Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bugi Riagandhy
"ABSTRAK
Perkembangan perbankan di Indonesia saat ini diwarnai dengan hadimya Bank barn
yang berasal dari penggabungan empat bank kedalam Bank X. Bank X saat ini dalam
pelaksanaan operasional memiliki paradigma barn khususnya menyangkut Visi dan Misi
bank. Pelaksanaan Visi dan Misi ditunjang dengan pengembangan wawasan perbankan.
Bank terns mengalami transformasi, untuk menjadi bank yang dinamis serta siap bersaing
secara global dengan meningkatkan mutu pelayanan perbankan melalui pencapaian kinerja
yang baik dan memuaskan.
Pengembangan usaha diarahkan kepada segmen retail dimana dalam segmen ini
terbuka peluang dalam masyarakat Indonesia. Penelitian terhadap segmen pasar ritail
telah dilaksanakan yang mendapatkan informasi mengenai kebutuhan-kebutuhan konsumen
yang diinginkan. Akhimya mengarahkan kepada bank untuk dapat lebih fokus pada
segmen nasabah individu kalangan menengah-kecil, melalui rangkaian produk yang
spesifik, bersaing dan bernilai tambah. Kualitas pelayanan yang prima mernpakan
penunjang selainjaringan cabang, ATM dan teknologi perbankan.
Dengan ditunjang jaringan cabang yang tersebar di selurnh Indonesia, sumber daya
manusia yang berpengalaman, asset yang besar, pengembangan produk-produk perbankan,
budaya pernsahaan yang barn dan didukung dengan sistim teknologi perbankan, Bank X
saat ini siap bersaing dalam perbankan di Indonesia khususnya dalam sektor retail.
Mencermati perkembangan persaingan perbankan yang semakin ketat, maka fokus
studi pada karya akhir ini adalah menganalisa dan mengusulkan strategi bersaing bagi
Bank X berdasarkan keunggulan, kemampuan dan faktor-faktor yang terdapat pada
perusahaan yang dapat mempengaruhi perkembangan kineija bank dalam meningkatkan
daya saingnya. Dengan demikian bank dapat memfokuskan kegiatan operasionalnya pada
segmen pasar retail, khususnya dalam menghadapi dinamika persaingan industri
perbankan di Indonesia dan mengidentifikasi beberapa strategi bersaing bagi Bank X
dalam rangka meningkatkan daya saingfiya dimasa yang akan datang. Untuk
menggambarkan dinamika persaingan perbankan dipergunakan beberapa bank yang berasal
dari bank pemerintah, swasta nasional dan asing.
Dari hasil penelitian pada karya akhir ini mengambarkan persaingan perbankan di
Indonesia. Persaingan perbankan khususnya pada segmen pasar retail menunjukan
persaingan yang ketat yang terlihat dari strategi yang diterapkan oleh masing-masing bank
berdasarkan sumber daya dan orientasi pengembangan produk perbankan yang dimiliki.
Strategi persaingan perbankan sekarang dikembangkan menjadi strategi persaingan
perbankan dimasa yang akan datang, beberapa bank memanfaatkan jaringan cabang dan
teknologi yang terintegrasi dengan produk-produk perbankan yang bersaing berupa
pengembangan fasilitas dan produk elektronik banking sebagai keunggulan bersaing bank
dalam menghadapi era globalisasi.
Berkenaan dengan semakin ketatnya persaingan perbankan dimasa yang akan
datang terutama dengan masuknya bank-bank asing di Indonesia, Bank X dapat melakukan
pembenahan yang bertujuan untuk mengantisipasi persaingan tersebut. Langkah yang dapat
dilakukan adalah dengan mempercepat proses integrasi cabang-cabang dengan
memanfaatkan teknologi perbankan yang cepat dan efisien dan memberikan layanan berupa
produk-produk perbankan yang inovatif dan kompetitif kepada nasabahlkonsumen
terutama produk e-banking yang akan menjadi trend dimasa yang akan datang.
Penerapan strategi persaingan perbankan yang tepat khususnya dalam segmen pasar
retail akan men ghasilkan pengembangan dan penguasaan pasar yang meningkat, dengan
demikian bagi Bank X untuk dapat memenangkan persaingan dapat menerapkan strategi
bersaing yang fokus pada segmen pasar retail dengan pengembangan produk yang
bersaing, kreatif, bernilai tambah dan diminati pasar yang ditujukan untuk
nasabahlkonsumen, seperti tabungan fiesta, sertifikat deposito yang dapat dibayar dimuka
dan dipindahtangankan, memperluas jaringan ATM dan produk-produk lainnya.
Peningkatan pendapatan perbankan hendaknya dikembangkan dengan meningkatkan feebased
income sebagai sasaran pendapatan non bunga dimasa yang akan datang dan untuk
memperkuat struktur keuangan yang didukung oleh masyarakat dapat dilaksanakan
privatisasi
"
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
T6529
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dennish Widjaya
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate culture dalam pembentukan strategi integrated marketing communication (IMC) serta dampaknya terhadap market performance di industri perbankan Indonesia. Industri perbankan Indonesia menghadapi persaingan yang ketat dan perlu adanya inovasi secara internal dari perusahaan perbankan untuk menjaga relevansi dan daya saing. Penelitian ini mengumpulkan data melalui survei online kepada manager bank di Indonesia dan menggunakan PLS SEM sebagai metode analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate culture berpengaruh positif terhadap implementasi IMC melalui 4 dimensi, Message consistency, Interactivity, Organizational alignment, dan Stakeholder-centered Strategic Focus. Controlling culture memiliki pengaruh positif lebih besar dibandingkan collaborative culture. IMC yang efektif berpengaruh positif pada pertumbuhan market performance melalui 3 dimensi, Sales-Related Performance, Brand advantage, dan Customer satisfaction. Kesimpulannya, integrasi corporate culture yang mendukung dan strategi IMC yang efektif dapat meningkatkan market performance di sektor perbankan Indonesia.

This study aims to analyze the influence of corporate culture on the formation of integrated marketing communication (IMC) strategies and their impact on market performance in the Indonesian banking industry. The Indonesian banking industry faces intense competition and requires internal innovation from banking companies to maintain relevance and competitiveness. This study collected data through an online survey of bank managers in Indonesia and used PLS SEM as the analytical method. The results show that corporate culture has a positive influence on the implementation of IMC through four dimensions: Message consistency, Interactivity, Organizational alignment, and Stakeholder-centered Strategic Focus. Controlling culture has a greater positive influence compared to collaborative culture. Effective IMC positively impacts market performance growth through three dimensions: Sales-Related Performance, Brand advantage, and Customer satisfaction. In conclusion, the integration of supportive corporate culture and effective IMC strategies can improve market performance in the Indonesian banking sector."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manon Djati
"Tesis ini menilai dampak antara komposisi dewan komisaris dan direksi sebagai independen variabel terhadap potensi kerugian terkait risiko kredit di industri perbankan Indonesia. Sampel yang dipakai terdiri dari bank-bank komersial yang beroperasi di Indonesia dengan sumber berasal dari laporan publikasi OJK untuk periode 2010/2017. Dari penelitian ini ditemukan bahwa jumlah dewan komisaris dan direksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap potensi kerugian terkait risiko kredit. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin besar jumlah dewan komisaris dan direksi akan menurunkan risikokredit di bank. Secara keseluruhan, tesis ini berkontribusi untuk melihat penerapan manajemen risiko kredit terkait dengan tata kelola perusahaan di Industri perbankan Indonesia.

This thesis assesses the impact between the composition of the board of commissioners and the board of directors as an independent variable on potential losses related to credit risk in the Indonesian banking industry. The sample used consists of commercial banks operating in Indonesia with sources coming from OJK published reports for the period 2010/2017. From this study it was found that the number of commissioners and directors had a negative and significant effect on potential losses related to credit risk. This finding indicates that the greater the number of the board of commissioners and directors, the lower the credit risk in the bank. Overall, this thesis contributes to looking at the application of credit risk management related to corporate governance in the Indonesian banking industry.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53543
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library