Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hemi Mauly Kurnianto
Abstrak :
Gas lift diperlukan untuk dapat mengangkat fluida gas yang ada di dalam sumur dengan baik pada sumur yang mengalami deplesi. Pada lapangan sumur X yang berada di daerah lepas pantai, diperlukan tekanan total gas lift 1700 psig untuk menjaga total produksi gas hingga sebesar 11 MMSCFD, sedangkan tekanan sumur saat ini adalah 650 psig. Untuk menaikkan tekanan tersebut diperlukan sistem kompresor. Kompresor sentrifugal memiliki masalah surge yang akan mengakibatkan kerugian secara ekonomi pada perusahaan pengelola lapangan gas. Pengendali yang digunakan adalah pengendali PI dan PID yang akan dilakukan penyetelan dengan metode Ziegler-Nichols dan Tyreus-Luyben lalu digunakan kriteria kinerja pengendali ISE Integral of Squared Error untuk evaluasi kinerja pengendali. Tesis sini juga akan menganalisis desain proses dinamik secara ekonomi dengan metode levelized cost. Hasilnya penyetelan open loop Ziegler-Nichols memiliki ISE yang lebih kecil hingga 99.33 pada konfigurasi kompresor sentrifugal dan 98.65 untuk konfigurasi kompresor reciprocating daripada metode closed loop Tyreus-Luyben. Konfigurasi kompresor reciprocating dengan pengendali PID dan penyetelan open loop Ziegler-Nichols mampu mengurangi 22.96 energi dibanding konfigurasi kompresor sentrifugal dengan pengendali PI dan penyetelan Tyreus-Luyben.
Gas lift is required to lift the fluid gas in the well on wells that depleted. In the field of X wells located in the offshore area, the necessary pressure of 1700 psig total lift gas to maintain the total gas production by up to 11 MMSCFD, whereas the current well pressure is 650 psig. To raise the necessary pressure compressor systems are applied. Centrifugal compressors have a surge problem that would result in economic losses to the company operating the gas field. PI and PID Controller is applied and tunned by Tyreus Luyben and Ziegler Nichols method. ISE Integral of Squared Error controller performance criteria is applied for controller`s performance evaluation. This thesis will also analyze the dynamic design process with levelized cost method. The result is open loop Ziegler Nichols tuning has a smaller ISE up to 99.33 on a centrifugal compressor configuration and 98.65 for reciprocating compressor configuration than closed loop method Tyreus Luyben. Reciprocating compressor configuration with a PID controller and Ziegler Nichols open loop tuning able to reduce 22.96 of energy compared with the centrifugal compressor configuration and tuning PI controller Tyreus Luyben.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T47456
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Steven Darmawan
Abstrak :
Turbin gas mikro (MGT) merupakan salah satu alternatif pembangkit daya dengan daya dibawah 200 kW untuk mengatasi kebutuhan energi yang semakin meningkat. Dalam satu dekade terakhir, MGT telah diproyeksikan sebagai salah satu sistem pembangkit daya maupun termal yang prospektif, secara teknis, dimensi, biaya, dan lingkungan. Dari berbagai komponen pada turbin gas, kompresor merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting karena mensuplai udara pembakaran. Rancang bangun dilakukan terhadap prototype MGT GT85-2, dengan menggunakan turbocharger Garrett TA31 sebagai komponen mesin turbo. Kompresor TA31 memiliki jumlah full blade 6 buah, spliter blade 6 buah, diameter inducer dan exducer masing-masing 47,4 mm dan 74,9 mm, serta sudut alir relatif inlet dan outlet masing-masing 32,64o dan 26,5o yang didapatkan melalui metode reverse engineering. Berdasarkan data ini, parameter-parameter unjuk kerja kompresor, yaitu: rasio tekanan, Mach Number, laju alir massa dan volume, serta kecepatan sudu dapat diketahui dengan metode teoritis. Selanjutnya, metode CFD digunakan untuk mengetahui pola alir kecepatan pada permukaan meridional antara full dan spliter blade. Pada simulasi CFD selanjutnya, radius splitter blade divariasikan menjadi 3 buah, yaitu radius standar 26.75mm, variasi a 25.68mm, dan variasi b 27.82 mm untuk masing-masing putaran poros uji (7480 rpm, 8002 rpm, 8892 rpm, 11820 rpm, dan 13000 rpm). Hasil simulasi dengan menggunakan CFDSOF® menunjukkan bahwa penggunaan splitter blade dengan variasi a menurunkan kecepatan sudu sebesar 0.37% secara rata-rata dan variasi b akan meningkatkan kecepatan sudu pada setiap putaran poros uji secara rata-rata sebesar 0.04% terhadap penggunaan splitter blade standar. Verifikasi hasil simulasi CFD terhadap hasil perhitungan teoritis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 8.22% untuk kompresor uji dengan splitter blade standar. Analisa terhadap hasil pengujian menunjukkan bahwa kompresor bekerja dengan kecepatan di bawah spesifikasinya. ......To meet increased energy demand, Micro Gas Turbine (MGT) has become an alternative power source for power less than 200kW. On the last decade, MGT has been projected as a prospective power and thermal source in technical, dimension, cost, and environmental aspects. Prototype design of MGT GT85-2 has been done with the use of Garrett TA31 turbocharger as the turbomachine component. In gas turbine, compressor is a very important component for combustion air supply. The TA31 compressor consist of 6 full blades and 6 spliter blades with inducer and exducer diameter respectively 47.4 mm and 74.9 mm. Blade relative angle 32.64 degree inlet and 26.5 degree outlet angle was found from reverse engineering method, 3D scanning. Based on 3D scan output, compressor performance parameters, such as pressure ratio, Mach number, mass and volume flow rate has been found theoritically. Furthermore, CFD method used to understand the flow in meridional surface between full and splitter blade. Further CFD simulation varying the radius of splitter blade in 3 vaiant: standard radius 26.75mm, variation a 25.68mm, and variation b 27.82 mm for each testing speed (7480 rpm, 8002 rpm, 8892 rpm, 11820 rpm, dan 13000 rpm). CFD simulation done with CFDSOF® shows that the a variant radius decreased the blade speed of 0.37% on average compared to standard radius. Meanwhile the b variant increased the blade speed of 0.04% on average, compared to standard radius. Verification of the blade speed between CFD simulation result with theoretical results for standard radius showed that the CFD results are 8.22% lower on average. Analysis of the test result indicated that compressor operates at lower speed than specified.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31604
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library