Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Raden Ajeng Siti Kirono Lesmi Hendriati
"Ketika dunia sedang dilanda keresahan sosial dan politik, pemerintah lokal kota Brisbane justru memberikan persetujuan kepada pembangunan Queen’s Wharf Brisbane, mega-proyek entertainment resort - lengkap dengan kasino baru, di lokasi yang hanya sekian langkah dari institusi pemerintahan dan pendidikan tinggi. Selain memang keputusan tersebut dinilai kurang pantas, keberadaan masalah ini di Brisbane yang merupakan ibu kota dari bagian negara Queensland dan kota ketiga terbesar dan ketiga terpadat di Australia memancarkan pesan yang kurang baik kepada khalayak banyak. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi desain untuk masalah tersebut, menjembatani pusat kota Brisbane yang ada saat ini dengan proyek kontroversial yang sedang berjalan tersebut. Berlokasi diantara gedung parlemen Brisbane, Queensland University of Technology dan Queen’s Wharf Brisbane, solusi desain ini diharapkan bisa menghadirkan demokrasi yang lebih kuat ditengah kapitalisme. Untuk mencapai solusi yang tepat, desain yang diajukan memerhatikan tata kota yang sudah ada dan yang akan datang, iklim lokal, dan inti dari demokrasi itu sendiri.
As the world is facing global socio-political crisis, Brisbane City Council approved Queen’s Wharf Brisbane, a mega-project of an entertainment resort - complete with a new casino, within steps away from the local government precinct and education institution. Apart from being an inappropriate decision as it is, it being situated in Brisbane - the capital city to the state of Queensland and Australia’s third largest and most populated city, very much sends a socially and politically off signal to the greater public. For that reason, this research is aimed to propose a design solution to the issue, bridging the existing Brisbane CBD (Central Business District) with the controversial development currently underway. Situated right between Brisbane’s parliament, Queensland University of Technology and the upcoming integrated resort, this design project is aimed to give a stronger presence of democracy amidst the thick capitalism. In order to provide a well-rounded solution, the proposed design pays close attention to the urban landscape - existing and upcoming, local climate, and the essence of Democracy itself."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Hana Melinda
"
ABSTRAKPenelitian ini menganalisis kompleksitas penggambaran korban Gempa dan Tsunami Jepang tahun 2011 Bencana 3.11 di dalam film Himizu 2011 karya Sono Shion. Penelitian ini menggunakan metode analisis tekstual dengan mengaplikasikan teori semiotik Barthes untuk memaknai konotasi yang terdapat di dalam film. Dari penelitian ini ditemukan penggambaran terhadap korban Bencana 3.11 sebagai sosok yang 1. Memiliki gangguan jiwa 2. Memiliki tendensi bunuh diri dan 3. Teralienasi dari masyarakat. Dalam penelitian ini juga ditemukan penggambaran masyarakat Jepang sebagai sosok yang gaman dan ganbaru. Dengan menunjukkan penggambaran korban sebagai sosok yang menyedihkan dalam film Himizu merupakan cara sutradara Sono Shion untuk mengangkat sisi lain dari korban Bencana 3.11 dengan cara mendramatisasi berbagai sisi kelam dampak bencana. Penggambaran terhadap korban Bencana 3.11 dalam film merupakan bentuk komentar sosial dari sutradara Sono Shion atas narasi dominan penggambaran korban Bencana 3.11 sebagai sosok yang bersikap gaman dan ganbaru yang digambarkan oleh media.
ABSTRACTThis research analyzes the complex portrayals of 2011 Japan Earthquake and Tsunami 3.11 Earthquake victims in Sono Shion rsquo s movie, Himizu 2011 . The method used in this research is textual analysis supported with the appliance of Barthes semiotic theory to analyze the signs that are present in the movie. The result of this research shows that the victims of 3.11 Earthquake are depicted in the movie as 1. Suffering mental issues 2. Having suicidal tendencies 3. Alienated from society. A depiction of Japanese society as gaman and ganbaru was also found in this research. By showing those poor depictions of the victims in the movie, Himizu acts as Sono Shion rsquo s social commentary to the dominant narrative of 3.11 Earthquake victims in the media. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library