Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sari Aziz
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2005
S26033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harnum Yulia Sari
"Bantuan sosial memungkinkan untuk memperkuat kontrak sosial antara warga negara dan pemerintah. Bantuan sosial dapat memengaruhi keputusan individu dalam partisipasi memilih melalui faktor ekonomi, persepsi terhadap pemerintah, dan modal sosial. Pengalaman berpartisipasi dalam bantuan sosial memengaruhi persepsi terhadap kemampuan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini melihat dampak bantuan sosial pada partisipasi memilih dalam pemilihan presiden. Estimasi dengan menggunakan dataset IFLS, menumakan bahwa kesalahan penargetan maupun komplementaritas bantuan sosial memiliki hubungan positif dengan partisipasi seseorang dalam pemilihan presiden. Berdasarkan estimasi dengan model logistic random effect,
ditemukan bahwa efek marginal rata-rata bantuan sosial terhadap peluang partisipasi seseorang dalam pemilihan adalah 0.1-0.2 %.

Social protection can strengthen the social contract between citizens and government. Social protection can influence individual decisions on voting participation through the economy, social capital, and their perception of government. The experience of participation in poverty targeting can influence people‘s perceptions of their leaders and trust in the government‘s ability to provide for the welfare of its citizen. This paper assesses the impacts of social protection on voting participation in the presidential election. Estimates with the
IFLS dataset show that both of mistargeting and complementarity of social protection have a positive relationship with voting participation in the presidential election. Using a logistic random effect model we find that the average marginal
effect of social protection on the voting participation ranges from 0.1-0.2 %.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Zakiyya Mustaqima
"Daerah Yogyakarta–Solo–Semarang (Joglosemar) bertujuan untuk mendongkrak perekonomian karena ketiga kota tersebut merupakan poros perekonomian di bagian tengah Pulau Jawa. Aglomerasi ketiga kota tersebut memiliki konsekuensi berupa kepemilikan fasilitas, seperti bandara yang berdekatan (Multi Airport Region. Namun, pelayanan Bandara Internasional Adisutjipto sudah melebihi kapasitasnya, sehingga pemerintah merencanakan bandara baru untuk menggantikan peran bandara tersebut dengan ketersediaan penerbangan yang lebih lengkap yaitu Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Adanya bandara baru dapat memberikan pilihan baru bagi penumpang untuk pemilihan bandara yang akan digunakan, baik itu berdasarkan pilihan penerbangan, maskapai penerbangan, jarak menuju bandara atau fasilitas layanan yang terdapat di bandara tersebut. Bandara baru di kawasan yang sama juga dapat menimbulkan persaingan antar bandara. Penelitian ini menggunakan kuesioner revealed preference dan stated preference, serta menggunakan analisis regresi logistik multinomial untuk menganalisa preferensi pemilihan bandara di Kawasan Joglosemar dan faktor-faktor persaingan dan komplementaritas antar bandara di Kawasan Joglosemar, serta melihat wilayah pengaruh dari setiap bandara di tiga kondisi yang berbeda. Ketiga kondisi tersebut adalah ketika frekuensi penerbangan menuju bandara tujuan di semua bandara sama, ketika tiket untuk jadwal penerbangan yang diinginkan di bandara yang biasa digunakan habis, dan ketika bandara yang biasa digunakan ditutup. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa aksesibilitas, frekuensi penerbangan, waktu tempuh menuju bandara tujuan, dan jadwal penerbangan menjadi variabel yang berpengaruh terhadap preferensi pemilihan bandara di Kawasan Joglosemar. Faktor yang mempengaruhi persaingan antar bandara adalah aksesibilitas, jadwal penerbangan, waktu tempuh menuju bandara tujuan, dan biaya perjalanan yang dikelaurkan menuju bandara. Pada kondisi frekuensi penerbangan di semua bandara sama terjadi persaingan antar bandara, sedangkan pada kondisi tiket pada jam penerbangan yang diinginkan di bandara yang biasa digunakan sudah habis dan kondisi bandara yang biasa digunakan harus ditutup terjadi komplementaritas antar bandara di Kawasan Joglosemar.

The development of Yogyakarta–Solo–Semarang Region (Joglosemar) has the aim of boosting the economy of the central part of Java Island since the three cities form the economic axis of the area. The role of the region is affected by the availability of good transportation infrastructure. The Yogyakarta–Solo–Semarang (Joglosemar) region meets the characteristics of multiple airport regions as the three cities’ airports are located close to each other (Multi Airport Region). Adisutjipto International Airport (JOG) in Yogyakarta City had been running on its capacity so that the government has opened a new and bigger airport, i.e., Yogyakarta International Airport (YIA) in Kulon Progo Regency to replace Adisutjipto International Airport (JOG). The opening of the new airport means more options for passengers in Yogyakarta–Solo–Semarang (Joglosemar) region who can now choose between the three airports based on variables such as the available schedules, airlines, distance to the airports, and the available airports’ services or facilities. New airport in the same area can also create competition between airports. This study uses revealed and stated preference questionnaire and uses multinomial logistic regression to analyze airport selection preferences in the Joglosemar area and to analyze the factors of competition and complementarity between airports in the Joglosemar area. This study also compares the catchment area of each airport in three different conditions. The three conditions are when the frequency of flights to the destination airport is the same at all airports, when the tickets for the desired flight schedule at the airports commonly used are sold out, and when the airports commonly used are closed. The results of this study indicate that accessibility, flight frequency, travel time to the destination airports, and flight schedule are variables that affect the preference for airport selection in the Joglosemar area. Factors that affect competition between airports are accessibility, flight schedules, travel time to the destination airport, and travel costs incurred to the airport. On the first condition, which is when the flight frequency of flights to the destination airport is the same at all airports, there will be competition between airports, while on the condition of when the tickets for the desired flights schedule at the airports commonly used are sold, and the conditions when the airports that are commonly used are closed, complementary occurs between airports in the Joglosemar area. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nathania
"Model permainan non-kooperatif satu periode dikonstruksi untuk menetapkan premi yang kompetitif di pasar asuransi umum. Pada skripsi ini, konstruksi model permainan nonkooperatif satu periode dengan multiple pemain melibatkan empat komponen penting, yaitu lapse model, loss model, fungsi objektif, dan fungsi kendala solvabilitas. Di bawah perilaku rasional, setiap pemain memilih strategi premi yang akan menghasilkan memaksimalkan keuntungan yang diharapkan dari polis periode selanjutnya. Strategi yang dipilih juga harus memperhatikan aturan solvabilitas yang ditetapkan oleh regulator. Premi yang kompetitif didapatkan dengan mencari solusi dari model permainan, yaitu Nash equilibrium. Nash equilibrium didapatkan dengan mencari solusi dari kondisi Karush-Kuhn-Tucker yang diperluas dan direformulasi menggunakan fungsi komplementaritas. Premi Nash equilibrium selanjutnya digunakan dalam perhitungan probabilitas lapse pemegang polis dan banyaknya pemegang polis periode selanjutnya. Hasil perhitungan tersebut dianalisis dan diinterpretasikan untuk melihat kecenderungan perilaku pemegang polis terhadap premi Nash equilibrium, hubungan premi Nash equilibrium dan pemegang polis baru, serta hubungan premi Nash equilibrium dan tingkat biaya. Berdasarkan parameter referensi untuk asuransi mobil di Jerman tahun 2020, untuk model permainan dengan empat pemain didapatkan bahwa pada tingkat premi Nash equilibrium, pemegang polis cenderung tetap pada perusahaan asuransinya saat ini dan tidak berpindah ke perusahaan asuransi mobil dengan premi yang lebih murah secepat yang diantisipasi oleh model ekonomi. Perusahaan asuransi mobil dengan premi Nash equilibrium terendah mendapatkan pemegang polis baru terbanyak, dan berlaku sebaliknya. Premi Nash equilibrium dan tingkat biaya memiliki hubungan yang searah.

The one-period non-cooperative game model is constructed to set competitive premiums in the general insurance market. In this thesis, the construction of a one-period noncooperative game model with multiple players involves four important components, namely the lapse model, the loss model, the objective function, and the solvency constraint function. Under rational behavior, each player chooses a premium strategy that will maximize the expected profit from the policy for the next period. The strategy chosen must also pay attention to the solvency rules set by the regulator. A competitive premium is obtained by finding a solution from the game model, namely the Nash equilibrium. Nash equilibrium is obtained by finding the solution of the Karush-Kuhn-Tucker condition which is extended and reformulated using the complementarity function. The Nash equilibrium is then used in calculating the probability lapse and the number of policyholders for the next period. The results of these calculations are analyzed and interpreted to see the behavioral tendencies of policyholders towards the Nash equilibrium premium, the relationship between the Nash equilibrium and new policyholders, as well as the relationship between the Nash equilibrium and the expense rate. Based on the reference parameters for car insurance in Germany in 2020, for a fourplayer game model, it is found that at the Nash equilibrium, policyholders tend to stay with their current insurance companies and do not switch to car insurance companies with lower premiums as quickly as anticipated by economic model. The car insurance company with the lowest Nash equilibrium premium gets the most new policyholders, and vice versa. The Nash equilibrium premium and the expense rate have a unidirectional relationship."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library