Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Meningkamya arus komoditi di Pelabuhan Tanjung Priok mempengaruhi tingkat kedatangan kapal dan sekangus meihpengamni Iingkat kebutuhan air bersih yang dibutuhkan khususnya untuk kapal muatan.
Dalam proses pelayanan kebutuhan air bersih dan bahan bakar tersebut sering mendapatkan masalah bahwa persediaan yang ada tidak sesuai dengan yang dibutuhkan (kelebihan alau kekurangan).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan maksimum air bersih dan bahan bakar pada tahun 2005.
metode yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan air bersih dan bahan bakar adalah time series forecasting dengan menggunakan pérangkat lunak Least Square forecasting (LSF).
Dari penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil yaitu kapasitas reservoar untuk air bersih tidak mencukupi sedangkan kapasitas mngki timbun bahan bakar masih cukup untuk melayani kebutuhan kapal pada tahun 2005."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49882
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedy Apriyadi
"Kondisi udara kota Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Udara kota Jakarta sudah dipenuhi zat-zat polutan dari emisi kendaraan bermotor (70%) dan industri, rumah tangga dan lain-lain (30%). Zat-zat polutan tersebut berbahaya pada makhluk hidup hingga dapat menyebabkan kematian. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah telah menerapkan program Langit biru dan Pola Transportasi Makro (PTM). Salah satu dari PTM yang diterapkan oleh pemerintah yang berbasis Bus Rapid Transit (BRT) adalah Busway, yang menggunakan bahan bakar gas (BBG) atau CNG (Crude Nature Gas), yang pelaksanaannya diharapkan selesai tahun 2010.
Busway diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan dan polusi udara di kota Jakarta. Untuk mendukung terlaksananya program Busway tersebut diperlukan suatu kajian terhadap supply dan demand BBG untuk Busway koridor II - XV dan perhitungan emisi dari kendaraan bermotor dengan dan tanpa kehadiran Busway sampai tahun 2010 dengan menggunakan permodelan dinamik Power Simulation (Powersim) pada skenario aktual atau sesuai dengan kondisi saat ini.
Dari hasil simulasi dengan menggunakan Power Simulation, dapat diketahui bahwa kebutuhan BBG maksimum bus Transjakarta Busway koridor II - XV pada tahun 2010, dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam dan headway 0,083 jam (5 menit) yaitu sebesar 73.083.547 LSP. Sedangkan kebutuhan BBG minimum terjadi pada kecepatan 25 km/jam dan headway 10 menit yaitu sebesar 39.095.501 LSP. Dengan beroperasinya Busway maka terjadi pengurangan emisi gas buang kendaraan sebesar 10,5% sampai tahun 2010.

The condition of air in Jakarta city has been fully with pollutants from emission motor vehicles (70%) and industries, household, etc. (30%). Those pollutants very dangerous for any mortal and cause the death. The Solution for that problem, Goverment has been launching Blue Sky Program (Program Langit Biru) and Macro Transportation Pattern (Pola Transportasi Makro, PTM). One kind of Mass Transportation Pattern is busway, which using CNG (Crude Nature Gas) fuel, the implementation hopely finish in 2010.
Level stuck of transportation and air polution in Jakarta City hopely decreased by Busway. For support Busway programs need study of supply and demand CNG for Busway corridors II - XV and account of emission from motor vehicles with and without Busway until 2010 use with dynamic models Power Simulation (Powersim) in real condition scenario.
Based result of Power Simulation, maximum demand of CNG bus Transjakarta Busway for corridors II - XV with average speed 25 km/hours and headway 0,083 hour (5 minutes) is 73.083.547 LSP. Minimum demand with average speed 25 km/hours and headway 0,167 hour (10 minutes) is 39.095.501 LSP. The emission from motor vehicles will be decrease 10,5% until 2010 with Busway.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S38714
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anugerah Sandi Putra
"ABSTRAK
PT. GPI adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang daur
ulang plastik yang berorientasi eksport. Proses daur ulang yang dilakukan
melibatkan berbagai jenis plastik bekas dan dimbah menjadi bijih plastik, yaitu
bijih plastik LDPE neutral dan LDPE black.
Sebagai sebuah perusahaan PMA dengan pusat bisnis yang terletak di
Perancis, PT. GPI melihat bahwa masih terdapat peluang yang cukup besar
untuk terus bergerak dan melanjutkan bisnis ini, disamping tersedianya bahan
baku yang cukup melimpah.
Kapasitas produksi yang dirasa sudah tidak mencukupi karena pihak
manajemen berusaha meningkatkan hasil produksi, membuat pihak manajemen
memiliki rencana untuk mendirikan pabrik baru dengan kondisi yang Iebih baik
dan kapasitas produksi yang lebih besar. mencapai 300 ton/bulan untuk LDPE
neutral dan 300 ton/bulan untuk LDPE black pada Iokasi baru yang dirasa Iebih
baik.
Proses perancangan tata Ietak pabrik baru PT. GPI ini dimulai dengan
perencanaan aliran material, perencanaan kelerkaitan kegiatan, perhitungan
kebutuhan bahan baku, perhitungan kebutuhan mesin dan meja kerja,
perhitungan kebutuhan area produksi dan pelayanannya, pemilihan alat
pemindah bahan, pengalokasian wilayah dan pembentukan tata letak pabrik
Secara menyeluruh yang akan memperlihatkan aliran material produksi.
Kegiatan perancangan tata Ietak pabrik yang dilakukan ini menghasilkan
suatu tata Ietak pabrik dengan ukuran Iuas 17565 m2 yang terletak di daerah
Tanjung Uncang Batam dan diharapkan pabrik ini dapat berproduksi sesuai
target yang telah direncanakan dengan kemungkinan perluasan sebesar 100%."
2000
S49904
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library