Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Apriyanti
"ABSTRAK
63% sumber informasi daring tersedia di Twitter. Hal ini mendorong tingginya proses berbagi
informasi pada situs jejaring sosial tersebut. Ada pun jenis informasi yang memliki kemungkinan
terbesar untuk dibagikan adalah informasi hiburan. Dalam prosesnya, terdapat beragam faktor
yang mendorong pengguna melakukan kegiatan tersebut. Faktor tersebut dapat dipengaruhi oleh
situasi dan kondisi saat berbagi informasi. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi jenis motivasi yang mendorong kegiatan berbagi informasi hiburan di Twitter.
Selain itu, diperiksa juga apakah terdapat perbedaan motivasi antara laki-laki dengan perempuan.
Sampel dalam penelitian ini adalah para mahasiswa sebagai ketegori pengguna terbesar di media
sosial. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan studi kasus pada
mahasiswa di tiga universitas negeri yang ada di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat tiga besar motivasi yang senantiasa mendorong mahasiswa dalam berbagi informasi
hiburan di Twitter, yaitu untuk pembelajaran, altruisme, dan kesenangan. Sementara, dua motivasi
yang tidak banyak mendorong mahasiswa saat berbagi informasi hiburan adalah hubungan timbalbalik
dan memperoleh keuntungan pribadi. Dalam Aldefer ERG Theory, temuan ini
mengindikasikan bahwa mahasiswa lebih condong untuk memenuhi kebutuhan bagi
perkembangan diri mereka (growth needs). Ada pun proses yang terlihat dalam upaya memenuhi
kebutuhan dalam berbagi informasi hiburan adalah peningkatan kepuasan (satisfactionstrengthening).
Pada pemeriksaan motivasi antara laki-laki dan perempuan ditemukan bahwa tidak
ada perbedaan yang signifikan terhadap faktor pendorong saat berbagi informasi hiburan di
Twitter.

ABSTRACT
A number of 63% information sources are available on Twitter. This encourages the high activities of
information sharing on Twitter. A type of information that has the greatest possibility to be shared is
entertainment information. In the process, there are many factors or motivations that affect users to carry
out these activities. The motivations can be influenced by certain situations and conditions. Therefore, the
purpose of this study is to identify the types of motivation that encourage entertainment information sharing
activities on Twitter. Moreover, this research seeks to examine whether there are motivation differences
between male and female users. The samples of this research are college students as the largest user
category in social media. This research approach is quantitative descriptive with case studies on college
students from three state universities in Jakarta. Research results show that there are three major
motivations that highly encourage students to share entertainment information on Twitter. The motivations
are learning, altruism, and enjoyment. Meanwhile, there are two motivations that do not encourage
students when sharing entertainment information, namely reciprocity and personal gain. In Aldefer ERG
Theory, this finding indicates that students are more inclined to meet their growth needs. The process that
is involved in order to meet the needs of sharing entertainment information is satisfaction-strengthening.
Through the examination of differences in motivation between male and female users, the finding shows
that there are no significant differences in the motivation factors when sharing entertainment information
on Twitter."
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Christa Elizabeth P.
"Musik dinikmati oleh siapa saja, dimana saja. Musik tak hanya didengarkan, tetapi juga diapresiasi melalui program tayangan. Kini, tampak adanya keseragaman konten musik pada program tayangan musik di media konvensional. Padahal, masih banyak aspek menarik lainnya dari musik yang dapat diulas. Riset menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan akan progam tayangan musik serupa magazine show dengan konten yang tidak mainstream.
Manfaat dari program tayangan ini adalah memberikan hiburan yang informatif, sesuai karakteristik program tayangan musik yang diinginkan khalayak. Sementara itu, tujuan program tayangan ini adalah untuk membuka cakrawala khalayak akan musik populer yang berkualitas dan menginspirasi.
Prototype yang dikembangkan adalah sebuah web series musik yang akan tayang di YouTube dan Tumblr. Pada episode pertama ini, diangkat tema mash up dengan format penampilan show choir.

We enjoyed music anywhere and anytime. We don‟t just listen to it, but also aprreciate it by watching music shows from TV, the internet, etc. Unfortunately, there is a uniformity of music content of traditional media.In fact, there are many other interesting aspects of music to be reviewed. Research shows that there is a need for non-mainstream music show, released through an internet based platform.
The benefit of the program is to provide an informative entertainment music show, as desired by the audience. The goal of this program is to broaden the audience‟ insight of high quality and inspiring popular music.
The developing prototype is a music web series which will be released through YouTube and Tumblr. The subject of the first episode is mash up, with a show choir performance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library