Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tobing, Martin Victor
Abstrak :

ABSTRAK Kendaraan altematif yang tidak merusak lingkungan merupakan pilihan utama bagi kota-kota besar yang Ialulintas kendaraan bermotomya sangat tinggi, salah satunya yaitu jenis kendaraan yang menggunakan tenaga Iistrik sebagai sumber daya garaknya. Kendaraan jenis ini memiliki keungguian ramah terhadap Iingkungan karena praktis tidak menghasilkan gas buang hasil pembakaran dan sumber tenaganyapun dapat diperbaharui (reversibel). Untuk itu Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia (Unit P2M Mesin FTUI) tetah mengembangkan suatu kendaraan listrik disebut Kendaraan Angkutan Listrlk (KAL); sebagai sarana angkutan untuk daerah-daerah pemukiman yang berjarak tempuh terbatas dan digerakkan oleh motor listrik arus searah (Direct Current). Dalam mendesain kendaraan ini turut dipertimbangkan segi ergonomik tubuh manusia; yang meningkatkan human value ('nilai manusia'); sehingga walaupun kendaraan ini keoil karena pertimbangan akan supiai energinya, pengemudi dan pnumpang masih dapat mempergunakannya dengan nyaman. Sebagai dasar peranoangan KAL dipakai data anthropometri tubuh manusia untuk dapat meningkatkan kemampuan fungsional rnanusia .pada KAL. Sedangkan metode perancangan yang dipakai adalah metode perancangan berdasarkan individu ekstrim dan metode perancangan berdasarkan rata-rata pemakai (bagi fasilitas-fasiiitas yang tidak dapat disetelldiatur). Dengan menggunakan kedua metode tersebut diharapkan lebih banyak orang yang merasa nyaman menggunakan KAL karena rancangan ini dapat dinikmati oleh Iebih banyak persentil anthropometri sebab mempertimbangkan ukuran anthropometri disebagian besar persentil yang ada. Elemen-elemen dari kendaraan yang dirancang antara Iain ruang kabin depan, ruang kabin belakang, pintu-pintu, tempat duduk, Iantaildek, injakan kaki, kaca depan, perletakan kaca spion, perletakan kemudi dan perletakan pedal-pedal. Dengan dirancangnya elemen-elemen tersebut diharapkan dapat dibuat suatu kendaraan angkutan perumahan bebas poiusi yang berbiaya produksi rendah, berbobot ringan yang aman, nyaman dan sehat.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36760
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu
Abstrak :
ABSTRAK Skripsi dengan judul Perancangan Sistem Kemudi Prototipe Kendaraan Angkutan Listrik (KAL) ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sistem kemudi pada prototipe KAL hasil perancangan. Karalcteristik ini meliputi analisa dimensi utama mekanisme sistem kemudi yang digunakan dan pengendalian kendaraan pada keadaan konstan (steady). Pada skripsi ini, untuk menganalisa dimensi utama dari mekanisme sistem kemudi, digunakan teori-teori dalam ilmu kinematika. Karena mekanisme sistem kernudi KAL ini merupakan suatu rnekanisme yang kompleks, maka untuk menghilangknn kesulitan dan agar dapat memberikan hasil analisa yang diinginkan, digunakan mekanisme ekuivalen yang memberikan gerak identik dengan bagian yang dianalisa. Sedangkan teori karakteristik pengendalian kendaraan digunakan untuk menentukan pengendalian kendaraan pada lintasan dan tanggapan kendaraan terhadap gangguan ekstemal. Sebagian besar parameter yang dibutuhkan dalam perhitungan didapat dari pengukuran langsung hasil perancangan yang digunakan pada KAL. Berdasarkan analisa yang dilakukan terhadap mekanisme sistem kemudi KAL, dapat disimpulkan bahwa pada saat berbelok terjadi toe-our dengan radius putar minimum 2,668 meter dan rasio kemudlnya adalah 18,2. Analisa karaktenstik pengendaliannya menghasilkan kesimpulan bahwa KAL adalah kendaraan over-steer, yaitu sudut selip yang terjadi pada roda belakang lebih besar daripada sudut selip roda depan. Pada kecepatan operasinya, KAL memiliki tanggapan yang baik terhadap terjadinya kecepatan yaw dan percepatan lateral serta pengendalian terhadap lintasan yang aman. Hal ini terjadi karena karakteristik tanggapan kendaraan oversteer ini hampir menyerupai karakteristik pada keadaan neutral steernya.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36249
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Y. Cahya Kristono
Abstrak :
ABSTRAK Penyusunan skripsi yang berjudul "Perancangan Bill of Material pada Kendaraan Angkutan Listrik dengan Penerapan Konsep Modul" ini dilakukan berdasarkan pendataan komponen pada prototipe Kendaraan Angkutan Listrik yang dibuat oleh tim yang terdiri dari pihak P2M Mesin FTUI dan mahasiswa tingkat akhir jurusan Mesin FTUI. Penulis dalam tim tersebut berada pada bagian design, drafting dan dokumentasi yang memfokuskan diri pada computer graphics design and drafting. Dalam pembuatan skripsi kegiatan yang dilakukan adalah pendataan komponen berupa gambar dari desain hingga komponen jadi. Selain itu pendataan dilakukan juga untuk mengetahui tipe komponen yang dibeli dan sistem-sistem yang digunakan. Dalam perancangan bill of material ini pendataan komponen adalah dasar dari perancangan. Setelah seluruh komponen yang diperlukan didata maka dilakukan proses analisa perakitan dan analisa fungsional komponen untuk menentukan klasifikasi untuk komponen-komponen tersebut. Setelah klasifikasi komponen selesai, pembuatan bill of material dimulai dengan penerapan konsep modul yang dalam teori bill of material disebut dengan Modular Bill of Material. Penerapan konsep modul pada perancangan bill of material ini dilakukan dalam ruang Iingkup yang Iebih kecil, yaitu untuk variasi kornponen pada satu produk yang dalam hal ini adalah Kendaraan Angkutan Listrik. Hasil dari perancangan berupa laporan bill of material yang terdiri dari klasifikasi berdasarkan fungsi (functional module), struktur produk secara Iengkap (bill of material pada KAL yang menunjukkan struktur dan index), dan bill of material itu sendiri. Selain itu untuk melengkapi penggunaan bill of material tersebut dibuat juga hasil dari pendataan komponen berupa gambar teknik. Perancangan yang dibuat telah disesuaikan dengan penerapan konsep modul yang secara utuh, yaitu untuk beragam produk yang bervariasi. Sehingga dalam pengembangan KAL selanjutnya telah ada dasar untuk sistem pendataan produk selanjutnya dari prototipe ini.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36792
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puguh Imanto
Abstrak :

ABSTRAK
Kebutuhan angkutan untuk daerah perumahan sebaiknya tidak menambah sumber polutan bagi lingkungan sekitamya, baik berupa polusi suara ataupun akibat gas buang. Sebagai altematif kendaraan yang bersih dari sumber polutan adalah kendaraan yang di gerakkan oleh tenaga Iistrik. Dengan daya angkut scbesar 6 orang termasuk pengemudi, Kendaraan Angkutan Listrik (KAL) yang dibuat atas kerja sama Yayasan Bapenas dan Unit Pusat Pengabclian Masyarakat - Mesin Universitas Indonesia diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai sebuah kendaraan listrik untuk angkutan didalam lingkungan.

KAL aigefakkan mengéunakan sebuah mmm listrik berdaya 3 kw, 48 v seberat 65 kg yang diletakkan ditengah kendaraan dan sebagai media penyimpan daya digunakan accu berkapasitas 12 V, 120 Ah scbanyak 4 buah yang diletakkan dibagian belakang kendaraan. Diharapkan KAL dapat mencapai kccepatan maksimum 40 km/jam dengan waktu jelajah selama 2jam.

Sebagai sebuah kendaraan, KAL tidak terlepas dari aspek-aspek sebuah kendaraan. Termasuk aspek gerakan-gerakan yang, terjadi pada suatu kendaraan pada umumnya, yaitu antara lain gerakan berguling, bounce dan pitch. Ketiga gcrakan ini lah yang paling dominan saat kendaraan melaju. Dengan distribusi berat yang tidak scperti kendaraan pada umumnya, sangat menarik untuk mcngetahui letak berbagai pusat gerakan tersebut.

Dari perhitungan, diketahui bahwa titik berat KAL terletak lebih dekat dengan sumbu roda belakang (sekitar 46,6 % panjang wheel base). Dan dengan sistim pegas yang ada sekarang temyata KAL belum dapat memenuhi kriteria kenyamanan yang diberikan oleh Maurice Olley. Pemilihan suspensi yang ada mengakibatkan sumbu gulingan yang miring dengan bagian depan yang lebih rendah. Sumbu gulingan seperi ini umumnya dimiliki oleh kendaraan penumpang.
1997
S36247
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuhardono Hardin
Abstrak :
ABSTRAK Dalam proses perancangan suspensi KAL, dicoba untuk menerapkan konsep penggunaan pegas koil pada kendaraan angkutan umum. Seperti yang kita ketahui pegas koil kurang populer dikalangan pengguna dan pemilik kendaraan umum karena alasan kelidak praktisan dalam perawatan dan sebagainya. Sistem suspensi KAL balk depan maupun belakang menggunakan pegas koil. Pemilihan ini selain untuk menghapuskan pandzmgan uegatifmengenai kesuiitan dalam hal perawatan Suspensi KAL diadaptasi dari kendaraan sedan yang menggimakari rigid drive axle dan pegas koil. Selain karena alasan di atas, alasan yang lebih teknis adalah ruang yang tersisauntuk penempatan pegas pada suspeasi belakang KAL. Dalam penyusunan skripsi ini, data diambil setelah frame dan chasis yang ditentukan dalam design awal selesai. Sehingga didapat data. yang sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Setelah data diperoleh dilakukan perhitungan dengan memakai persamaan-persamaan getaran untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan pegas dam peredam kejut yang tersedia. Dari hasil perhitungan dan peqgainatan terhadap grafik hasil perhitungan dan uji coba langsung, didapat kesimpulan bahwa pemilihan pegas dan peredam kejut yang ada. sekarang untuk kondisi bemnuatan penuh telah sesuai dengan yang diinginkan, meskipun faktor kenyamanan tidak bisa setingkai dengan standar kenyamanan kendaraan pribadi. Dengan skripsi ini diharapkan pengetahuan dan penguasaan atas teknik perancangan sistem pada kendaraan di Indonesia dapat ditingkatkan sesuai dengan program pemerintah untuk menciptakan mobil nasional dan langit biru.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36844
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabda Firman Yusuf
Abstrak :

ABSTRAK
Penggunaan kendaraaan dalam kota-kota besar dan daerah pemukiman atau perumahan amat diperlukan guna menunjang aktivitas yang diIakukan masyarakat. Kendaraan yang umum digunakan dewasa ini biasanya menggunakan tenaga penggerak motor bakar yang membutuhkan sumber daya rninyak sebagai bahan bakamya, selain itu untuk daerah-daerah tertentu seperti perumahan, seringkali kendaraan angkutan umum yang digunakan kurang nyaman dan aman serta kapasitas yang terbatas ataupun senngkali penyediaannya dllakukan oleh pihak-pihak Iuar lingkungan perumahan.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, maka pihak Unit PZM Mesin FTUI mengajukan suatu usulan untuk membuat sebuah prototipe kendaraan dengan menggunakan energi altematif selain BBM yaitu Kendaraan Angkutan Listrik Kapasitas 6 Penumpang. Pemilihan jenis kendaraan yang akan dibuat menggunakan energi Iistrik karena dirasakan energi listrik cukup mudah untuk diperoleh, yaitu dengan menggunakan aki sebagai sumber energi dan cukup murah untuk penggunaan dan perawatannya. Pemilihan kendaraaan untuk kapasitas 6 penumpang karena semula kendaraan ini ditujukan untuk mengantikan peran kendaraan seperli bajaj, bemo dan ojek yang terdapat daiam daerah pemukiman, dengan kapasitas sebesar 6 penumpang dirasakan sesuai dengan kriteria pemintaan sebagai kendaraan pengganti .

Untuk pembuatan sebuah prototipe Kendaraan Angkutan Listrik ini, diperlukan manajemen proyek untuk mengatur agar penggunaan sumber daya sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini clilakukan dengan menggunakan suatu metode yang sedelhana bagaimana Kita dapat membuat perencanaan. Pengorganisasian proyek serta mengontrol dan menutup proyek. Penggunaan metode manajemen proyek ini iuga membantu kita untuk membuat evaluasi terhadap pengembangan Iebih tanjut dari pembuatan Kendaraan Angkutan Lsirtik kapasitas 6 penumpang.
1997
S36761
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library