Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ayman Husni Kamal
"Rebranding adalah sebuah strategi marketing yang lumrah dilakukan oleh banyak perusahaan, terutama saat ada situasi dimana sebuah perusahaan diakuisisi oleh perusahaan lainya. Dalam situasi tersebut strategi rebranding menjadi sangat penting untuk diterapkan demi mendapatkan kepercayaan konsumen untuk terus menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam penelitian ini, dapat dilihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen dengan keinginan pembelian. Faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan pada proses rebranding terlihat dari sikap skeptis dan resistensi terhadap perubahan yang membentuk brand attitude seseorang.
Dalam penelitian ini, hubungan yang ditimbulkan antara sikap skeptis dan resistensi dapat dibuktikan dan bersifat positif. Rasa keingintahuan menjadi faktor penting untuk mempengaruhi tingkat resistensi. Pada penelitian ini terlihat hubungan yang signifikan dan bersifat negatif antara rasa keingintahuan seseorang dengan resistensi yang dimiliki. Pada akhirnya, resistensi akan mempengaruhi sikap yang dimiliki oleh seorang konsumen pada saat rebranding terjadi. Dari sikap yang dimiliki oleh seseorang tersebut, terbentuk tingkat keinginan pembelian yang tinggi pada sebuah merek.

Rebranding is a common marketing strategy undertaken by many companies, especially when there is a situation where a company acquired by other companies such as merger and acquisition. In such a situation, it becomes very important for a rebranding strategy to be applied correctly in order to obtain the trust of consumers to continue to use the product or service being offered and develop a favorable attitude towards brand. In this study, there are factors that will affect the level of consumer trust and purchase intention. Factors that influence the level of trust will be shown and driven by skepticism and resistance to change that will shape a customers's brand attitude.
In this study, the relationship arising between skepticism and resistance can be proven positive. Curiosity becomes an important factor to influence the level of resistance. The study shows, there is a significant relationship between curiosity and resistance and the relationship is negative. It means the more curiosity shown by the customer, the less resistance he or she will have toward a brand that undergoes changes. In the end, resistance will affect the attitude towards brand when undergoes rebranding process. This attitude will proved center reason why a customer use the service in the website and generates transaction in the future.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rani Agias Fitri
"Teori need to belong dan gap informasi kurang tepat digunakan untuk menjelaskan terjadinya keingintahuan sosial sehingga diperlukan teori lain yang lebih tepat, yaitu Terror Management Theory (TMT). Dalam TMT, keingintahuan sosial berperan sebagai mekanisme penahan kecemasan kematian karena memberikan proteksi berupa dimilikinya rasa keabadian simbolik biososial. Dilakukan dua studi dengan partisipan berusia 18 sampai 59 tahun untuk membuktikan peran keingintahuan sosial ini. Studi 1 merupakan penelitian korelasional, yang didasari gap penelitian tentang arah hubungan kecemasan dengan keingintahuan. Hasil studi 1 menunjukkan kecemasan interaksi sosial, fobia sosial, dan kecemasan kematian dapat memprediksi keingintahuan sosial dengan arah positif. Studi 2 merupakan penelitian eksperimental, yang didasari oleh hipotesis saliensi mortalitas dalam TMT. Hasil studi 2 menunjukkan bahwa saliensi mortalitas dapat meningkatkan keingintahuan sosial yang bertujuan mewujudkan keabadian simbolik biososial. Penelitian ini berhasil mengatasi gap teoretis dalam menjelaskan mekanisme terjadinya keingintahuan sosial. Keingintahuan sosial berkontribusi terhadap kesehatan mental karena menjadi sarana coping terhadap kecemasan.

The need to belong and the information gap theory are not sufficient to explain the occurrence of social curiosity. Hence, we need another theory which is more suitable, namely the Terror Management Theory (TMT). In TMT, social curiosity acts as a coping mechanism against death anxiety because social curiosity creates a sense of biological symbolic immortality for those who can fulfill it. Two studies were conducted with participants aged 18 to 59 years to prove the role of social curiosity. Study 1 was a correlational study, which was based on a gap in our knowledge about the direction of the relationship between anxiety and curiosity. The results of study 1 showed that social interaction anxiety, social phobia, and death anxiety can predict social curiosity in a positive direction. Study 2 was an experimental study, which was based on the mortality salience hypothesis in TMT. The results of study 2 showed that mortality salience can increase social curiosity which aims to realize biosocial symbolic immortality. This study succeeded in overcoming the theoretical gap in explaining the mechanism of social curiosity. Social curiosity contributes to mental health by being a means of coping with anxiety."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library