Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siahaan, Christian Erwin
"Tesis ini membahas periklanan Pertamina terhadap ekuitas merek pelumas Fastron. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Model penelitian yang digunakan adalah untuk mengukur efektivitas iklan terhadap brand equity dan intention to buy. Hasil penelitian menyarankan bahwa Pertamina harus meningkatkan aktivitas komunikasi pemasaran Fastron untuk meningkatkan brand equity terhadap Fastron, memperkuat image produk Fastron dalam setiap aktivitas komunikasi pemasarannya agar konsumen yakin akan kualitas yang ditawarkan oleh Fastron dan membina kerjasama dengan para influencer.

The focus of this study is the advertising at Pertamina to brand equity of Fastron oil. The purpose of this study is to analyze how significant advertising towards brand equity and intention to buy. This research is quantitative descriptive. The data were collected by means of deep interview and questionnaire. The researcher suggests that Pertamina should improve marketing communication of Fastron to enhance brand equity, strengthen the image of Fastron in every marketing communication activities to convince the product quality and cooperate with the influencer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28259
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Angela Mercyana Iswandi
"Tesis ini membahas komunikasi corporate social responsibility (CSR) dalam membangun reputasi perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Model penelitian yang digunakan adalah untuk mengukur exposure to IMC terhadap cognitive response, attitude, dan reputasi.
Hasil penelitian menyarankan agar Lifebuoy sebaiknya melaksanakan aktivitas CSR dan komunikasinya secara terencana dan berkelanjutan serta memperbanyak komunikasi pemasaran yang mengandung pesan akan akan kemampuan Lifebuoy dalam memperbaiki kondisi kebersihan dan kesehatan masyarakat Indonesia yang didukung dengan hasil riset.

The focus of this study is corporate social responsibility communication to build
corporate reputation. The purpose of this study is to analyze communication CSR towards
reputation.This research is quantitative descriptive. The data were collected by means of
deep interview and questionnaire.
The researcher suggests that Lifebuoy should implement CSR activities and its communication continuously and increase marketing communication that contains the message of Lifebuoy capability to improve the healthiness and cleanliness condition of Indonesian citizen that supported with research's result."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28103
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Larasati
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh dari pengetahuan dan religiusitas yang dimediasi oleh sikap terhadap intensi membeli konsumen pada produk kosmetik halal. Studi kasus yang digunakan adalah brand produk kosmetik halal yang menggunakan halal positioning Wardah vs brand kosmetik yang menggunakan neutral positioning Sariayu. Terdapat empat hipotesis yang dikembangkan pada penelitian ini. Hipotesis tersebut diuji dengan menggunakan data primer dari 217 responden yang dikumpulkan melalui structured quetionaire serta non-probability judgemental sampling. Responden merupakan wanita bergama Islam yang belum pernah melakukan pembelian serta menggunakan kosmetik Wardah dan Sariayu. Dari keempat hipotesis penelitian, terdapat tiga hipotesis yang diterima dan signifikan. Kemudian, terdapat temuan bahwa sikap terhadap intensi membeli konsumen pada brand yang menggunakan halal positioning dengan brand yang menggunakan neutral positioning tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

This research discusses the influence of knowledge and religiosity mediated by attitude towards consumers intention to buy on halal cosmetic products. The case study used is halal cosmetic product brand that uses halal positioning Wardah vs brand that uses neutral positioning Sariayu . There are four hypotheses developed in this study. The hypotheses were tested using primary data from 217 respondents collected through structured quetionaire and non probability judgmental sampling. Respondents are Muslim women who have never made purchases and use Wardah Sariayu cosmetics. From the four research hypotheses, there are three accepted and significant hypotheses. Then, there are findings that the attitude toward consumers intention to buy between brand that uses halal positioning and a brand that uses neutral positioning there is no significant difference."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68324
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wijoseno, Ario
"Tesis ini membahas mengenai salah satu iklan televisi XL dengan Versi"Telpon Berkali-kali Segila-gilanya"yang gencar ditayangkan oleh provider XL sebagai bagian dari media komunikasi mereka. Penelitian ini dititikberatkan pada efektivitas dari iklan televisi tersebut dari segi intention I dan Intention to buy. Menggunakan 125 sampel responden ,penclitian juga mengkaji perspektif responden terhadap brand dan endorser dilihat dari sisi Likeability Attractiveness Trustworthy, Memorability dan Familiarity. Profil
demografi yang spesifik ,peneliti menemukan bahwa setelah melihat iklan tersebut, ternyata terdapat beda yang signifikan pada elemen likeability
,attractiveness ,dan trustworthy ,responden cenderung lebib suka ,lebih dan lebih percaya pada iklan tersebut dikarenakan endorser ya muncul pada iklan tersebut daripada brand yang muncul pada iklan tersebut. Sedang dari evaluasi efektifitas dapat dikatakan bahwa sebagian besar responden setelah melihat iklan XIL tersebut memiliki intensi terhadap iklan tersebut bahkan intensi untuk melakukan pembelian
This thesis studies on XL TVC Version " Telpon Berkali-kali Segila - gilanya"
that heavily broadcast in order to communicate their newest program. Research is focus to evaluate TVC's effectiveness from intention and intention to buy elements also on revealing respondent's Likeability ,Attractiveness Trustworthy ,Memorability ,and Familiarity perspectives about brand and endorser after seeing
the ad. Using 125 respondents ,researcher has found that there were significant differences in Likeability ,Altractiveness ,and Trustworthy elements.Respondent tend to like ,attract and trust more because of endorser and not because of the
brand. Meanwhile ,after seeing the TVC most of respondent bave intention and intention to buy the product.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maman Oman Saepudin
"Isu degradasi lingkungan telah menjadi isu utama beberapa tahun terakhir, sebagai akibat tidak terkendalinya emisi polutan yang berbahaya melalui berbagai macam aktivitas. Sektor transportasi terutama kendaraan bermotor berkontribusi dalam tingginya emisi karbon. Diperlukan solusi alternatif untuk menguranginya dampak negatif terhadap lingkungan yaitu salah satunya beralih pada penggunaan kendaraan listrik. Penelitian ini mengkombinasikan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai faktor yang mempengaruhi intensi pembelian mobil listrik di Indonesia. Analisis Partial Least Square (PLS) diterapkan untuk menguji hubungan antara konstruksi yang diusulkan menggunakan data yang dikumpulkan dari 410 responden melalui survei online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, price value, dan infrastructure barrier berpengaruh secara positif dan signifikan pada intensi pembelian mobil listrik. Sementara perceived usefulness, environmental concern, environmental self image, infrastructure barrier, dan personal moral norm tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian mobil listrik dan perceived risk berdampak negatif pada intensi pembelian mobil listrik.

The environmental degradation has been the major issue in recent years due to the uncontrolled emissions of harmful pollutants through various activities. The transportation sector, especially motor vehicles, contributes to high carbon emissions. Alternative solutions are needed to reduce the negative impact on the environment, one of which is switching to the use of electric vehicles. This study combines the Technology Acceptance Model (TAM) and the Theory of Planned Behavior (TPB) aiming to provide an overview of the factors that influence the intention of purchasing electric cars in Indonesia. Partial Least Square (PLS) analysis was applied to test the relationship between proposed constructions using data collected from 410 respondents through an online survey. The results show that attitude, subjective norm, price value, and infrastructure barrier positively affect the purchase intention of electric cars. Meanwhile, perceived usefulness, environmental concern, environmental self-image, infrastructure barrier, personal moral norms do not have a significant effect on the intention to purchase electric cars and perceived risk has a negative impact on the purchase intention of electric cars."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Maya Sari
"Tesis ini mengevaluasi iklan cetak rebranding PAC BII sebagai salah satu layanan priority banking terhadap keinginan membeli dan peralihan rekening dari rekening lama responden. Penelitian diuji pada 75 orang yang sudah memiliki rekening priority banking di salah satu bank di Indonesia. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pengetahuan responden akan iklan cetak ini masih rendah, sehingga brand awareness dari PAC BII ini belum banyak diketahui oleh segmen orang kaya ini. Hanya teks iklan yang dapat mendorong keinginan responden untuk membeli dan hanya frekuensi penayangan iklan yang mendorong responden untuk membuka rekening PAC BII. Sehingga perlu kiranya BU untuk memperbaiki corporate brand mereka agar rebranding selanjutnya dapat mendongkrak brand awareness PAC BII sejalan dengan brand awareness BII.

This thesis will evaluate a PAC BII rebranding Print Ad related to intention to buy and switching. From 75 respondents whose have a Priority Banking accounts, the survey finds that the PAC BII brand awareness is still low. Only text will be impacted into intention to buy and the frequency of the ad will be impacted to switching. The writer suggest that the BII should re-manage the BII Corporate image first and then followed by new PAC BII logo. Or if possible, BII will conduct the second rebranding for PAC BII to gel the better perception and impression."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26607
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Azizi Algi
"ABSTRAK
Instagram adalah platform media sosial yang dapat membagikan foto dan video berdurasi pendek dari kegiatan sehari hari para penggunanya. Dengan terus bertambahnya pengguna, menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan secara daring. Dan pada pelaksanaannya interaksi tidak dilakukan secara langsung, maka diperlukan informasi mengenai penjual dan produk yang dijual untuk membentuk kepercayaan calon pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali faktor pembentuk kepercayaan konsumen pada penelitian yang sebelumnya yaitu keramahan, integritas, kompetensi, kecenderungan untuk percaya, KOL (Key Opinion Leader) Endorsement, dan komentar konsumen. Model diuji secara empiris dengan 92 pengguna instagram yang telah bersedia menjadi responden dalam penelitian eksperimen ini. Keramahan dan Integritas dinilai memiliki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen, khususnya KOL Endorsement memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pembentukan kepercayaan konsumen. Selanjutnya kepercayaan konsumen dan komentar konsumen memiliki pengaruh yang besar terhadap keinginan untuk membeli. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu melengkapi penelitian sebelumnya mengenai literature kepercayaan dan menawarkan panduan praktis untuk pemilik toko daring instagram.

ABSTRACT
Instagram is a social media platform that can share photos and short duration videos from the day-to-day activities of its users. As the user continues to grow, it becomes an opportunity that can be used to sell online. And in the implementation of interaction is not done directly, it is necessary information about sellers and products sold to form trust of prospective buyers. This study aims to re-examine the factors of consumer trust in previous studies of benevolance, integrity, competence, propensity to believe, KOL (Key Opinion Leader) Endorsement, and consumer comments. The model was tested
empirically with 92 instagram users who have been willing to be respondents in this experimental study. Benevolance and Integrity are judged to have an influence on consumer trust, especially KOL Endorsement has a huge influence in consumer trust. Furthermore, consumer trust and consumer comments have a great influence on the intention to buy. The results of this study are expected to complement previous research on the literature of trust and offer practical guidance for online store owners instagram."
2018
T50085
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septiana Pratama Nugraheni
"ABSTRAK
Salah satu agenda Nawacita yang diusung pemerintah Indonesia adalah meningkatkan produktivitas rakyat, salah satunya melalui UMKM di bidang makanan. Perkembangan internet dan pertumbuhan pengguna media sosial yang pesat di Indonesia turut memberikan andil dalam memberikan peluang baru dengan adanya kanal dan metode pembelian baru, akan tetapi sekaligus menambah persaingan. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang kuat untuk meningkatkan pembelian produk makanan secara online agar bisnis dapat bertahan. Dalam pembuatan strategi tersebut, diteliti pengaruh faktor Freshness, Novelty, Importance of Product Information, Wired Lifestyle, Perceived Risk, Perceived Difficulty, Perceived Control, Subjective Norms, dan Attitude terhadap niat beli terhadap produk makanan secara online dengan menggunakan metode SEM. Selain itu, digunakan Importance-Performance Analysis untuk mendapatkan action items dan prioritas pelaksaan untuk setiap action items. Penelitian ini mengambil studi kasus untuk UMKM Kai Laziz Food dalam perencanaan strategi, akan tetapi faktor yang berpengaruh terhadap niat beli diperoleh melalui kuesioner kepada pengguna media sosial secara umum. Hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli terhadap produk makanan secara online dan strategi untuk meningkatkan niat beli, khususnya Kai Laziz Food, sehingga dapat bersaing dan bertahan di tengah persaingan yang ketat.
One of Nawacita agenda carried out by Indonesian government is to impr

ABSTRACT
ove peoples productivity, one of which is through MSMEs in food sector. The development of the internet and the rapid growth of social media users in Indonesia have contributed to providing new opportunities, such as new channels and purchasing methods, but at the same time increasing competition. Therefore, a strong marketing strategy is needed to increase the purchase of food products online so that businesses can survive. In making this strategy, the influence of Freshness, Novelty, Importance of Product Information, Wired Lifestyle, Perceived Difficulty, Perceived Control, Subjective Norms, and Attitude on buying intention towards food products online was examined using SEM. In addition, Importance-Performance Analysis is used to obtain action items and prioritize the implementation of each action item. This study took a case study for Kai Laziz Food in making the marketing strategy, but the factors that influence purchase intention were obtained through a questionnaire in which respondents were users of social media in general. The results of this study are factors that influence purchase intention to buy food online and strategies to increase purchase intentions, especially for Kai Laziz Food, so they can compete and survive on the midst of this intense competition.

"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dik Ajeng Sekar Putri Taufanti
"Pesatnya pertumbuhan pada jumlah transaksi e-commerce membuat pelaku e-commerce di Indonesia dituntut untuk menyusun strategi dalam merespon perubahan perilaku dalam belanja konsumen. Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu menggunakan digitalisasi seperti gamifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis bagaimana pengaruh motivasi intrinsik terhadap intensi membeli dan loyalitas pengguna Tokopedia di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi untuk mengisi kesenjangan penelitian dengan menambahkan indikator loyalitas merek dan keberlanjutan penggunaan aplikasi e-commerce. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari 250 responden, peneliti melakukan pengujian menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik ditemukan secara positif memengaruhi dan memotivasi pelanggan untuk meningkatkan Shopping Engagement. Shopping Engagement secara positif memengaruhi Intention to Buy Using Mobile App, App Continuance Intention, dan Brand Loyalty. Namun, tidak ada efek moderasi dari pengalaman belanja online sebelumnya. Selanjutnya, Focused Attention berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Shopping Engagement. Dan, Previous Online Shopping Experience memengaruhi Intention to Buy Using Mobile App secara negatif. Dari hasil penelitian, Tokopedia dapat memanfaatkan augmented reality, game, dan optimalisasi UI/UX unuk meningkatkan engagement dan fokus pada saat belanja di aplikasi Tokopedia serta merespon customer dengan lebih baik dan cepat agar mereka memiliki pengalaman belanja yang positif sehingga meningkatkan loyalitas pengguna.

The rapid growth in the number of e-commerce transactions has forced e-commerce players in Indonesia are required to develop strategies in response to changes in consumer spending behavior. One of the things that can be done is to use digitization such as gamification. The aim of this research is to analyze how intrinsic motivation influences purchase intention and brand loyalty of Tokopedia users in Indonesia. This study contributes to filling the research gap by adding indicators of brand loyalty and the continued use of e-commerce applications. Based on data collected from 250 respondents, researchers conducted tests using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results of the study show that intrinsic motivation is found to positively influence and motivate customers to increase Shopping Engagement, Shopping Engagement positively influences Intention to Buy Using Mobile App, App Continuance Intention, and Brand Loyalty. However, there was no moderating effect from the previous online shopping experience. Furthermore, Focused Attention has a negative and insignificant effect on Shopping Engagement. And, Previous Online Shopping Experience negatively affects the Intention to Buy Using the Mobile App. Therefore, Tokopedia can using augmented reality, games, and UI/UX optimization to increase customer’s engagement and focus when shopping on the mobile application and Tokopedia should respond better and faster to customers so they have a positive shopping experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Qolbi
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi sikap wanita muslim terhadap intensi membeli produk kosmetik halal di Indonesia dengan studi kasus pada merek wardah yang menggunakan celebrity endorser yang berhijab (Dewi Sandra) dan tidak berhijab (Raline Shah). Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner menggunakan metode single cross-sectional dengan sampel sebesar 324 responden yang merupakan wanita beragama Islam. Penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square Structural Equation Method (PLS-SEM). Adapun hasil dari penelitian ini baik pada endorser berhijab (Dewi Sandra) dan tidak berhijab (Raline Shah) ditemukan signifikansi pada seluruh variabel penelitian yang terdiri dari kredibilitas, pengetahuan, religiusitas, serta sikap, yang memengaruhi intensi atau keinginan membeli dari konsumen terhadap produk kosmetik halal Wardah. Lebih lanjut, hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan faktor yang memengaruhi intensi konsumen wanita muslim untuk membeli produk kosmetik halal antara kelompok yang memiliki preferensi celebrity endorser berhijab Dewi Sandra dengan kelompok yang memiliki preferensi celebrity endorser tidak berhijab Raline Shah.

This research tends to analyze some factors that affect the attitude of muslim women towards the intention to buy halal cosmetic products in Indonesia by the case of the Wardah brand that uses celebrity endorser who wears the hijab (Dewi Sandra) and celebrity endorsers who were not wearing hijab (Raline Shah). The approach used in this study is a quantitative approach with a questionnaire method using a single cross-sectional method with a sample of 324 respondents who are Muslim women. This research uses the Partial Least Square Structural Equation Method (PLS- SEM) for the analysis. The result of this research is the finding of significance in both cases (celebrity endorser who wears the hijab, Dewi Sandra, and celebrity endorser who does not wear the hijab, Raline Shah) in all research variables which broadly consist of credibility, knowledge, religiosity, and attitude, all of which affect the intention or desire to buy from consumers towards Wardah halal cosmetic products. Furthermore, the findings of this research also show that there are some different factors that affect the purchase intention of Muslim women to buy halal cosmetic products between the group with the preference of wearing hijab celebrity endorser (Dewi Sandra) and the group with the preference of non-wearing hijab celebrity endorser (Raline Shah)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>