Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Wahyu Priono
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di perusahaan PT X yang terletak di Jawa Timur dengan jumlah
partisipan sebanyak 46 orang. Tujuan penelitian adalah menemukan gambaran korelasi
kejelasan peran terhadap stress keija termasuk hubungan antar aspek-aspek yang ada di
dalamnya. Alat ukur yang digunakan penelitian ini adalah skala kejelasan peran (Sawyer,
1992) dan Job Stress Survey (Spielberg, 1998). Alat ukur kejelasan peran terdiri dari goal
clarity (5 item) dan process clarity (5 item) dan terdiri dari skala 1 (sangat tidak pasti)
sampai dengan 4 (sangat pasti). Skala Job Stress Survey terdiri dari 30 item yang terdiri
dari item untuk dimensi kondisi keija, ambiguitas peran, hubungan interpersonal pengembangan karir, dan struktur organisasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perhitungan koefisien korelasi Rcmk
Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara kejelasan peran
dengan stress keija (-.419). Aspek kejelasan peran yang dominan dalam korelasi tersebut
adalah process clarity (-.559) dan kemudian goal process (-.343). Atas dasar hasil
penelitian dibuat program untuk meningkatkan kejelasan peran yaitu melalui pelatihan
kepada karyawan. Pelatihan terdiri dari pelatihan teknis untuk seluruh karyawan dan
pelatihan supervisory untuk karyawan level supervisor ke atas. Evaluasi hasil pelatihan
adalah sampai dengan level perubahan perilaku (Kirkpatrick, dalam Munandar, 2001).
2010
T37861
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Giovanni Fataro Hia
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh kepada penerimaan masyarakat pengguna jasa KRL Commuter Line terhadap adanya suatu teknologi baru yaitu mesin penjual tiket CVIM di samping pelayanan loket yang sudah ada sebelumnya dengan meneliti sikap terkait teknologi technology readiness dan need for interaction , dan faktor situasional perceived crowdedness dan role clarity terhadap niat untuk menggunakan intention to use mesin penjual tiket C-VIM . Selain itu, penelitin ini juga didesain untuk melihat perbedaan karakteristik pengguna mesin penjual tiket C-VIM dengan pengguna loket. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signnifikan antara sikap terkait teknologi dan faktor situasional terhadap minat untuk menggunkan mesin penjual tiket C-VIM . Sebagai tambahan, hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signfikan antara kelompok pengguna mesin penjual tiket C-VIM dengan kelompok pengguna pelayanan loket. Need for Interaction merupakan pembeda utama ketika seseorang memilih menggunakan mesin penjual tiket C-VIM atau menggunakan pelayanan loket sedangkan Perceived Crowdedness tidak menunjukan hasil sebagai pembeda antara kelompok pengguna mesin penjual tiket C-VIM dengan kelompok pengguna pelayanan loket.
ABSTRACT
This research aims to find out the factors affected the commuters rsquo acceptance of KRL Commuter Line to its new service technology, called CVIM or Commuter Vending Machine. It rsquo s placed beside the manual ticket counters that have been used previously, by studying the Technology Related Attitudes technology readiness and need for interaction , and Situational Factors perceived crowdedness and role clarity to the intentions to use the ticket selling machine or CVIM. Besides, this research is designed to observe the characteristic differences between CVIM rsquo s users and the manual tickets counters rsquo users. The result of this research shows the significant effect between Technology Related Attitudes and Situational Factors toward intention to use Commuter Vending Machine. In addition, the result of this research also shows the significant difference between CVIM users and manual ticket counters users. Need for interaction is the main difference when a user chooses to use C VIM or manual ticket counters, meanwhile perceived crowdedness has shown that it can rsquo t be identified as the difference between CVIM and manual ticket counters.
2017
S67783
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library