Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Delfa Agustia
"Layanan ride-hailing merupakan on-demand transportation service yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi melalui sebuah aplikasi berbasis mobile. Salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut adalah fitur pemberian tip yang digunakan oleh penumpang ketika ingin memberikan tip secara elektronik kepada pengemudi. Akan tetapi, intensi penumpang untuk memberikan tip melalui fitur di aplikasi tersebut masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat meningkatkan intensi pemberian tip melalui aplikasi sehingga fitur yang telah disediakan dapat digunakan dengan optimal. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh dari faktor message framing, message evidence, dan user effort terhadap intensi pemberian tip melalui aplikasi (intention to tip via application). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental between subject 2 (message framing: pesan sosial, pesan fungsional) x 2 (message evidence: ada, tidak ada) x 2 (user effort: low effort, high effort). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 424 responden dan diolah menggunakan metode ANOVA pada aplikasi SPSS. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa message framing, message evidence, dan user effort berpengaruh terhadap intensi pengguna untuk memberikan tip melalui aplikasi. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa message framing menggunakan nilai sosial (pesan sosial) memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan message framing menggunakan nilai fungsional (pesan fungsional). Pemberian message evidence pada fitur pemberian tip juga terbukti dapat meningkatkan intensi pemberian tip, dibandingkan tidak memberikan message evidence. Rancangan fitur pemberian tip yang low user effort akan lebih meningkatkan intensi pemberian tip, dibandingkan dengan fitur yang high user effort. Selain itu, pengaruh yang diberikan oleh message framing akan semakin kuat ketika ditampilkan pada fitur yang dirancang dengan low user effort, begitupun dengan pengaruh yang diberikan oleh message evidence. Terakhir, hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pengaruh yang diberikan oleh faktor message framing dan message evidence akan semakin kuat ketika kedua faktor tersebut ditampilkan secara bersamaan pada satu halaman (low user effort).

Ride-hailing is an on-demand transportation service that connects passengers with the driver through a mobile-based application. One of the features provided in the application is the tipping feature, which is used by passengers who want to give a tip electronically to the driver. However, the intention of ride-hailing users to tip via the application is still lacking. Therefore, this study aims to analyze factors that can be used to increase the intention of ride-hailing users to tip via the application, so the tipping feature provided in the application will be used optimally. This study examined the effects of message framing, message evidence, and user effort factors on the intention of ride-hailing users to tip via the application. This study was conducted with 2 (message framing: social messages, functional messages) x 2 (message evidence: yes, no) x 2 (user effort: low user effort, high user effort) between-subjects experiment. Data collection was carried out by
distributing an online questionnaire filled by 424 respondents and processed using ANOVA in SPSS. The result indicates that message framing, message evidence, and user effort affects the intention of ride-hailing users to tip via the application. It can be interpreted that message framing using social value (social message) has a greater effect than message framing using functional value (functional message). The intention of ridehailing users to tip via application was higher when providing message evidence on the tipping feature. The user interfaces design of the tipping feature that emphasized low user effort can increase the intention to tip via the application, compared to the high user effort. In addition, the effects of message framing will be stronger when displayed on the tipping feature that low user effort, as well as the effects of message evidence. Finally, the results of this study also proved that the effects of message framing and message evidence will be greater when both messages (message framing dan message evidence) were displayed simultaneously on the same page (low user effort).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Indira Marino
"Besarnya pangsa pasar transportasi online menjadikan persaingan ketat antara penyedia jasa ojek online di Indonesia. Faktor ini menjadi salah satu faktor yang memengaruhi adanya persaingan harga antar penyedia jasa ojek online. Keberadaan ojek online di Indonesia pun membantu mitra pengemudi dalam meningkatkan perekonomian, belum dengan ditambah tip yang acapkali mereka dapatkan dari konsumen Indonesia. Di penelitian ini, peneliti menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk menganalisis pengaruh dari promosi harga, price consciousness, feelings of gratitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping serta religuisitas intrinsik dan ekstrinsik terhadap intensi mayoritas penduduk Indonesia, yaitu konsumen muslim dalam memberi tip terhadap mitra ojek online. Data dikumpulkan melalui self-administrated questionnaire kepada responden muslim pengguna ojek online dan pernah menggunakan promosi harga yang diberikan ojek online di Indonesia.  Hasil dari penelitian ini adalah promosi harga, feelings of gatitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping, dan religiusitas intrinsik yang mempunya pengaruh atas intensi memberi tip terhadap mitra ojek online. Sedangkan, price consciousness dan religiusitas ekstrinsik tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pelaku industri yang bergerak di bidang transportasi online untuk mengambil keputusan tentang bauran pemasaran terutama di aspek promosi dan harga.

The large market share of online transportation creates a heavy competition between online motorcycle taxi service providers in Indonesia. This factor is one of the factors that influence price competition among online motorcycle taxi service providers. The existence of online motorcycle taxis in Indonesia also helps online motorcycle taxi driver to improve to their welfare, not to mention with the added tip they often get from the consumers. In this study, researchers used Structural Equation Modeling (SEM) to analyze the impact of price promotion, price consciousness, feelings of gratitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping, also intrinsic and extrinsic religiosity on the intentions of the majority of the Indonesian population, Muslim consumers in giving tip to online motorcycle taxi drivers. Data was collected through a self-administrated questionnaire to Muslim respondents who use online motorcycle taxi and have used price promotions that was given by online motorcycle taxi in Indonesia. The results of this study are price promotion, feelings of gratitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping, and intrinsic religiosity have an influence on the intention to tip. Meanwhile, price consciousness and extrinsic religiosity do not have a significant effect to online motorcycle taxi drivers tipping. The results of this study can be used as a reference for industry players engaged in online transportation to make decisions about their marketing mix, especially in the aspects of promotion and price.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hodijatul Kubro
"

Besarnya pangsa pasar transportasi online menjadikan persaingan ketat antara penyedia jasa ojek online di Indonesia. Faktor ini menjadi salah satu faktor yang memengaruhi adanya persaingan harga antar penyedia jasa ojek online. Keberadaan ojek online di Indonesia pun membantu mitra pengemudi dalam meningkatkan perekonomian, belum dengan ditambah tip yang acapkali mereka dapatkan dari konsumen Indonesia. Di penelitian ini, peneliti menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk menganalisis pengaruh dari promosi harga, price consciousness, feelings of gratitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping serta religuisitas intrinsik dan ekstrinsik terhadap intensi mayoritas penduduk Indonesia, yaitu konsumen muslim dalam memberi tip terhadap mitra ojek online. Data dikumpulkan melalui self-administrated questionnaire kepada responden muslim pengguna ojek online dan pernah menggunakan promosi harga yang diberikan ojek online di Indonesia.  Hasil dari penelitian ini adalah promosi harga, feelings of gatitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping, dan religiusitas intrinsik yang mempunya pengaruh atas intensi memberi tip terhadap mitra ojek online. Sedangkan, price consciousness dan religiusitas ekstrinsik tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pelaku industri yang bergerak di bidang transportasi online untuk mengambil keputusan tentang bauran pemasaran terutama di aspek promosi dan harga.



The large market share of online transportation creates a heavy competition between online motorcycle taxi service providers in Indonesia. This factor is one of the factors that influence price competition among online motorcycle taxi service providers. The existence of online motorcycle taxis in Indonesia also helps online motorcycle taxi driver to improve to their welfare, not to mention with the added tip they often get from the consumers. In this study, researchers used Structural Equation Modeling (SEM) to analyze the impact of price promotion, price consciousness, feelings of gratitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping, also intrinsic and extrinsic religiosity on the intentions of the majority of the Indonesian population, Muslim consumers in giving tip to online motorcycle taxi drivers. Data was collected through a self-administrated questionnaire to Muslim respondents who use online motorcycle taxi and have used price promotions that was given by online motorcycle taxi in Indonesia. The results of this study are price promotion, feelings of gratitude towards price promotion, perceived sacrifice to tipping, and intrinsic religiosity have an influence on the intention to tip. Meanwhile, price consciousness and extrinsic religiosity do not have a significant effect to online motorcycle taxi drivers tipping. The results of this study can be used as a reference for industry players engaged in online transportation to make decisions about their marketing mix, especially in the aspects of promotion and price.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library