Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diva Devina
Abstrak :
Salah satu dampak dari pandemi COVID-19 adalah peralihan kegiatan olahraga secara tatap muka ke komunikasi termediasi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek komunikasi yang menunjang kehadiran sosial berdasarkan penilaian penggiat olahraga dalam kegiatan olahraga daring pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai empat penggiat olahraga dan analisis konten terhadap publikasi akun Instagram milik pusat kebugaran di Jakarta. Peneliti menemukan bahwa kehadiran sosial dalam kegiatan olahraga daring bergantung pada sinkronitas komunikasi termediasi komputer dan peran instruktur dalam memberikan umpan balik. Meskipun para informan memiliki kesan positif terhadap kehadiran sosial dalam kegiatan olahraga daring, mereka tidak merasa puas dengan kondisi tersebut. Hal ini terlihat dari pilihan mereka untuk tetap berolahraga secara tatap muka pada masa pandemi COVID-19. ......The COVID-19 pandemic has changed people’s workout practices from in person method into computer-mediated communication. This research describes communication aspects to understand social presence of workout activities in a computer-mediated environment through the lense of Indonesian sports enthusiasts during COVID-19 pandemic. This research is a descriptive study employing qualitative approach of case study, and data are collected through in-depth interviews and digital documentation of Instagram contents which are published by five workout studios in Jakarta. Findings show that social presence depends on the synchronicity of communication and the role of other people who are involved in mediated workouts. Although workout experience through computer-mediated communication has positive responses, participants are not fully satisfied with this condition as they prefer face-to-face of offline environment.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayushita Btariputri Pramordawardani
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh karakteristik interaksi sosial terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce. Atas dasar parasocial interaction dan social presence yang bisa diciptakan live streaming commerce, peneliti mengidentifikasi pengaruh karakteristik interaksi sosial konsumen berupa sense of loneliness, real-life social avoidance, empathy ability, dan mutual assistance terhadap pembelian impulsif. Data dikumpulkan dari 238 responden yang pernah menonton dan membeli produk pada live streaming commerce. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa real-life social avoidance dan empathy ability memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction, sedangkan sense of loneliness tidak signifikan. Selanjutnya, empathy ability dan mutual assistance memiliki pengaruh positif terhadap social presence. Lebih dari itu, parasocial interaction dan social presence memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce. Hasil karakteristik interaksi sosial yang berpengaruh positif yaitu real-life social avoidance, empathy ability, dan mutual assistance juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce melalui parasocial interaction dan social presence. ......This research discusses the effect of social interaction characteristics on impulsive purchase in live streaming commerce. On the basis of parasocial interaction and social presence resulted from live streaming commerce, this research aims to identify how consumer social interaction characteristics in the form of a sense of loneliness, real-life social avoidance, empathy ability, and mutual assistance stimulates impulsive purchase. The data is collected from 238 respondents who had watched and purchased product(s) on live streaming commerce. Data were analyzed using the PLS-SEM method via SmartPLS 4 software. The results shows that real-life social avoidance and empathy ability have a positive effect on parasocial interaction, while the sense of loneliness is not significant. Furthermore, empathy ability and mutual assistance have a positive influence on social presence. Both parasocial interaction and social presence have a positive influence on impulse purchases in live streaming commerce. The results of social interaction characteristics that have a positive influence, which are real-life social avoidance, empathy ability, and mutual assistance also have an indirect effect on impulsive purchase in live streaming commerce through parasocial interaction and social presence.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wulandari Anindya Kana
Abstrak :
Studi eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh keberadaan isyarat identitas dalam tweet pencarian dukungan pada kualitas pesan dukungan yang didapatkan dalam konteks akun Twitter auto base. Kualitas pesan dukungan diukur dalam tingkat person-centeredness dan jumlah strategi politeness yang digunakan. Konsep yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara keberadaan isyarat identitas dan kualitas pesan dukungan yang didapatkan adalah persepsi pemberi dukungan terhadap kehadiran sosial (social presence) dan trustworthiness pencari dukungan. Studi eksperimen ini dilakukan terhadap 5 kelompok pengguna akun Twitter auto base, masing-masing kelompok terdiri dari 38 hingga 41 responden. Setiap responden diminta untuk membalas sebuah tweet pencarian dukungan, dengan desain isyarat identitas yang berbeda-beda untuk masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan isyarat identitas tidak dapat menjelaskan perbedaan dalam kualitas pesan dukungan serta social presence dan trustworthiness yang dirasakan. Namun, ditemukan bahwa tingkat person-centeredness dalam pesan dukungan yang diberikan kepada pencari dukungan perempuan lebih tinggi daripada yang diberikan kepada laki-laki. Penelitian ini juga menemukan bahwa social presence pencari dukungan yang dirasakan pemberi dukungan dapat memprediksi jumlah strategi politeness yang digunakan dalam pesan dukungan; serta persepsi pemberi dukungan terhadap trustworthiness pencari dukungan dapat memprediksi jumlah strategi politeness yang digunakan dalam pesan dukungan dan tingkat person-centeredness pesan dukungan. ......This experimental study aims to test the effect of the presence of identity cues in support-seeking tweets on the quality of the support messages received in the context of Twitter auto base accounts. Quality of support messages is measured by its person-centeredness level and the number of politeness strategies used. The concepts used to explain the relationship between the presence of identity cues and received support messages quality are support providers perception of support-seekers social presence and trustworthiness. This experimental study is done to 5 groups of Twitter auto base account users, with each of the groups consisting of 38 to 41 respondents. Each respondent was asked to reply to a support-seeking tweet, with different identity cue designs for each group. The results of the study show that the presence of identity cues cannot explain the difference in support messages quality, perceived social presence, and perceived trustworthiness. Instead, it is found that the person-centeredness level of support messages given to women are significantly higher than those given to men. This study also found that support-seekers perceived social presence can predict the number of politeness strategies used in a support message; and that support-seekers perceived trustworthiness can predict the number of politeness strategies used and the person-centeredness level of a support message.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library