Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amara Rahmadina
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian tentang akumulasi timbal dan kadmium pada Eclipta prostrata, Synedrella nodiflora, dan Tridax procumbens yang tumbuh liar di sisi Jalan Raya Bogor telah dilakukan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui konsentrasi Pb dan Cd pada tanah, akar, dan tunas aerial parts E. prostrata, S. nodiflora, dan T. procumbens yang tumbuh liar di sisi Jalan Raya Bogor, serta untuk mengetahui mekanisme fitoremediasi pada ketiga tanaman tersebut sebagai kandidat fitoremediator. Analisis kandungan Pb dan Cd pada tanah dan tanaman dilakukan dengan metode Atomic Absorption Spectrophotometer AAS . Konsentrasi Pb dan Cd di tanah berkisar dari 2,72 mdash;103,38 mg/kg untuk Pb dan tidak terdeteksi hingga 0,08 mg/kg untuk Cd. Akumulasi Pb dan Cd bervariasi pada E. prostrata, S. nodiflora, dan T. procumbens. Konsentrasi Pb tertinggi pada E. prostrata, S. nodiflora dan, T. procumbens pada akar berturut-turut adalah 17,79 mg/kg, 14,53 mg/kg, dan 62,14 mg/kg, sedangkan pada tunas berturut-turut adalah 4,91 mg/kg, 8,84 mg/kg, dan 6,08 mg/kg. Konsentrasi Cd tertinggi pada E. prostrata, S. nodiflora dan, T. procumbens pada akar berturut-turut adalah 0,56 mg/kg, 0,23 mg/kg, dan 0,26 mg/kg, sedangkan pada tunas berturut-turut adalah 0,29 mg/kg, 0,25 mg/kg, dan 0,45 mg/kg. Berdasarkan hasil perhitungan nilai TF, BCF dan BAF pada ketiga tanaman tersebut, mekanisme yang cenderung digunakan E. prostrata, S. nodiflora, dan T. procumbens untuk penyerapan Pb, serta E. prostrata dan S. nodiflora untuk penyerapan Cd adalah fitostabilisasi. Hal tersebut karena tanaman cenderung menjaga Pb dan Cd yang diserap tetap berada di akar dari pada mentranslokasikannya ke tunas, sedangkan T. procumbens terhadap logam Cd berpotensi digunakan untuk fitoekstraksi karena konsentrasi Cd di tunas umumnya lebih tinggi dari pada di akar. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada studi ini T. procumbens memiliki kemampuan translokasi Cd yang paling baik di antara tanaman lainnya.
ABSTRACT
Research about accumulation of lead and cadmium in Eclipta prostrata, Synedrella nodiflora, and Tridax procumbens which naturally grown at the roadside of Raya Bogor Street has been done. This research was conducted to find out the concentration of Pb and Cd in soil, roots, and shoots aerial parts of E. prostrata, S. nodiflora, and T. procumbens which naturally grown at the roadside of Raya Bogor, also to determine the phytoremediation mechanism in E. prostrata, S. nodiflora, and T. procumbens as phytoremediator candidates. Analysis of Pb and Cd concentration in soil and plants was done by Atomic Absorption Spectrophotometer AAS method. The concentrations of Pb and Cd in the soil range from 2.72 mdash 103.38 mg kg for Pb and not detected to 0.08 mg kg for Cd. Accumulation of Pb and Cd varies in E. prostrata, S. nodiflora, and T. procumbens. The highest levels of Pb in E. prostrata, S. nodiflora and, T. procumbens in root were 17.79 mg kg, 14.53 mg kg, and 62.14 mg kg, while in shoot were 4.91 mg kg, 8.84 mg kg, and 6.08 mg kg, respectively. The highest levels of Cd in E. prostrata, S. nodiflora, and T. procumbens in root were 0.56 mg kg, 0.23 mg kg, and 0.26 mg kg, while in shoots 0.29 mg kg, 0.25 mg kg, and 0.45 mg kg, respectively. Based on these results, the mechanisms that tend to be used by E. prostrata, S. nodiflora, and T. procumbens for Pb absorption, and E. prostrata and S. nodiflora for Cd absorption are phytostabilization. This is because the plants tend to keep the absorbed Pb and Cd remaining in the root rather than translocate it to shoots, whereas T. procumbens for Cd metal is potentially used for phytoextraction since the Cd levels in shoot are generally higher than at the root. These results indicate that in this study, T. procumbens has the best Cd translocation ability among other plants.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Purnamawati
Abstrak :
Jalan Raya Bogor KM 34 ? 35 merupakan salah satu jalan di wilayah Depok yang dikenal sebagai lokasi yang sering terjadi kecelakaan. Salah satu faktor potensi penyebab kecelakaan di lokasi ini adalah dari segi kondisi geometrik jalan. Analisis faktor potensi penyebab kecelakaan dilakukan berdasarkan kondisi geometrik jalan eksisting dengan kondisi geometrik jalan yang dibutuhkan maupun kondisi geometrik jalan eksisting dengan kondisi geometrik jalan desain (perencanaan). Jika terdapat ketidaksesuaian diantaranya maka dapat menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa faktor potensi penyebab terjadinya kecelakaan di Jalan Raya Bogor KM 34-35 adalah jari - jari tikungan kondisi eksisting yang tidak memadai, superelevasi kondisi eksisting lebih kecil dari yang dibutuhkan dan daerah bebas samping di tikungan yang tidak memadai. Sehingga dibutuhkan upaya - upaya untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan. Upaya yang disarankan dalam penelitian ini adalah dengan cara pemberian fasilitas perlengkapan jalan. Upaya ini diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan sebesar 40 %.
Jalan Raya Bogor KM 34 ? 35 is one of the roads in Depok known as one of the road with high number of traffic accidents. One of the potential causes of accidents at this location is geometric conditions of the road. Factor analysis of potential causes of accidents is based on the geometric conditions of the existing road with road geometric conditions required and geometric conditions of the existing road with conditions of geometric road design (planning). If there is a mismatch among others it can lead to potential accidents. From the results of this study found that the factor of the potential causes of accident on Jalan Raya Bogor KM 34-35 is the radius of curvature on the existing conditions is inadequate, superelevation existing condition is smaller than required and free area next to the corner is not adequate. Thus measures are needed to reduce the potential accidents. Measure suggested in this study is to extend the road facilities. This measure is expected to reduce the potential of accidents by 40%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1368
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library