Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Preciosa Alnashava J.
"Tesis ini membahas tentang bagaimana representasi kekerasan simbolik dalam hubungan romantis pada serial situasi komedi How I Met Your Mother serta bermaksud membongkar ideologi patriarki di balik representasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes dan teknik pengumpulan data melalui analisis teks, serta studi literatur. Konsep kekerasan simbolik yang digunakan dalam penelitian ini beranggapan bahwa hubungan romantis heteroseksual merupakan bentuk kekerasan simbolik pada perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa serial komedi situasi How I Met Your Mother menampilkan kekerasan simbolik dengan mereproduksi mitos perempuan dalam hubungan romantis sebagai : objek seks, makhluk yang emosional, dan pihak yang harus lebih rela berkorban. Mitos ini lah yang mengkonstruksikan ideologi patriarki di balik komedi situasi How I Met Your Mother.

This research tries to explain about how the representation of symbolic violence in romantic relationships in a sitcom, How I Met Your Mother, and to expose the pathriarchal ideology behind the representation. This is a qualitative research with semiotic by Roland Barthes as the method to analyze the text and text analysis technique along with literature study to collect the data. The concept of symbolic violence, that is used in this research, assumes that a heterosexual romantic relationship is a form of symbolic violence to women.
The result of this research indicates that How I Met Your Mother displays symbolic violences by reproducing myths towards women as: sex symbols, emotional beings and the ones who have to be more self-sacrificing than men. These myths construct the patriarchal ideology behind How I Met Your Mother."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30603
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lumbantobing, Toni Hansen
"ABSTRAK
Komedi situasi, pada umumnya, menggambarkan tokoh ibu sebagai karakter yang bersifat positif, namun tidak demikian dengan Arrested Development. Serial televisi ini menggambarkan tokoh-tokoh ibu sebagai karakter negatif. Hal ini bukan berarti bahwa serial televisi tersebut dapat dikatakan sebagai sepenuhnya inovatif secara tematis, sebab di dalam kedua tokoh, Lucille dan Lindsay, masih terkandung representasi hegemonik wanita yang seringkali ditemukan di dalam komedi situasi. Meskipun demikian, penelitian ini menemukan bahwa sebenarnya kedua tokoh ini digambarkan secara multidimensi. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan stereotipe yang terkandung pada keduanya bersifat disengaja untuk menghasilkan efek komedi. Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa Arrested Development, dengan stereotipe perempuan yang ditemukan dalam tokoh Lucille dan Lindsay, sesungguhnya menantang representasi hegemonik wanita yang sering terkandung dalam teks populer.

ABSTRACT
While traditional situational comedy employs likeable mother figures, Arrested Development puts negative mother characters into its highlight. This does not necessarily position the critically-acclaimed TV series as thematically innovative in its time since the characters Lucille and Lindsay still contain numerous hegemonic representation of female in situational comedies found within their traits and actions. This study, however, finds that in spite of that, the two characters are proved to be multidimensional in their characterization, indicating that the stereotyping is, in fact, deliberately used to achieve comedic effect. This research then concludes that Arrested Development, through the intentional stereotyped portrayal of Lucille and Lindsay, actually challenges hegemonic representation of female characters itself."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library