Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tito Rizal Faishal
"Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji apakah dimensi-dimensi gaya kepemimpinan transformasional, transaksional, dan laissez-faire memiliki pengaruh terhadap dimensi-dimensi kepuasan kerja pegawai Fakultas Kedokteran Universitas XYZ. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 61 responden yang bersedia mengisi kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi gaya kepemimpinan transformasional yaitu intellectual stimulation berpengaruh terhadap fringe-benefit dan inspirational motivation berpengaruh terhadap communication. Sedangkan dimensi gaya kepemimpinan transaksional yaitu active management by exception berpengaruh terhadap pay (gaji) dan communication (komunikasi).
Saran bagi manajemen adalah pimpinan memperbaiki Standard Operational Procedure (SOP) dan mengkomunikasikan ke pegawai agar paham dan mentaati SOP, sehingga tidak terjadi banyak kesalahan dan pegawai terhindar dari sanksi penurunan gaji.

The purpose of this study was to test examine the effect of dimensions of transformational, transactional, and laissez-faire leadership style to the dimensions of job satisfaction employee at Faculty of Medicine and Health XYZ University. The subjects in this study were 61 respondents who are willing to fill out a questionnaire. Data were analyzed using regression analysis.
The results showed that the dimensions of transformational leadership style is intellectual stimulation affects fringe-benefit and inspirational motivation affect communication. Meanwhile, the dimension of transactional leadership style, that is active management by exception affects pay and communication.
Suggestions for management is improving the Standard Operational Procedure (SOP) and communicate to employees to understand and obey the SOP, so it is does not happen a lot of mistakes and employees avoid of sanction salary reduction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44181
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Handayani
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas pelayanan secara eksternal (pelayanan bagi penyidik) dan internal (pelayanan bagi pegawai), serta dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai di UPT Laboratorium Uji Narkoba serta merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil penelitian terhadap pelayanan ekternal dan pelayanan internal kemudian di analisis menggunakan IPA. Kualitas pelayanan terhadap penyidik (pelanggan eksternal) diukur menggunakan metode SERVQUAL yang diperkenalkan oleh Parasuraman,Zeithaml dan Berry (1990), sedangkan kepuasan kerja pegawai diukur menggunakan metode Index of Work Satisfaction (IWS) dari Stamp (1997). Untuk pelayanan internal, populasi penelitian ini adalah pegawai UPT Laboratorium Uji Narkoba BNN, sedangkan untuk pelayanan eksternal populasi adalah pelanggan yaitu para penyidik. Dari hasil dari penelitian, didapat bahwa tingkat kepuasan kerja pegawai dikategorikan cukup puas, sedangkan kepuasan penyidik dikategorikan sangat puas. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada UPT Laboratorium Uji Narkoba, digunakan strategi unconditional guarantees, yaitu peningkatan kepuasan kepada pelanggan dengan cara pembenahan pada beberapa sektor serta peningkatan motivasi para karyawan untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih baik.

ABSTRACT
In this study was conducted to analyze the quality of external services (services for the investigator) and internal (service for the employee), as well as an analysis of the factors that affect employee performance in Drug Testing Laboratory to formulate strategies enchancing service of quality. The result of the external service and internal service later in the analysis using Importance Performance Analysis (IPA). Quality of service to the investigator (external customer) were measured using the SERVQUAL method introduced by Parasuratman, Zeithalm and Berry (1990), while employee satisfaction is measured using the Index of Work Satisfaction (IWS) introduced by Stamp (1997). For internal services, the study pupolation is employee of Drug Testing Laboratory, while for the external service pupolation is that the investigators. From the results of the study, found that the level of employee job satisfaction categorized quite satisfied, while categorized investigator satisfaction is very satisfaction. To improve the service of quality in Drug Testing Laboratory, used the unconditional guarantees strategy, ie an increase in customer satisfaction by way of improvement in some sectors and increase the motivation of employee to achieve a better level performance."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elly Safitri
"Self esteem adalah aspek penilaian atau penghargaan individu tentang layak atau tidak layaknya seseorang bagi dirinya. Penilaian tersebut dapat berupa penilaian yang positif, negatif, netral atau simbiosis. Tinggi rendahnya self esteem dipengaruhi oleh selisih antara diri ideal dengan diri aktual, juga dipengaruhi oleh seberapa jauh seseorang menerima penghargaan positif tanpa syarat.
Self esteem yang rendah akan menyebabkan individu merasa ditolak, merasa tidakpuas dan tidak berharga. la memandang dirinya secara berlebihan, yaitu sangat positif atau sangat negatif, sehingga terjadi ambivalensi dalam dirinya. la merasa tidak aman karena tidak dapat menerima elemen-elemen negatif yang mungkin ada dalam dirinya. Sebaliknya individu dengan self esteem tinggi akan merasa dirinya berharga sebagai manusia dengan segala keterbatasannya. Dengan demikian ia merasa aman dan tidak terlalu terpengaruh oleh lingkungan. Hal inilah yang menyebabkan self esteemnya cenderung stabil.
Penilaian individu terhadap dirinya tidak lepas dari pengaruh kelompok referensi. Posisi seseorang dalam kelompok lebih penting dibandingkan dengan status kelompok terhadap kelompok lain. Individu cenderung menerima nilai-nilai yang dimiliki oleh kelompok referensinya. Self esteem mencakup seluruh aspek dalam kehidupan manusia. Kerja adalah salah satu aspek dalam kehidupan manu sia. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kepuasan kerja adalah bagian dari self esteem. Puas atau tidak puasnya seseorang terhadap kerja tergantung dari sikap individu terhadap pekerjaannya.
Penelitian ini menggunakan teori proses sebagai pendekatan dalam menganalisa kepuasan kerja. Teori proses adalah teori yang berusaha menjelaskan variabel-variabel (misalnva harapan, kebutuhan, nilai) dalam interaksinya dengan penvebab kepuasan kerja. Kepuasan kerja itu sendiri dipengaruhi oleh faktor individu, faktor organisasi, faktor sosial faktnr budaya dan faktor lingkungan.
Dasar dari penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana konsep kerja dianggap penting, sehingga dapat dipengaruhi self esteem. Karena meskipun kepuasan kerja adalah bagian dari self esteem, tapi selama konsep kerja bukan hal yang dominan atau penting dalam diri seseorang, maka kepuasan kerja belum tentu dapat dipengaruhi oleh self esteem. Pegawai negeri adalah pegawai dengan karakteristik yang spesifik karena tugas-tugasnya berkaitan dengan birokrasi negara dan aturan-aturannya dibuat oleh pemerintah, Pada kenyataannya banyak ditemukan pegawai negeri yang menampilkan rasa tidak puas terhadap pekerjaannya.
Dari penelitian ini diperoleh hasil korelasi yang signifikan antara self esteem dengan kepuasan kerja. Artinya untuk sampel penelitian ini tingkatan self esteem mempengaruhi tinggi rendahnya kepuasan kerja. Meskipun secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara self esteem dan kepuasan kerja, akan tetapi pada faktor kepuasan terhadap imbalan finansial menunjukkan tidak ada korelasi yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh standard gaji pegawai negeri yang tergolong rendah, sehingga tidak menjadikannya sebagai aspek yang penting yang mampu dipengaruhi oleh keadaan self esteem. Untuk penelitian-penelitian sejenis dimasa datang, perlu dilakukan diferensiasi bidang keahlian untuk lebih mempertajam hasil penelitian."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1995
S2160
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Untari Mardhaatillah
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
S3585
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S8603
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library