Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
This volume brings together researchers from different disciplines to discuss new approaches for identifying, and reacting to, unexpected events in information-rich environments.
Berlin: [Springer-Verlag, Springer-Verlag], 2012
e20397871
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizqi Pradana
Abstrak :
ABSTRAK
Incongruity ketidaksesuaian adalah salah satu bahan baku lelucon, dan Monty Python rsquo;s Flying Circus MPFC/Sirkus Terbang Monty Python dari Britannia Raya adalah grup komedi ternama yang bertanggung jawab atas beberapa sketsa terabsurd dalam sejarah pertelevisian. Korpus makalah penelitian ini adalah dua sketsa karya MPFC; ldquo;Lumberjack Song Lagu Pemotong Kayu rdquo; dan ldquo;Communist Quiz Kuis Komunis rdquo;. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendalami bermacam incongruity sebagaimana didefinisikan oleh Koestler 1964 yang ditemukan dalam kedua sketsa tersebut, dan bagaimana mereka memengaruhi dan/atau dipengaruhi oleh satu sama lain dalam kedua sketsa tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan analisis tekstual untuk menganalisis komponen linguistik dan literatur yang ditemukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat lima incongruity secara total; satu incongruity yang bersifat menyeluruh dalam ldquo;Lumberjack Song, rdquo; dan empat incongruity yang terpisah dalam ldquo;Communist Quiz. rdquo; Penelitian ini berkesimpulan bahwa walaupun absurditas secara umum dan incongruity memang merupakan alasan mengapa banyak orang menyukai MPFC, unsur satir yang mendasari sketsa-sketsa mereka yang dapat ditemukan dengan melihat bagaimana absurditas dan incongruity tersebut dibuat membuat sketsa-sketsa tersebut lebih pintar daripada yang terlihat.
ABSTRACT
Incongruity is one of the basic ingredients for a joke, and the British comedy troupe, Monty Python rsquo;s Flying Circus MPFC is famous for some of the most incongruous sketches known in the history of television. The corpus of this research paper is MPFC rsquo;s two sketches; ldquo;Lumberjack Song rdquo; and ldquo;Communist Quiz rdquo;. The purpose of this research is to explain and elaborate on the various incongruities as defined by Koestler 1964 found on the aforementioned two sketches, and the way they affect and/or are affected by each other in the sketch. This research is qualitative in nature and uses textual analysis of both linguistic and literary components. Based on the result of analysis, out of the two samples, there are five incongruities in total; one overarching incongruity in the ldquo;Lumberjack Song, rdquo; and four separate ones in the ldquo;Communist Quiz rdquo; sketch. This research concludes that while general absurdities and incongruities might indeed be the reasons why people like MPFC, the underlying satires found by seeing how those absurdities and incongruities are constructed makes it smarter than it presented itself to be.
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Edwin Harianto
Abstrak :
Komedi Jepang mengenal berbagai format komedi lokal, salah satunya adalah manzai. Manzai merupakan bagian dari komedi stand-up, hanya saja manzai ditampilkan oleh dua komedian. Sebagai bagian dari komedi stand-up, manzai memiliki potensi sebagai perwujudan humor absurd. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis humor absurd dalam komedi Jepang melalui studi kasus pertunjukan manzai. Manzai yang menjadi objek analisis adalah dua pertunjukan dari duo manzai Downown dan dua lagi dari duo manzai Milk Boy. Data yang digunakan diubah ke dalam bentuk teks. Hasil penelitian ini menemukan bahwa humor absurd dalam manzai diciptakan melalui kontras antar gagasan yang menimbulkan rasa ketidaksesuaian pada penonton. Rasa ketidaksesuaian tersebut selanjutnya berubah menjadi tawa penonton. Realisasi humor absurd dilakukan melalui penggunaan boke (lelucon) dan tsukkomi (sanggahan) secara efekif
In Japan, there are various local comedy formats, one of which is manzai. Manzai is a part of the stand-up comedy format, however, manzai is performed by two comedians. As a part of stand-up comedy, manzai has potential as an embodiment of absurd humor. This research aims to analyze absurd humor in Japan’s comedy through a case study of manzai. Manzai routines that are chosen for this research consists of two routines by Downtown and two routines by Milk Boy. The chosen data is converted into text. The results of this research find that absurd humor in manzai is conceived through a contrast between concepts which raises incongruity in the audience. Incongruity then raises laughter in the audience. Realization of absurd humor is achieved through the effective use of boke and tsukkomi
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fikri Aulia Ardi
Abstrak :

Humor incongruity resolution (IR) adalah jenis humor yang berfokus pada ketidaksesuaian antara ekspektasi dengan kenyataan. Penelitian quasi experimental ini menggunakan iklan dengan humor IR untuk memprediksi sikap terhadap iklan. Sebanyak 225 partisipan dibagi menjadi dua kelompok (humor IR dan netral), berpartisipasi dalam penelitian daring. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode convenience sampling. Attitude toward the ad scale dan iklan yang dimanipulasi dengan manipulasi humor IR digunakan untuk mengukur sikap terhadap iklan. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test, dan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan sikap terhadap iklan antara partisipan yang diberi iklan dengan humor IR dibandingkan iklan netral. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa humor IR terbukti mampu meningkatkan sikap terhadap iklan.


Humor incongruity resolution (IR) is a humor type that focuses on the discrepancies between expectations and reality. This quasi-experimental research used advertisements with humor IR to predict the attitude towards the ads. A total of 225 participants, divided into two groups (humor IR & neutral), participated in online research. Data were collected using a convenience sampling method. An attitude towards the ads scale and manipulated advertisements were used to measure attitudes toward advertising with IR humor manipulation. Data were analysed using an independent sample t-test, and showed that there was a significant differences on attitudes towards the ads between an advertisement that used humor IR than a neutral ad. It can be concluded that IR humor is able to improve an attitude towards the ads.

Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Gunawan Putra
Abstrak :
ABSTRAK
Dat Is Niet Best adalah cerita lucu berbahasa Belanda yang diunggah oleh sang pencerita dalam laman lsquo;1001korteverhalen.nl rsquo;. Cerita ini ditetapkan dalam posisi tiga teratas cerita lucu. Kelucuan cerita ini terbangun karena keahlian penulis dalam membangun unsur humor pada awal cerita dan penggunaan punchline cerita yang pintar dan tidak terduga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur pembangun humor dalam cerita. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan semantik untuk meneliti cerita ini. Hasil penelitian nantinya ini akan menjelaskan letak penulis membangun humornya dan dengan cara bagaimana penulis membangun humor cerita ini.
ABSTRACT
Dat Is Niet Best is a Dutch humor story that was uploaded by the author into the lsquo 1001korteverhalen.nl rsquo website. These story take place in the third highest position of the funniest story. The aspect of humor was built by the author from the beginning of the story and the clever way of using the punchline that reader didn rsquo t expected. The research goal is to know how the author built the aspect of humor in the story. The method that the researcher used to conduct the research is with the semantic approach. The result of the research soon will explain the place where the author built the aspect of humor in the text and how the writer built the aspect of humor in this story.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ghossan Alqurnain
Abstrak :
Peneleitian ini akan membahas terkait faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku negatif konsumen seperti Negative Past Experience, Symbolic Incongruity, Ideological Incompatibility, dan Rumor pada kebencian masyarakat pada suatu merek atau perusahaan. Hal ini dilakukan karena jurnal-jurnal pemasaran terdahulu menyatakan bahwa perilaku negatif konsumen memiliki peran yang sama pentingnya dengan perilaku positif konsumen. Disisi lain penelitian terkait perilaku negatif masih jarang dilakukan hingga sekarang. Subjek dari penelitian ini adalah Restoran Holywings yang telah terkena kasus cancel culture karena penerapan strategi pemasaran yang dianggap kontroversial. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling pada 371 responden yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara daring. Data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS melalui analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa pengaruh yang signifikan yaitu pengaruh ideological incompatibility terhadap brand hate, pengaruh symbolic incongruity terhadap brandhate. Telah ditemukan variabel negative past experience dan rumor tidak memilik pengaruh yang signifikan terhadap brand hate. ......This research will discuss the factors that influence negative consumer behavior such as Negative Past Experience, Symbolic Incongruity, Ideological Incompatibility, and Rumors on public hatred of a brand or company. This is done because previous marketing journals state that negative consumer behavior has an equally important role as positive consumer behavior. On the other hand, research related to negative behavior is still rarely done until now. The subject of this research is Holywings Restaurant which has been exposed to cancel culture cases due to the implementation of marketing strategies that are considered controversial. A quantitative approach was used in this study with a purposive sampling technique on 371 respondents obtained through distributing questionnaires online. The data obtained was processed using SPSS through descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that there were several significant influences, namely the influence of ideological incompatibility on brand hate, the influence of symbolic incongruity on brand hate. It has been found that the variables negative past experience and rumors do not have a significant influence on brand hate.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Nisrina Ayu Sugiharto
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan penelitian mengenai penggunaan pelanggaran maksim percakapan sebagai strategi dalam menghasilkan humor verbal dalam sketsa komedi Little Britain. Dengan menampilkan parodi dari orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat di Britania, serta mengambil latar belakang sejumlah wilayah di Britania, sketsa komedi ini menghadirkan serangkaian kelucuan lewat komunikasi verbal maupun non verbal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitaif dengan menggunakan gabungan dua teori yakni antara teori linguistik, yakni teori pragmatik maksim percakapan dan implikatur percakapan, serta teori psikologi humor berupa teori keganjilan-resolusi (the incongruity-resolution theory). Tujuan penulisan skripsi ini untuk menunjukkan bahwa dalam humor, khususnya humor verbal, pelanggaran kaidah berbahasa, yakni berupa pelanggaran maksim percakapan, berakibat pada keganjilan yang pada akhirnya dapat menghasilkan efek humor dalam humor verbal. Namun, tidak berarti bahwa keganjilan yang dihasilkan oleh pelanggaran maksim percakapan tersebut membuat humor tersebut tidak memiliki makna, sebaliknya, kita dapat menangkap makna dari keganjilan dalam humor verbal tersebut seraya menikmatinya dengan suka cita. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam kajian humor dengan melihat bagaimana maksim percakapan menjadi strategi dalam menghasilkan humor verbal.
Abstract
This study is conducted to highlight the use of violating conversational maxims as a strategy in generating verbal humor in Little Britain, a British character-based comedy sketch.Through featuring a parody of British people and taking the background of some areas in Britain, this comedy sketch presents humour through both verbal and non-verbal forms of communication. This study used qualitative and quantitative methods using pragmatics theory, namely conversational maxim and implicature, as the main theory and incongruity-resolution theory as the supporting theory. The purpose of this study is to show that the violation of conversational maxims in a verbal interaction could cause an incongruity and thus result in humor effect through verbal interaction. However, it does not mean that the humor itself does not convey any message. The message can be received as well as we enjoy this comedy sketch. This study is expected to be a contribution in seeing how violating the conversational maxim can be a strategy to generate verbal humor.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43609
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jessie Renata Angelique, Author
Abstrak :
ilm bergenre komedi-drama berjudul Ngeri-ngeri Sedap merupakan sebuah film keluarga yang mengangkat isu sosial tentang keluarga. Berlatar belakang masyarakat suku Batak, film ini mencakup tuturan-tuturan antartokoh yang dapat dikupas secara lebih mendalam. Berangkat dari teori prinsip kerja sama yang dicetuskan oleh Grice (1975), tuturan dalam film ini dapat dianalisis lebih lanjut menggunakan teori relevansi Sperber dan Wilson. Selain itu, film ini telah diberi label sebagai film komedi, maka dari segi humor, tuturan pun dapat dianalisis menggunakan teori humor yang dijelaskan oleh Wijana (2004) dan Curcó (1997). Teori-teori tersebut digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian (i) bagaimana bentuk humor yang diciptakan dalam tuturan para pemeran dalam film Ngeri-ngeri Sedap? dan (ii) apa maksud tuturan-tuturan itu berdasarkan teori relevansi dan kaitannya dalam masyarakat? Hasil analisis memperlihatkan bahwa tuturan-tuturan yang terdapat dalam film ini mengandung humor yang berasal dari emosi negatif yang dilepaskan (teori pelepasan ketegangan) dan pematahan asumsi-asumsi penonton setelah mendengar tuturan dari tokoh (teori ketidaksejajaran). Selain itu, dalam konteks sosial, tuturan-tuturan tokoh mengandung kritik sosial yang dirasakan oleh penonton sebagai bagian dari masyarakat ketika penonton dapat menangkap dan merasakan tuturan-tuturan dalam film ini berdasarkan kemampuan kognitifnya. ......Ngeri-ngeri Sedap is a comedy-drama movie that raises family issues. Based on Batak ethnicity and cultural custom, the utterances displayed in this movie can be explored in more depth. Relying upon the cooperative principle theory proposed by Grice in 1975, the utterances can be further analyzed using Sperber and Wilson's relevance theory. As a comedy movie, the utterances in Ngeri-ngeri Sedap will also be interpreted from the humor perspective using the theory of humor from Wijana (2004) and Curcó (1997). Thus, these theories are used to answer two research questions: (i) how is the humor created from the utterances in Ngeri-ngeri Sedap? and (ii) what is the meaning of the utterances based on the relevance theory and its relation to society? This research shows that the utterances in this movie contain humor from the released negative emotions (relief theory) and the breaking of the audience's assumptions right after hearing the characters' utterances (incongruity theory). Furthermore, in a social context, the characters' speeches contain social criticism that the audience relates as a part of society when the utterances are perceived by their cognitive ability.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library