Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vera Intan Surtana N.
Abstrak :
Medical Check Up Rumah Sakit Karya Bhakti adalah Medical Check Up pertama ada di kota Bogor dan dalam perjalanan pelayanannya sejak tahun 1995 sampai dengan 2002 menunjukkan peningkatan yang bermakna meskipun masih bersifat fluktuatif. Dalam menghadapi pesaing di masa yang akan datang periu dibuat suatu rencana strategis pemasaran Medical Check Up Rumah Sakit Karya Bhakti. Penyusunan rencana strategis pemasaran Medical Check Up diawali dengan indentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal, yang selanjutnya dianalisis dalam tiga tahap, yaitu Tahap Input, termasuk juga dalam tahap ini adalah penyusunan EFE dan IFE Life Cycles ; dan Tahap Keputusan, untuk menentukan prioritas strategi dengan menggunakan analisis QSPM. Dalam penentuan EFE dan IFE Matrix serta analisis QSPM ditentukan Bobot, Rating dan Attractiveness Score yang dilakukan oleh Focus Group Discussion (FGD). Pada tahap pencocokan diperoleh 4 (empat) alternatif strategi, yaitu ; Market Development, Product Development, Market Penetration dan Vertical Integration. Pada tahap keputusan dengan menggunakan. analisis QSPM diperoleh Market Penetration sebagai strategi terpilih tanpa mengesampingkan Product Development. Strategi Market Penetration dilakukan dengan melihat segmentasi pasar, bauran pemasaran, positioning serta produk mix yang tepat. Strategi Market Penetration dapat dilakukan dengan meningkatkan promosi, membuat website, menunjukkan eksekutif pemasaran dan melengkapi sarana mobil khusus MCU. Sedangkan Product Development untuk mendukung Penetrasi Pasar tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu pelayanan, memberikan discount harga dan melengkapi MCU dengan alat canggih. Daftar Pustaka (1987 - 2002)
The 2004-2008 Marketing Strategic Plan of Medical Check-Up in Karya Bhakti Hospital in BogorThe Medical Check Up (MCU) in Karya Bhakti Hospital is the first medical check-up available in Bogor. Since its establishment in 1995, the unit has showed a significant facultative increase in its performance. Facing future competition, it is a necessity to formulate a marketing strategic plan for the hospital's MCU. The process began with the identification of internal and external factors, which was analyzed in three stages. Stage one, the input stage, integrated the use of EFE and IFE Matrix. Stage two, which was the matching stage, analyzed IE and TOWS Matrix along with Life Cycle. The last stage, decision stage, set the prioritized strategy using QSPM. EFE and IFI Matrix including QSPM analysis was scaled, rated and scored using attractiveness score set by the outcome of the Focus Group Discussion (FGD). Four alternative strategies came up in the matching stage: Market Development, Product Development, Market Penetration, and Vertical Integration. In the decision stage, the outcome of QSPM analysis resulted Market Development as the ideal strategy without undervaluing Product Development. The Market Penetration Strategy is carried out by considering the market segment, marketing mix, market positioning and the ideal product mix. This strategy can be implemented by intensifying promotion, making website, appointing a marketing executive and providing a fully equipped vehicle for MCU. To support Market Penetration, the strategies for Product Development are by increasing the service quality, giving away discount and equipping MCU with sophisticated equipment. Bibliography (1987 - 2002)
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T13045
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Sudarmadi
Abstrak :
Dalam memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin kritis terhadap pelayanan kesehatan dan agar dapat bisa bersaing dengan rumah sakit lain, Rumah Sakit Karya Bhakti (RSKB) yang merupakan rumah sakit swasta madya atau setara dengan rumah sakit pemerintah kelas C, berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. SaIah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan di bagian Instalasi Farmasi. Instalasi Farmasi di rumah sakit merupakan unit yang memberikan kontribusi terbesar yaitu sebesar 40% dari keseluruhan pendapatan Rumah Sakit Karya Bhakti. Untuk itu Instalasi Farmasi dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan teliti sehingga dapat memuaskan pelanggan. Namun, pelayanan penunjang medik yang diberikan belum berjalan optimal, terutama pada pelayanan resep bagi pasien rawat jalan. Tiijuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan menganalisis sistem supply obat pada pelayanan rawat jalan yang digunakan oleh Depo Farmasi Rumah Sakit Karya Bhakti serta memberikan saran pemecahan masalah yang dapat meningkatkan produktivitas pelayanan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pelayanan farmasi yang diberikan oleh Depo Fannasi cenderung lama. Faktor-faktor penyebab lamanya pelayanan adalah sarana dan prasarana yang kurang menunjang khususnya sistem IT yang selalu mengalami gangguan, kurangnya Sumber Daya Manusia, tidak adanya pemisahan tugas dalam melayani pasien rawat jalan dan rawat inap, perencanaan obat tidak sesuai dengan kebutuhan, dan kurangnya informasi kepada petugas Depo Farmasi mengenai obat-obat baru. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk segera memperbaiki sistem IT, karena masalah ini merupakan prioritas utama, menambah tenaga pelaksana (fungsional), perlu adanya pemisahan tugas agar beban kerja petugas berkurang, memberikan informasi kepada dokter tentang obat standarisasi RSKB, dan meningkatkan kualitas petugas Depo Farmasi.
In filling the demand for the community that increasingly critical towards the health service and in order to be able to compete with the other hospital, Karya Bhakti hospital which are a private hospital or the same level as a class C government hospital, trying to increase their quality of service. On of their attempt is to increase the service quality of hospital pharmacist division. 40% of the hospital income is come from hospital pharmacist division. So the Pharmacy Installation was demanded to give the fast service, exact and thorough so as to be able to satisfy the customer. However, the medical service which was given did not yet go optimal, especially in the recipe service for the outpatient. The purpose of this research is to get an image of and to analyst the drug supply system that had been use in the hospital pharmacist. And also to give some solution for their problem to increase their service productivities. The results that were received from this research were that the pharmacy service that was given by the Pharmacy Depot tended take time. Cause factors of the length of the service were facilities and equipment did not supportive especially the IT system that always experienced the disturbance, the shortage of human resources, the nonexistence of the separation of the task in serving the outpatient and inpatient, medicine planning was not in accordance with the requirement, and the shortage of information to the official of the Pharmacy Depot about new medicines. The solution for this research was improved the IT system, because this problem was the main priority, recruited worker, needed the existence of the separation of the task so that the burden of the work of the official decreases, gave information to the doctor about standard medicine in Darya Bhakti Hospital, and increased the quality of the official of the Pharmacy Depot.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18249
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmadsyah
Abstrak :
Rumah sakit terus berusaha membuat perubahan dalam tubuh organisasi rumah sakit dan memberikan pelayanan yang semakin baik dan memuaskan. Dalam hal ini rumah sakit terus meningkatkan image kepada masyarakat tentang profil pelanggan dimana hampir mempunyai pertanyaan yang sama yaitu pelanggan mana yang di cari untuk mencari/sasaran layanan rumah sakit yang di tawarkan. Penelitian di latar belakangi oleh di buatnya poli eksklusif tetapi pada kenyataannya kinerja poli eksklusif tersebut tidak memuaskan. Dimana kinerja poli eksklusif mulai Oktober 2002 - Juni 2003 tidak terdapat pasien lagi sehingga timbul pertanyaan mengetahui secara retropektif faktor yang menyebabkan berhentinya poli eksklusif tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa profil pelanggan poli eksklusif RS. Karya Bhakti, mengetahui faktor penyebab terhentinya poli eksklusif RS. Karya Bhakti di tinjau dari aspek bauran pemasaran serta mengetahui kebijakan manajemen di dalam kesiapan meluncurkan produk sehingga dapat mengetahui faktor yang menyebabkan terhentinya operasional poli eksklusi RS. Karya Bhakti di tinjau dari aspek pemasaran. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif : beda data dan informasi di peroleh dari wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rumah sakit belum siap dalam meluncurkan produk dimana belum membuat perencanaan strategi pemasaran unit kerja sehingga dalam perjalanan product tidak berjalan dengan semestinya. Serta penyebab terhentinya operasional poli eksklusif di tinjau dari aspek bauran pemasaran : product tidak menampilkan suatu unit eksklusif secara spesifik terkesan biasa, place : tempat di belakang tidak srtategis, price : tidak sesuai antara pelayanan dan harga yang diberikan, promotion : promosi sangat minim dan belum ada perencanaan promosi pemasaran. Serta rumah sakit tidak mempunyai provider (Dokter) untuk menjalankan product secara berkesinambungan sehingga menjadi masukkan bagi rumah sakit dalam meluncurkan produk berikutnya. Saran yang diberikan adalah : syarat mutlak dalam meluncurkan produk sangat perlu perencanaan yang mantang, study kelayakan serta perencanaan yang komprehensif yang berorerientasi kepada pelanggan. Daftar Pustaka : 26 (1982-2002)
Causal Factors Review on the Halt of the Exclusive Polyclinic of Karya Bhakti Hospital from Marketing AspectsHospitals always make any improvisation in their organization to give the better and satisfactory services. They try to improve their customer profile image in society, with common question, who are the preferred customers for their service offered. The background of this research is the ineffective operational of Exclusive Polyclinic in Karya Bhakti Hospital. During October 2002 until June 2003 there is no patient. This fact needs retrospective study to reveal the causal factors of the halt of the Exclusive Polyclinic operational. The purpose of this research are to analyze the customer profile of the Exclusive Polyclinic of Karya Bhakti Hospital, the causal factors review of the halt of the Exclusive Polyclinic operational from the marketing mix aspects and to find out the management policy in the preparation of product launching. This analyze will let us know the causal factors of the failure of the exclusive polyclinic of Karya Bhakti Hospital. This research type is descriptive qualitative. The data and information are gained by observation, interview and documentation. The result shows that the hospital management isn't prepared in their product launching, wherein they haven't developed the strategic planning of marketing unit. So, the polyclinic operational isn't properly. The failure factors review from marketing mix aspects are: Product, no specify the exclusiveness of polyclinic; Place, not strategic, located at the backside of the building; Price, inappropriate between tariff and services; Promotion, slightly and no planning. Karya Bhakti Hospital doesn't have the appropriate doctors to operate the product continually. Those results are the input for Karya Bhakti Hospital in preparing the next product. The recommendation are that Karya Bhakti Hospital needs product planning, feasibility study and customer oriented comprehensive study. Reference:: 26 (1982-2002)
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T12726
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library