Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tiffany
"Tesis ini bertujuan untuk mengetahui nilai titik potong tes SPPB sebagai tes performa fisik dalam mendiagnosa sarkopenia pada pasien lanjut usia di rawat jalan. Selain itu juga untuk mengetahui nilai sensitivitas dan spesifisitas tes SPPB berdasarkan kecepatan jalan 6 meter untuk estimasi performa fisik sebagai komponen sarkopenia. Penelitian ini merupakan studi potong lintang pada pasien lanjut usia rawat jalan di RSUPN Ciptomangunkusumo. Pada penelitian ini didapatkan 100 subjek yang diminta melakukan uji SPPB, uji kecepatan jalan 6 meter, uji penilaian massa otot dengan BIA (Bio Impedance Analysis), dan penilaian kekuatan otot dengan menggunakan handgrip dynamometer. Dari hasil penilaian didapatkan nilai titik potong 7 untuk populasi total dan populasi perempuan. Sedangkan untuk populasi laki laki didapatakan nilai 8. Setelah didapatkan titik potong baru, dilakukan uji diagnostik antara nilai SPPB titik potong baru dengan status performa fisik menurun berdasarkan kecepatan jalan 6 meter. Dari penilaian didapatkan sensitivitas 81.5% dan spesifisitas 73.7% untuk populasi total. Pada populasi perempuan didapatkan sensitivitas 81.4% dan spesifisitas 66.7%. Sedangkan untuk populasi laki laki menggunakan titik potong 8 didapatkan sensitivitas 81.8% dan spesifisitas 71.4%. Kesimpulan penelitian ini adalah SPPB dengan nilai titik potong 7 untuk populasi perempuan dan 8 untuk populasi laki laki baik dipakai sebagai alat uji untuk screening dan diagnostik performa fisik sebagai komponen sarkopenia rawat jalan.

This thesis aims to determine the cut-off point of the SPPB test as a physical performance test in diagnosing sarcopenia in elderly patients on an outpatient basis. In addition, to determine the sensitivity and specificity of the SPPB test based on a walking speed of 6 meters to estimate physical performance as a component of sarcopenia. This study is a cross-sectional study of elderly outpatients at Ciptomangunkusumo General Hospital. In this study, 100 subjects were asked to perform the SPPB test, 6 meter walking speed test, muscle mass assessment test using BIA (Bio Impedance Analysis), and muscle strength assessment using a handgrip dynamometer. From the results of the assessment, it was found that the cut-off point was 7 for the total population and the female population. As for the male population, a score of cut oof point is 8. After obtaining a new cut-off point, a diagnostic test was conducted between the SPPB value of the new cut-off point and the decreased physical performance status based on a 6-metre walking speed. From the assessment, sensitivity was 81.5% and specificity was 73.7% for the total population. In the female population, sensitivity was 81.4% and specificity was 66.7%. Meanwhile, for the male population using the 8 cut-off point, the sensitivity was 81.8% and the specificity was 71.4%.The conclusion of this study is that the SPPB with a cutoff value of 7 for the female population and 8 for the male population can be used as a test tool for screening and diagnostic of physical performance as a component of outpatient sarcopenia."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanika Desita
"Tingginya angka kecelakaan yang menyebabkan korban meninggal dunia mencapai 23.529 jiwa pada tahun 2020 di Indonesia, memicu kekuatiran hingga mendorong upaya nyata agar fatalitas korban meninggal dunia menjadi berkurang. Kecepatan masih dianggap sebagai kontributor terbesar dalam kecelakaan lalu lintas dan inti dari masalah keselamatan di jalan raya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kecepatan mengemudi dan faktor-faktor psikologis yang berperan berdasarkan Teori Perilaku Terencana (Theory Planned Behavior) yang diperkenalkan oleh Ajzen yaitu sikap (attitude), norma subjektif (subjective norm) dan kontrol perilaku (perceived behavioral control) serta keyakinan (belief). Penelitian dilakukan terhadap pengemudi kendaraan pribadi yang melakukan pelanggaran mengemudi melebihi batas kecepatan maksimal di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), yang dideteksi dengan menggunakan speed gun. Selanjutnya, kepada 219 pengemudi yang melakukan pelanggaran (Mean usia = 37.9 tahun, SD = 6.9) diberikan kuesioner yang disusun berdasarkan TPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku melanggar batas kecepatan dilakukan karena penegakan hukum dinilai masih lemah, dan responden ingin mencapai tujuan lebih cepat atau menghemat waktu perjalanan. Implikasi dari temuan ini adalah diperlukannya upaya pengendalian kecepatan, penegakan hukum dan rekayasa lalu lintas untuk menciptakan jalan yang berkeselamatan.

The high number of accidents that caused 23,529 people to die in 2020 in Indonesia, triggered concern to encourage concrete efforts to reduce the fatalities of the victims. Speed is still regarded as the largest contributor to traffic accidents and the core of the problem of road safety. The purpose of this research is to analyse the driving speed and psychological factors that play a role based on the Theory Planned Behaviour, which is introduced by Ajzen, namely attitude, subjective norm, and perceived behavioural control and belief. The research conducted on private vehicle drivers who commit driving violations exceeding the maximum speed limit on the Cikopo-Palimanan (Cipali) Toll Road, which are detected by using a speed gun. Furthermore, 219 drivers who committed violations (Mean age = 37.9 years, SD = 6.9) were given a questionnaire based on the TPB. The results shown that the behaviour violates the speed limit because law enforcement is still considered weak, and respondents want to reach their destination faster or save travel time. The implication of this finding is that efforts to control speed, law enforcement and traffic engineering are needed to create safety roads. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library