Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Marpaung, Daniel Adieu Manuturi, author
"Salah satu transportasi laut yang dapat memasuki daerah pedalaman dan area terpencil ialah angkutan laut Ro-Ro Roll On-Roll Off. Sarana angkutan laut Ro-Ro dan sejenisnya memiliki teknologi yang mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakat, dikarenakan mempunyai draft minimum serta multifungsi. Pola ini dapat dikembangkan dan bersaing dengan transportasi lain, yang dimana memiliki tarif relatif murah dan terjangkau. Adanya berbagai dasar penyebab kecelakaan pada kapal ro-ro ferry menjadikan peraturan terhadap kapal ro-ro ferry semakin diperketat. Jenis kecelakaan dengan frekuensi terbesar adalah tubrukan/kontak di Pelabuhan Penyeberangan Merak ndash; Bakauheni pada periode Januari 2017 ndash; April 2018.
Faktor utama penyebab kecelakaan kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni ialah pengaruh cuaca. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecelakaan kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni dengan menggunakan metode FSA Formal Safety Assesment terbagi menjadi tiga yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengawasan dalam pelaksanaan peraturan di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni, dan penanganan kecelakaan kapal oleh instansi terkait di pelabuhan. Penilaian risiko ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurangi kecelakaan kapal ro-ro ferry dan mencegah konsekuensi yang lebih besar.
One of the sea transportation that can enter the inland and remote areas is the Ro Ro sea transport Roll On Roll Off. Ro Ro sea transport facilities and the like have technology that is able to facilitate the needs of the community, due to having minimum and multifunctional drafts. This pattern can be developed and compete with other transportation, which has relatively cheap and affordable tariff. The existence of various causes of accidents on board Ro Ro Ferry makes the regulation of the Ro Ro Ferry ship increasingly tightened. Type of accident with the largest frequency is the impact contact at the Port Crossing Merak Bakauheni in the period January 2017 April 2018. The main factor causing ship accidents at Merak Crosswalk Bakauheni is the influence of weather. The steps that can be taken to reduce the ship accident at Merak Bakauheni Crossing by using FSA Formal Safety Assesment method is divided into three namely human resource quality improvement, supervision in the implementation of the regulations at the Merak Bakauheni Crossing Port, and the handling of ship accident by the institution related at the port. This risk assessment is expected to be a solution in reducing Ro Ro Ferry ship accidents and preventing greater consequences."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arindra Nur Rakhman Wiambodo
"Sebuah kapal Ro-ro 3500 DWT berusia 33 tahun mengandalkan Generator Auxiliary Engine sebagai sumber listrik utama, terutama saat kapal berthing dan anchorage. Karena beban listrik kapal pada saat berthing dan anchorage relatif kecil dibandingkan dengan daya output Auxiliary Engine, penambahan Generator Bantu dilakukan untuk meminimalkan penggunaan bahan bakar, khususnya MDO. Generator Tambahan ini dirancang agar daya output optimum sesuai dengan beban kelistrikan kapal dalam kondisi tersebut. Penelitian ini menganalisis kondisi rata-rata operasi mesin bantu kapal secara teori serta mengevaluasi bagaimana penggunaan Generator Tambahan dibandingkan dengan Auxiliary Engine dampak dari penggunaan Generator Tambahan tersebut.
Tahap pertama analisis adalah menghitung besarnya reduksi pemakaian MDO kapal setelah penerapan G/T. Tahap kedua menggunakan data waktu operasi A/E kapal pada tahun 2023 dan data waktu operasi A/E serta G/T pada tahun 2024 untuk menganalisis kondisi operasi mesin bantu secara teoretis, dengan fokus pada variabel Specific Fuel Oil Consumption (SFOC) dan beban listrik kapal. Dari titik-titik kondisi operasi yang diperoleh, dipilih satu titik kondisi operasi yang paling memungkinkan.
Setelah menentukan besaran rata-rata operasi, dilakukan proyeksi penggunaan bahan bakar kapal jika sepenuhnya menggunakan A/E dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar saat G/T dioperasikan bergantian dengan A/E. Hasil proyeksi menunjukkan adanya selisih pemakaian bahan bakar yang signifikan, yang berdampak langsung pada pengurangan biaya operasional kapal serta penurunan emisi. Dengan demikian, penggunaan G/T tidak hanya mengoptimalkan konsumsi bahan bakar tetapi juga memberikan kontribusi terhadap efisiensi ekonomi dan lingkungan kapal.
A 3500 DWT Ro-Ro vessel, aged 33 years, relies on an Auxiliary Engine Generator as its primary source of electricity, particularly, during berthing and anchorage. Since the electrical load of the vessel during these operations is relatively small compared to the output power of the Auxiliary Engine, an additional generator has been installed to minimize fuel consumption, specifically MDO. This additional generator is designed to ensure that its optimum output power matches the vessel's electrical load under these conditions. This study analyzes the use of the additional generator in comparison to the Auxiliary Engine and evaluates the impact of using the additional generator.The first stage of the analysis calculates the reduction in MDO consumption after the implementation of the G/T. The second stage uses operational time data of the ship’s A/E in 2023 and operational time data of both A/E and G/T in 2024 to analyze the theoretical operating conditions of the auxiliary engines, focusing on Specific Fuel Oil Consumption (SFOC) and the ship’s electrical load. From the various operating points obtained, one operating point is selected as the most feasible.After determining the average operating conditions, a projection is made comparing the ship’s fuel consumption if it were to rely solely on the A/E versus the fuel consumption when the G/T is operated alternately with the A/E. The projection results show a significant difference in fuel consumption, which directly impacts the reduction of the ship’s operational fuel costs and emissions. Therefore, the use of the G/T not only optimizes fuel consumption but also contributes to the economic and environmental efficiency of the vessel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library