Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Puspita Andiani
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji wacana iklan radio yang berbentuk iklan adlibs dengan menggunakan pendekatan analisis wacana dan pragmatik. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan pelanggaran prinsip kerja sama yang terjadi, sehingga dapat diketahui fungsinya dalam iklan adlibs di radio. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan cara mendeskripsikan. Hasil dari penelitian menunjukkan struktur wacana iklan adlibs yang paling banyak digunakan adalah struktur pola IV, yaitu tanpa menggunakan sapaan/salam. Kemudian, pelanggaran prinsip kerja sama yang ditemukan paling banyak terjadi adalah pelanggaran maksim relevansi yang sengaja dilakukan agar pendengar radio tidak mengira sedang mendengarkan sebuah iklan.
ABSTRACT
Research is an adlibs radio advertisement discourse analysis using discourse and pragmatic approach. This analysis aims to determine the structure and violation of the cooperative principle, so it can be known the function in adlibs radio advertisement. This research is qualitative research by describing. The result showed the structure of adlibs radio advertisement most widely used the type IV, which doesn rsquo t use greeting in the dialogue. Then, violation of the cooperative principle found the most common is violation of maxim of relevance which purposely done, so the audience do not think they are listening to an advertisement.
2016
S66069
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Ayu Maharani
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan kajian wacana iklan yang membahas iklan Instagram dengan strategi Shoutout for Shoutout atau SFS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suprastruktur, alat-alat kohesi, makrostruktur, hubungan gambar dan teks iklan, serta positioning yang terdapat dalam dua puluh iklan SFS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana iklan yang terdapat di dalam iklan SFS memiliki suprastruktur tipe A yang badan iklan atau teksnya secara dominan dibangun oleh alat kohesi referensi demonstratif anaforis, elipsis nominal, konjungsi aditif, dan repetisi. Makna global pada wacana iklan yang terdapat dalam iklan SFS sebagian besar dibangun oleh hubungan komunikasi dasar- DESAKAN dan hubungan antara gambar dan teks iklannya pun sebagian besar memiliki hubungan yang hampir koheren. Wacana iklan yang terdapat di dalam iklan SFS paling banyak dilakukan dengan positioning berdasarkan perbedaan dan manfaat. Kedua positioning tersebut sebagian besar bertujuan untuk memosisikan toko kepada pembaca iklan Instagram.
ABSTRACT
This research is an advertisement discourse analysis which discuss about Instagram Advertisement with Shoutout for Shoutout (SFS) strategy. The aim of this research is to describe suprastructure, cohesion, macrostructure, relationship between text and picture, along with positioning in twenty SFS advertisement. The result of this research shows that advertisement discourse in SFS advertisement has type A suprastructure which body copy or its text builts dominantly by demonstrative anaforic reference, nominal ellipsis, additive conjuction, and repetition. Global meaning to advertisement discourse in SFS advertisement builts dominantly by base-INSISTENCE relation and relationship between text and picture mostly has almost coheren relationship. Advertisement discourse in SFS advertisement has been made dominantly by diverification and benefit positioning. Both of it mostly has goal to positioning the shop for Instagram advertisement reader.
2015
S61124
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library