Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reny Yuliati
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini mengeksplorasi isyarat-isyarat yang dapat membedakan produksi pesan pengelabuan dan produksi pesan yang jujur dalam komunikasi bermediasi komputer terutama berbasis teks, dan menginvestigasi apakah adanya kesempatan merencanakan pesan dapat mempengaruhi perilaku komunikator yang memproduksi pesan pengelabuan. Penelitian ini mengkaji pengelabuan dalam proses komunikasi interaktif baik secara konsep maupun operasional sehingga lebih menggambarkan kondisi di dunia nyata, dan hal ini masih jarang dilakukan pada studi-studi komunikasi pengelabuan terdahulu. Melalui metode eksperimen, partisipan penelitian dipasangkan sebagai komunikator dan komunikan untuk menghasilkan percakapan diadik. Dengan memanipulasi produksi pesan (pesan pengelabuan atau pesan jujur) dan perencanaan (dengan persiapan atau spontan), diprediksi bahwa komunikator yang memproduksi pesan pengelabuan akan menghasilkan perilaku yang berbeda dengan komunikator yang memproduksi pesan jujur pada komunikasi bermediasi komputer. Hasil penelitian dari pengolahan 2 x 2 MANOVA between-subject design, didapatkan secara empiris, bahwa komunikator yang memproduksi pesan pengelabuan cenderung lebih jarang menggunakan kata yang merujuk pada diri sendiri, lebih banyak merujuk pada orang lain, lebih sering menggunakan kata pengingkaran, sering mengajukan pertanyaan dan banyak mengedit pesan. Namun, ketika komunikator diberikan waktu untuk merencanakan pesan, maka waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi pesan lebih singkat dan pengeditan pesan tidak terlalu banyak muncul dibandingkan dengan produksi pesan pengelabuan secara spontan
ABSTRACT
This research examines verbal and nonverbal cues in the production of deceptive and truthful message in computer-mediated communication, especially communication based on text, and explores whether planning messages can affect communicators? behavior. This research reviews both conceptualization and operationalization of deception in the interactive communication. Therefore, it can simulate conditions in the real world which has rarely been done in previous studies. Through experiment methods, research participants were paired as sender and receiver to produce dyadic conversation. By manipulating message production (deceptive or truthful message) and message planning (either with preparation or spontaneous), it is predicted that a sender who produces deceptive message will show different behavior than a sender who produces truthful message in the computer-mediated communication. The result from processing 2 x 2 MANOVA between-subject design empirically shows that senders, who produce deceptive message, tend to use fewer words which refer to him/herself, more other-directed pronouns, more negation words, ask more questions and edit message. However, when the sender is given more time to plan a message, the time needed to produce a message will be shorter and message editing process will be less than the spontaneous deceptive message production
2016
07-18-559201109
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Ramadan
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian dengan metode netnografi ini memahami eksistensi dan penggunaan media analog di era digital yang tak lepas dari konstruksi sosial terhadapnya. Begitu juga yang terjadi pada kartu pos. Fleksibilitas interpretasi kelompok sosial relevan, dalam penelitian ini adalah komunitas Card to Post, membawa penggunaan kartu pos dengan cara yang baru. Fleksibilitas interpretasi tersebut terlihat pada gambar dan ornament estetikanya; pesan tertulis; penempatan prangko; dan penyimpanannya. Lalu, penggunaan teknologi analog ini menimbulkan makna khusus pada kartu pos sebagai media komunikasi interpersonal, yaitu personalitas, sensasi fisik, kreatifitas, dan komunikasi pelan
ABSTRACT
With netnography as a method, this research analize and understand the existence and the usage of postcard as analog media in digital era which happended because of social construction. This research find that the interpretative flexibility of the social relevant group bring new way to use and design postcard. The interpretative flexibility shown from postcard picture and aesthetic ornament; written message; stamp placement and how it stored. The usage of postcard in digital era is also emerge meaning in its users, which are authenticity, physical sensation, creativity, and as slow communication. ;With netnography as a method, this research analize and understand the existence and the usage of postcard as analog media in digital era which happended because of social construction. This research find that the interpretative flexibility of the social relevant group bring new way to use and design postcard. The interpretative flexibility shown from postcard picture and aesthetic ornament; written message; stamp placement and how it stored. The usage of postcard in digital era is also emerge meaning in its users, which are authenticity, physical sensation, creativity, and as slow communication. , With netnography as a method, this research analize and understand the existence and the usage of postcard as analog media in digital era which happended because of social construction. This research find that the interpretative flexibility of the social relevant group bring new way to use and design postcard. The interpretative flexibility shown from postcard picture and aesthetic ornament; written message; stamp placement and how it stored. The usage of postcard in digital era is also emerge meaning in its users, which are authenticity, physical sensation, creativity, and as slow communication. ]
2015
T43787
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Johanes Adrian Dosiwoda
Abstrak :
ABSTRAK
Allianz Indonesia menerapkan computer mediated communication CMC dalam bentuk interactive voice response IVR untuk membangun hubungan dan meningkatkan loyalitas dengan pelanggannya yang berada pada kelas sosial ekonomi menengah ke bawah. CMC membentuk pola komunikasi hiperpersonal yang memiliki kemampuan membangun hubungan lebih baik dari komunikasi tatap muka. Hasil penelitian kuantitatif ini menyarankan bahwa penerapan pola komunikasi hiperpersonal di segmen menengah ke bawah memerlukan strategi pesan yang relevan dengan preferensi penerimanya sehingga menarik, membuat penerimanya: melakukan atribusi dan menemukan kesamaan dengan karakter serta memungkinkannya untuk menindaklanjuti pesan. Pengirim pesan perlu memperhatikan tujuan komunikasi hiperpersonal untuk membangun hubungan, bukan untuk tujuan transaksional.
ABSTRACT
Allianz Indonesia implemented computer mediated communication CMC in the form of an interactive voice response IVR to build relationships and increase loyalty with its customers in the middle low market segment. CMC forms a hyperpersonal communication effect that has the ability to build better relationships than face to face communication. The results of this quantitative study suggest that the application of hyperpersonal communication in the middle low market segment requires message strategy relevant to the recipient 39 s preference so it is attractive, triggers attribution and similarity process and enable them proactively conduct follow up actions. Sender needs to stick to the purpose of hyperpersonal communication to build relationships, not for transactional purposes.
2017
T48797
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library