Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Laila Fidelina
Abstrak :
ABSTRAK
Berdasarkan beberapa penelitian, perkembangan bahasa seorang anak dipengaruhi beberapa faktor, termasuk didalamnya faktor gender. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk melihat apakah faktor gender ini juga mempengaruhi kompetensi komunikatif anak anak, sebagai salah satu aspek dari perkembangan bahasa anak. Kompetensi komunikatif dalam skripsi ini, dibatasi hanya pada kemampuan anak-_anak dalam menyampaikan informasi secara efektif.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa anak perempuan cenderung lebih menonjol dalam bidang verbal dibandingkan dengan anak laki-laki. Dari hasil penelitian seperti ini, diasumsiikan kemampuan anak perempuan dan anak laki-laki dalam menyampaikan informasi juga akan berbeda. Anak perempuan seharusnya lebih informatif dibandingkan dengan anak laki-laki.

Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan pada sejumlah responden. Korpus data yang digunakan dalam kuesioner adalah deskripsi kata-kata yang diberikan oleh beberapa pasang anak-anak. Deskripsi yang diberikan anak-anak ini diperoleh dari Child's Play,sebuah acara permainan yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Dalam kuesioner, para responden diminta untuk menilai sejauh mana keinformatifan deskripsi yang diberikan oleh setiap anak.

Hasilnya menunjukkan bahwa deskripsi yang diberikan anak perempuan cenderung dinilai lebih informatif oleh para responden dibandingkan dengan deskripsi yang diberikan anak laki-laki. Hasil dari penelitian ini hanya berlaku bagi anak-anak yang muncul dalam acara Child's Play ini. Hasil yang sama belum tentu berlaku bagi anak-anak secara umum.
1995
S14108
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meilina Sari
Abstrak :
ABSTRAK
Kemampuan untuk memahami apa yang disampaikan oleh orang lain dan kemampuan untuk mengutarakan isi pikiran kepada orang lain adalah penting. Petty dan Jensen (1980) menyatakan bahwa kemampuan berbahasa berkorelasi positif dengan keberhasilan belajar anak. Untuk dapat dipahami oleh orang dewasa, anak-anak yang menguasai kebanyakan konsep spontan dapat saja menguasai konsep ilmiah dengan bantuan guru di sekolah atau melalui interaksi dengan orang dewasa yang lebih ahli di lingkungannya.

Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan bahasa anak usia 8 - 10 tahun yang diukur melalui kompetensi komunikatif. Lingkungan belajar dalam penelitian ini dibatasi pada lingkungan belajar di rumah dan di sekolah. Sedangkan aspek-aspek yang terdapat di dalam lingkungan belajar dibatasi pada aspek : Orang-orang di sekitar anak dan interaksinya, Aktivitas anak, Fasilitas fisik , dan Komunikasi dan nilai-nilai yang dianut, seperti yang dikemukakan oleh Bronfenbrenner (dalam Myers, 1992).

Subyek yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah siswa- siswi sekolah dasar berusia 8 - 10 tahun dengan tingkat inteligensi umum rata-rata. Subyek-subyek penelitian diambil dari 2 lingkungan belajar yang berbeda, yaitu sebanyak 30 subyek berasal dari lingkungan belajar yang banyak menyediakan stimulus secara kualitatif dan kuantitatif dalam merangsang kompetensi komunikatif anak (lingkungan belajar A) dan sebanyak 30 subyek lainnya berasal dari lingkungan belajar yang kurang dalam menyediakan stimulus secara kualitatif dan kuantitatif dalam merangsang kompetensi komunikatif anak (lingkungan belajar B). Untuk mengukur kompetensi komunikatif subyek, subyek diminta untuk menjabarkan/menjelaskan 9 kata benda target.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang berada di lingkungan belajar yang banyak menyediakan stimulus-stimulus secara kualitatif maupun kuantitatif dalam merangsang kompetensi komunikatif anak memiliki nilai kompetensi komunikatif yang Iebih tinggi secara signifikan daripada anak-anak yang berada di lingkungan belajar yang kurang dalam menyediakan stimulus. Di samping itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa walaupun semua aspek-aspek lingkungan belajar memberikan pengaruh dan berkorelasi positif terhadap kemampuan bahasa anak yang dalam penelitian ini dikaitkan dengan penguasaan konsep yang diukur melalui kompetensi komunikatif anak, namun aspek 1 yaitu orang- orang di sekitar anak dan interaksinya memberikan sumbangan yang paling besar terhadap kompetensi komunikatif anak. Begitu pula halnya dengan kata-kata benda target yang dapat dengan sangat mudah dijelaskan/ dijabarkan oleh anak adalah kata-kata benda target yang berada di dunianya terutama dunia bermain. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya indikasi bahwa faktor sosial ekonomi juga mempengaruhi seberapa dekat dan sering anak berinteraksi atau memiliki pengalaman terhadap benda- benda tersebut sehingga mempengaruhi hasil kompetensi komunikatif. Sementara itu juga didapatkan hasil bahwa pada anak usai 8 -10 tahun, usia tidak mempengaruhi kompetensi komunikatif anak secara signifikan. Sedangkan untuk jenis kelamin didapatkan hasil yang berbeda antara lingkungan belajar A, di mana jenis kelamin mempengaruhi kompetensi komunikatif anak secara signifikan, dengan lingkungan belajar B, di mana jenis kelamin tidak mempengaruhi kompetensi komunikatif anak.

Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melihat juga peranan orang-orang di sekitar anak selain orang tua dan guru. Kemudian dapat juga dilihat hubungan kompetensi komunikatif dengan prestasi siswa, mengingat kemampuan berbahasa anak berkorelasi positif dengan keberhasilan belajar anak.
1998
S2731
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raffaelia Sanzio Rodiman
Abstrak :
Skripsi ini memaparkan rancangan website pengajaran bahasa Cina yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pemelajaran bahasa Cina oleh peminat bahasa Cina, khususnya di Indonesia yang ingin mempelajari bahasa Cina secara lebih fleksibel. Metode yang dipakai dalam melakukan penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan dengan landasan teori bidang linguistik terapan (pengajaran bahasa) beserta bidang informasi teknologi yang berkaitan dengan internet dan website. Rancangan website pengajaran bahasa Cina berbasis kompetensi komunikatif ini dapat diakses dengan menggunakan internet pada ?www.mandarin.web.id?.
Abstract
Focus of this study is for describing the Chinese language teaching website design. The purpose of this study is to use website as alternative of chinese language learning media for people who wants to learn Chinese language more flexible especially in Indonesia. This is a literature research study, focus on Chinese language teaching and website designing for chinese language learning. The result of this research was a communicative competence based Chinese language teaching website design which was accessible at ?www.mandarin.web.id?.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S12994
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library