada sebuah video di media sosial pemerintah dalam membangun employer branding. Analisis dilakukan pada video berjudul “BPSDM Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju” yang diunggah melalui kanal YouTube resmi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis multimodalitas yang mengkaji metafungsi ideasional, interaksional dan komposisional untuk mengidentifikasi sumber-sumber semiotik yang digunakan dalam pembuatan pesan persuasi dalam rangka employer branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan representasi konseptual dan narasi, pemilihan interaksi serta komposisi yang digunakan menunjukkan bahwa video ini menekankan pada penggunaan motivational appeal dalam menyusun pesan persuasi dengan mengedepankan interest value, development value, dan application value dalam kaitannya dengan employer branding. ......Social media provides a new way for governments to reach and engage the public in achieving open and collaborative governance. Government social media is also utilized to showcase a positive organizational brand through persuasive communication, both externally and internally. This study examines efforts in persuasive communication to external stakeholders. The thesis discusses the use of semiotic sources to shape persuasive meaning in a government social media video for employer branding. The study is based on a video named "BPSDM Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju" that was uploaded to the official YouTube channel of the Human Resources Development Agency of the Ministry of Public Works and Housing. This is a descriptive qualitative study that employs multimodality analysis methods to investigate ideational, interactional, and compositional metafunctions in order to identify semiotic sources used in creating persuasive messages for employer branding purposes. The findings of the study show that the use of conceptual representations and narratives, as well as the choice of interactions and composition, emphasizes the use of motivational appeal in crafting persuasive messages by emphasizing interest value, development value, and application value in relation to employer branding.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melisa Arisanty
Abstrak :
ABSTRAK
Keberhasilan Proses Perdamaian salah satunya ditentukan oleh adanya ego representatif yang memposisikan dirinya sebagai celah struktur yang menjadi jembatan komunikasi antar pihak-pihak berkonflik. Ego tersebut memainkan peranannya dalam jaringan komunikasi yang simetris vertikal dan lintas saluran dalam proses perdamaian dengan menggunakan komunikasi persuasi. Pada konteks perdamaian ini, seorang ego tidak boleh mempertahankan posisinya sebagai celah struktur agar perdamaian dapat berhasil. Dengan begitu, penelitian ini dapat memberikan masukan mengenai konsep structural non-hole dalam jaringan komunikasi perdamaian yang dapat mengkritisi teori celah struktur Ronald Burt.
ABSTRACT
One of the success of Peacekeeping Process is determined by a representative ego which positions itself as a structural hole which becomes communication bridge between the conflicting parties. Such ego plays its role in vertical and cross channel simetric of communication network by using persuasive communication. Further on this peacekeeping context, ego which positions structural hole may not maintain its position as a structural hole to reach the success of Peacekeeping. Thus this research can provide conceptual inputs about structural non-hole in peacekeeping communication network which can critizise the structural hole of Ronald Burt.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library