Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ardhi Ridwansyah
Abstrak :
Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk menjajaki faktor-faktor yang memengaruhi perilaku knowledge codifiication di konsultan pelatihan ABC Institute. Penelitian dilakukan secara kualitatif terhadap para analis di ABC Institute dengan menggunakan focus group discussion. Daftar pertanyaan di dalam focus group discussion mengacu pada 3 dimensi yang memengaruhi knowledge codification berdasarkan theory of planned behavior, yaitu attitude, subjective norms, serta perceived behavioral control (Ajzen, 1991). Hasil penelitian menemukan beberapa faktor penting yang dapat meningkatkan maupun menghalangi perilaku knowledge codification di ABC Institute. Berdasarkan hasil tersebut dirancanglah intervensi teknostruktural berupa implementasi struktur organisasi hypertext ( Nonaka & Takeuchi, 1995) yang digabungkan dengan proses pengembangan produk baru menggunakan model Stage-Gate (Cooper, 2001).
......
The objective of the thesis research was to explore factors influencing knowledge codification behavior in training consultant ABC Institute. The research was conducted qualitatively using focus group discussion. The list of questions in the focus group discussion consisted of three dimensions based on the theory of planned behavior; i.e attitude, subjective norms, and perceived behavioral control (Ajzen, 1991). The research finds some critical factors influencing knowledge codification behavior in ABC Institute. Based on the result, a technostructural intervention was designed. The proposed intervention was implementation of hypertext organization (Nonaka & Takeuchi, 1995) combined with the new product development process using Stage-Gate model (Cooper, 2001).
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42581
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yohanes Kristianto
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang pengaruh keterikatan karyawan terhadap knowledge transfer sebagai faktor identifikasi dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif dan kualitatif dengan mengembangkan prinsip-prinsip knowledge management dalam penyusunan program pengembangan intervensi di PT. GYI.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang positif antara variabel penelitian dengan hasil kategorisasi responden dari kowledge transfer berada pada kategori sedang dan hasil uji konstruk yang dihasilkan menunjukan knowledge codification dengan nilai rata-rata terendah.
Bentuk rekomendasi yang diusulkan adalah perubahan struktur organisasi guna memfasilitasi komunikasi horizontal yang dibantu dengan KM-Tools PDCA (Plan Do Check Action) dalam meningkatkan knowledge transfer dan knowledge codification di divisi manufaktur PT. GYI guna meningkatkan kinerjanya dengan berfokus pada intervensi Human Resources Management Practice.
......This thesis focused on the influence of employee engagement on knowledge transfer as the identification factor of this research. Quantitative and qualitative study used to develop intervension program at PT. GYI with knowledge management principles.
Result of this research showed a positive relationship between variables with the categorization of the respondents on knowledge transfer in medium rate and constructs analysis shown knowledge codification in the lowest mean.
Proposed recommendations is change in organization structure to facilitate horizontal communication and using KM-Tools PDCA (Plan Do Check Action) method to improve knowledge transfer and knowledge codification in manufacturing division PT. GYI to improve it's performance by focusing on interventions in Human Resources Management Practice.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30920
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library