Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putri Kamalia Hakim
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas pengaruh kemahiran berbicara mitra tutur terhadap kemahiran berbicara peserta tes dalam tes kemahiran berbicara format berpasangan. Dalam penelitian ini, kemahiran peserta tes dilihat melalui kualitas dan kuantitas tuturan peserta tes yang diproduksi ketika mengerjakan tes kemajuan. Kualitas tuturan dilihat melalui aspek tata bahasa, kosakata, pemahaman, kefasihan, pelafalan, dan pemenuhan tugas. Kuantitas tuturan dilihat melalui produksi C-units dan giliran. Penelitian ini adalah studi kasus yang bersifat eksperimental. Pelajar yang menjadi subjek penelitian diberikan tindakan berupa pemberian mitra tutur yang memiliki kemahiran berbicara yang sama dan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tes kemahiran berbicara format berpasangan, perbedaan tingkat kemahiran berbicara mitra tutur mempengaruhi kualitas tuturan peserta tes yang memiliki kemahiran berbicara tinggi pada aspek pemenuhan tugas dan perbedaan tingkat kemahiran berbicara mitra tutur mempengaruhi kuantitas tuturan peserta tes yang memiliki kemahiran berbicara tinggi dan rendah.
ABSTRACT
This study focuses on the effects of interlocutor proficiency toward the test taker`s proficiency in paired speaking test. In this study, test taker proficiency was viewed through the language quality and language quantity produced in a progress test. The language quality was seen through six different aspects. They are grammar, vocabulary, comprehension, fluency, pronunciation, and task completion. The language quantity was seen through the production of C-units and turns. This research is an experimental case study in which the test takers as the research subjects did two tasks with two different interlocutors. The result revealed that in paired speaking tests, the interlocutor`s proficiency affects the language quality of high proficiency test takers in terms of task completion. The result also revealed that in a paired speaking test, the interlocutor`s proficiency affects the language quantity of high proficiency and low proficiency test takers.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T39240
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library