Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dennis Prasetyo
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16972
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zairman
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16918
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pickett, K.H. Spencer
Hoboken, NJ: John Wiley Sons, 2005
657.458 PIC e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jeremia Michael Daely
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini membahas prosedur audit pada pendapatan PT XYZ dengan keputusan auditor untuk mengandalkan efektivitas pengendalian internal perusahaan. Prosedur audit pada pendapatan ini dilakukan sebagai bagian dari penugasan untuk laporan keuangan PT DEF untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015. Laporan magang ini bersifat deskriptif, yang akan menjelaskan mengenai program magang yang dilakukan di KAP RSM pada bulan Januari – April 2016. Setelah dilakukan analisis mengenai prosedur audit yang dilakukan, disimpulkan bahwa prosedur audit pada pendapatan PT XYZ telah sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia.
ABSTRACT
This internship report discusses the audit process on PT XYZ income with auditor’s judgment to rely on the company’s internal control effectiveness. This audit procedure on income is conducted as a part of the assignment for PT DEF financial report for period ending December 31, 2015. This internship report type is descriptive, which describes the internship program on KAP RSM from January – April 2016. After analyzing the implemented audit procedure, it is concluded that the audit procedure on PT XYZ income have complied with the applied standard in Indonesia.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pickett, K.H. Spencer
West Sussex: John Wiley & Sons, 2005
R 657.458 PIC e
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Citrakusuma
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas internal audit Bank X berdasarkan International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) dan Quality Assurance. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan peran internal audit sehingga dapat meningkatkan kualitasnya serta memberikan value added, khususnya bagi internal audit di suatu perbankan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi kasus pada Bank X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan melakukan penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas internal audit pada Bank X dapat diukur berdasarkan International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) dan review oleh tim Quality Assurance melalui pendekatan Risk Based Internal Audit, Key Performance Indicators (KPI) dan lima dimensi SPPIA. Penilaian kualitas internal audit Bank X pada pokoknya telah memenuhi standar IIA (substantially complies). Pada divisi internal audit Bank X, perlu dilakukan review lebih detail secara periodik dalam mengevaluasi kualitas internal audit. Profesionalitas internal audit dapat dipertahankan dan ditingkatkan melalui training dan pelatihan khusus bagi internal audit, seperti pada lembaga sertifikasi bagi internal audit yang berkualitas
ABSTRACT
The purpose of this study was to analyse the quality of internal auditors in Bank X based on International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) and Quality Assurance. This study want to give a contribution for the development of internal audit?s role to increase their quality and provide some value added in bank. This study was a kind of case study in Bank X. This study used the descriptive analysis methodology and qualitative method by literature study and research in Bank X. This study shows that internal audit?s quality in Bank X can be measured based on International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (SPPIA) and reviewed by Quality Assurance through Risk Based Internal Audit Approach, Key Performance Indicators (KPI) and five dimensions of SPPIA. Internal audit?s quality in Bank X was substantially complies based on SPPIA. It is important for internal audit division in Bank X to increase their review and evaluation about quality of internal audit periodically. Their professionalism can be develop by any special trainings as sertification institute for qualified internal audit.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T55453
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyudi Akbari
Abstrak :
Sebelum auditor internal melaksankan audit rinci maka auditor harus melakukan penilaian sistem pengendalian intern (SPI) dan membuat program audit pada unit atau kegiatan yang akan diaudit. SPI adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset, dan ketaatan terhadap peraturan perundang- undangan. Sedangkan program audit merupakan uraian yang sistematis dari langkah audit untuk mencapai tujuan audit yang digunakan sebagai petunjuk mengenai langkah audit yang harus dilaksanakan, dan juga sebagai alat pengendali bagi pimpinan dalam memonitor pelaksanaan kegiatan audit. Karya akhir ini membahas analisis penerapan sistem pengendalian intern dan perancangan program audit untuk kegiatan jasa penelitian dan pengembangan (jasa litbang) pada PPPTMGB Lemigas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa PPPTMGB Lemigas telah melaksanakan aktivitas pengendalian pada kegiatan jasa litbang namun terdapat kelemahan pada penilaian risiko dan pemantauan tagihan yang belum terbayar (outstanding invoice). Hal tersebut disebabkan belum adanya struktur dan pedoman khusus yang mengelola risiko khususnya pada penanganan outstanding invoice sedangkan pelaksanaan audit Inspektorat Jenderal KESDM masih terfokus pada sektor belanja (pengeluaran anggaran untuk pelaksanaan kegiatan) belum pada penilaian seberapa optimal pemasukan PNBP dari kegiatan jasa litbang. Hasil penelitian menyarankan kepada auditor di lingkungan Inspektorat Jenderal KESDM untuk dapat meningkatkan pengetahuan, kualitas dan kemampuan audit khususnya pada kegiatan jasa litbang sehingga dapat memastikan dan memberikan jaminan yang memadai, membuat pedoman audit untuk menilai SPI kegiatan unit dan membuat program audit yang berbasis risiko untuk menilai efisiensi, keekonomian, efektivitas dari kegiatan jasa litbang PPPTMGB Lemigas. Sedangkan untuk PPPTMGB Lemigas disarankan agar melakukan perbaikan penanganan outstanding invoice melalui pembuatan kriteria, pedoman penilaian SPI dan penanganan outstanding invoice serta meningkatkan pemantauan dan koordinasi dengan pihak terkait untuk penyelesaian outstanding invoice......Prior to implementing detail audit the internal auditor must conduct a detailed assessment of the internal control system (ICS) and create an audit program for the unit or activity to be audited. ICS is a process integral to the actions and activities carried out continuously by the leadership and all employees to provide reasonable assurance of achieving organizational goals through effective and efficient, the reliability of financial reporting, safeguard assets, and compliance with laws and regulations. While the audit program is a systematic description of the audit steps to achieve the audit objectives are used as guidance regarding the audit steps that must be implemented, and also as a tool for the management controllers in monitoring the implementation of audit activities. This thesis discusses the application of systems analysis and design of internal control audit program for research and development activities (R&D services) on PPPTMGB Lemigas Ministry of Energy and Mineral Resources (MEMR). From the research we concluded that PPPTMGB Lemigas has implemented ICS for R&D services but there are weaknesses in risk assessment and monitoring of unpaid bills (outstanding invoices). It is due to the lack of structure and specific guidelines to manage risk especially in the handling of outstanding invoices while auditing the Inspectorate General of MEMR still focused on the sector expenditure (expenditure budget for the implementation of activities) is not on the assessment of how the optimal revenue non-tax revenues from services R&D activities The results suggest to the auditor within the Inspectorate General of MEMR to increase knowledge, quality and audit capability, particularly in services R&D activities in order to ensure and provide adequate collateral, create audit guidelines to assess the ICS activities of the unit and make risk-based audit program to assess efficiency, economics, the effectiveness of services R&D activities PPPTMGB Lemigas. While for PPPTMGB Lemigas advised to make improvements the handling of outstanding invoices through the creation of criteria, guidelines for assessment and treatment ICS outstanding invoices and improve monitoring and coordination with related parties for settlement of outstanding invoices.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Pradana Akbar
Abstrak :
Skripsi ini akan melakukan evaluasi terhadap peran yang dilakukan oleh Inspektorat Utama selaku unit audit internal Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(Bappenas) sebagai trusted advisor. Skripsi akan mencari gambaran upaya-upaya yang dilakukan Inspektorat Utama Kementerian PPN/Bappenas dalam peran konsultasi yang kemudian dibandingkan dengan standar/pedoman yang berlaku di Instansi Pemerintah Indonesia. Kemudian skripsi akan memberikan gambaran penerapan atribut-atribut trusted advisor sesuai yang disampaikan Richard F. Chambers berdasarkan persepsi dari auditor internal dan stakeholder Inspektorat Kementerian PPN/Bappenas. Diharapkan dengan melakukan analisis tersebut, didapatkan gambaran area-area yang perlu ditingkatkan oleh Inspektorat Utama Kementerian PPN/Bappenas untuk mewujudkan perannya sebagai trusted advisor. ......This research will evaluate the role played by the Main Inspectorate as the internal audit unit of the Ministry of National Development Planning (PPN)/National Development Planning Agency (Bappenas) as a trusted advisor. The research will seek an overview of the efforts made by the Main Inspectorate of the Ministry PPN/Bappenas in a consulting role which will then be compared with the standards/guidelines that apply in Indonesian Government Agencies. Then the research will provide an overview of the implementation of trusted advisor attributes according to what was conveyed by Richard F. Chambers based on the perceptions of internal auditors and Inspectorate stakeholders of the Ministry PPN/Bappenas. It is hoped that by carrying out this analysis, an overview of the areas that need to be improved by the Main Inspectorate of the Ministry of National Development Planning/Bappenas will be obtained to realize its role as a trusted advisor.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renaldi Purnayudha
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan unit SPI pada Universitas X atas sistem informasi dalam mendokumentasikan kertas kerja audit dan mendesain rancangan dokumentasi kertas kerja audit secara elektronik yang terintegrasi dalam satu aplikasi database. Kertas kerja audit elektronik dirancang dengan model Framework For The Aplication of System Thinking (FAST). Dokumentasi kertas kerja audit dilakukan untuk mengumpulkan dokumen-dokumen selama melakukan kegiatan audit yang berasal dari sumber manapun dan memiliki hubungan dengan lingkup audit. Kegiatan audit dimulai dari perencanaan, survei pendahuluan, evaluasi pengendalian manajemen, pengujian substantif, pelaporan dan tindak lanjut hasil audit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan single case study. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang didapatkan. Implikasi Penelitian ini adalah memfasilitasi unit SPI agar pendokumentasian kertas kerja audit dilakukan secara elektronik dan terintegrasi sehingga dokumen kertas kerja audit tersebut lengkap dan terintegrasi. ...... The study aims to analyze the needs of the SPI unit at the X University for information systems in documenting the audit work papers and designing the electronic audit paperwork documentation that is integrated in one database application. Electronic audit paperwork designed with Framework For The Application Of System Thinking (FAST) model. Documentation of audit work papers is undertaken to collect documents during audit activities originating from any source and related to the scope of the audit. Audit activities start from planning, preliminary survey, evaluation of management control, substantive testing, reporting and follow up of audit result. The research method used is qualitative method with single case study approach. Methods of data collection were acquired by observation, interview and documentation obtained. The Implications of this research is to facilitate the SPI unit to document audit paperwork electronically and integrated so that the audit paperwork document is complete and integrated.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vega Lavlinesia
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan di Sekretariat Jenderal DPR RI Setjen DPR RI. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010, bahwa laporan keuangan pemerintah harus memenuhi kualitas sesuai karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan dan menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas sumber daya manusia SDM, kualitas teknologi informasi TI, Penelitian ini mengembangkan model dalam bentuk persamaan, dan dituangkan dalam hipotesis. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji model penelitian, dan uji hipotesis dilakukan dengan uji signifikansi, dan koefisien determinan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas SDM memberikan pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap laporan keuangan, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran untuk mengelola SDM berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pengelola anggaran, dan penempatan SDM berdasarkan latar belakang pendidikannya. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa kualitas TI, SPI, dan intervensi negatif tidak memberikan pengaruh dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini menarik untuk dicermati, karena berdasarkan penelitian dan tinjauan literatur menunjukkan bahwa TI dan SPI yang berkualitas memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Ketidaksesuaian yang terjadi di Setjen DPR RI disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran untuk memanfaatkan TI, dan kurangnya kebutuhan atas SPI dalam pelaksanaan kerja organisasi karena SPI di Setjen DPR RI lemah. Intervensi negatif tidak memberikan pengaruh kepada kualitas laporan keuangan, karena SDM pengelola anggaran mengharapkan tidak terjadinya intervensi negatif dalam pengelolaan anggaran. ...... This study aims to determine the factors that affect the quality of the financial statements at the Secretariat General of the House of Representatives Setjen DPR RI. Based on Government Regulation PP number 24 of 2005 and Government Regulation PP No. 71 of 2010, that the government's financial statements must meet the appropriate quality of qualitative characteristics, that is relevant, reliable, comparable, and understandable. Factors that affect the quality of financial reporting and become independent variable in this study is the quality of human resources HR, the quality of the information technology IT, the quality of the internal control system SPI, and intervention. Data collect by distributing questionnaires to 70 people managing the budget, ranging from budget user to verifikatur, and staff officers of commitment makers in the Parliament Secretariat. of the 70 questionnaires distributed, 61 questionnaires that can be declared valid and worthy to be processed by using SPSS 22. This study develops a model in the form of the equation, and poured in a hypothesis. The results show that the quality of human resources, but no significant effect on the financial statements, this is due to lack of awareness to manage human resources based on the competencies that must be owned by budget managers, and HR placement based on educational background. Positive intervention results significant impact on the quality of the financial statements, it demonstrates the need for leadership roles and responsibilities in the implementation of the immediate supervisor as the manager of the budget. The test results also showed that the quality of IT, SPI, and negative intervention have no significant effect on the quality of financial reporting. It is interesting to observe, because it is based on research and review of the literature shows that the quality of IT and SPI provides a positive and significant effect on the performance of the organization. Mismatches that occur in the Parliament Secretariat is caused by a lack of understanding and awareness to take advantage of IT, and the lack of need for SPI in the implementation of the organization's work for SPI in the Parliament Secretariat is weak.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library