Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Utami Budi Rahayu Hariyadi
Abstrak :
Katalog perpustakaan mencerminkan keadaan koleksi bahan pustaka yang dikelola oleh perpustakaan tersebut. Katalog perpustakaan merupakan wakil bahan pustaka, karena pada katalog tertuang ciri-ciri fisik dan intelektual bahan pustaka sehingga dengan bantuan katalog, pemakai perpustakaan diharapkan dapat menemukan sumber informasi atau bahan pustaka yang dibutuhkan di antara jajaran koleksi perpustakaan yang berjumlah ratusan, ribuan atau lebih, dengan cepat dan mudah. Katalog perpustakaan yang dikelola dengan baik berda_sarkan peraturan pengkatalogan yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan serta dianut secara taat asas, memungkinkan pemakai perpustakaan menemukan informasi yang dibutuhkannya melalui berbagai cara pendekatan. Cara pendekatan yang bisa dilakukan adalah melalui : judul, nama pengarang, atau subyek. Berbagai kemungkinan pendekatan ini menandakan bahwa fungsi utama perpustakaan, yaitu menyajikan dan memberikan pelayanan informasi seluas-luasnya kepada sebanyak-banyaknya pemakai, dapat tercapai.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15671
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monalisa Septiana
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang pengolahan koleksi skripsi, tesis dan disertasi yang dilakukan oleh pustakawan di Perpustakaan Universitas Indonesia. Tujuan penelitian yaitu menggambarkan kegiatan pengolahan koleksi skripsi, tesis dan disertasi di Perpustakaan Universitas Indonesia, serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami pustakawan dalam mengolah koleksi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pengolahan skripsi, tesis dan disertasi di Perpustakaan Universitas Indonesia terdiri dari tahap penerimaan, tahap inventarisasi, tahap katalogisasi deskriptif, tahap katalogisasi subjek, kegiatan pasca katalogisasi serta kegiatan shelving koleksi. Kurangnya SDM dalam melakukan pengolahan secara umum maupun dalam pemeriksaan koleksi yang telah diolah, menyebabkan koleksi menumpuk. Kendala yang ditemui dalam pengolahan koleksi ini yaitu jaringan terganggu atau bad getaway; sulitnya penentuan subjek pada bidang ilmu tertentu; pengetikan dengan simbol, rumus atau bahasa khusus.
This research is about the processing of undergraduate theses, graduate theses and dissertation collections at the University of Indonesia Library. The objectives of this research are to describe the processing of undergraduate theses, graduate theses and dissertation collections, and to identify obstacles in processing the collection. This research used a case study with a qualitative approach. The results of this research show that processing of undergraduate theses, graduate theses and dissertation collections in the University of Indonesia Library consists of steps of activities such as: aqcuisition, inventory, descriptive cataloging, subject cataloging, post cataloging and shelving. The limited number of library staff to do the processing and collection checking made the unprocessed collection accumulated. Then, the obstacles encountered in the processing of this collection are interrupted network or bad getaway; the difficulty of determining a particular subject in the field of science; typing with symbols, formulas or special language.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risky Firlanda Putra
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang pengelolaan rekod elektronik di KPP Pratama Jakarta Cakung Dua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berbagai macam masalah dan tantangan yang muncul dalam pengelolaan rekod eletronik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pengelolaan rekod elektronik telah sesuai dengan pengelolaan rekod elektronik yang dijabarkan oleh Azad Adam dalam Implementing electronic document and record management systems (2007). dan Guidelines and Functional Requirement for Electronic Records Management Systems oleh International Council on Archives (2008). Pengelolaan rekod elektronik telah memenuhi kebutuhan organisasi KPP Pratama Jakarta Cakung Dua walaupun ada hal-hal yang masih membutuhkan penyempurnaan. Peneliti menyarankan perlu adanya pemecahan masalah validasi dan kecepatan di dalam SIDJP.
This research discusses about electronic records management in KPP Pratama Jakarta Cakung Dua. The purpose to find out the problems and challenges of electronic records management. This research uses a case study with a qualitative approach, while data collection method by interview and observation. The results show the process of electronic records management accordance with the electronic records management defined by Azad Adam in Implementing electronic document and record management systems (2007) and Guidelines and Functional Requirement for Electronic Records Management Systems by International Council on Archives (2008). Electronic Records Management in KPP Pratama Jakarta Cakung dua have appropriate with the organization's necessary although there are things that still need improvement. The author suggests there needs to be validation and speed troubleshooting in SIDJP.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53066
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Norman Bernaldi
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai penyebaran informasi bimbingan masyarakat (binmas) yang dilakukan oleh Unit Kerja Satuan Bimbingan Masyarakat (Satbinmas) Polres Gianyar kepada masyarakat Gianyar Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan proses serta kendala penyebaran informasi Bimbingan Masyarakat Polres Gianyar kepada masyarakat Gianyar yang diaplikasikan dalam bentuk kegiatan sambang, tatap muka dan bimbingan penyuluhan. Penelitian ini juga menemukan peran tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam proses penyebaran informasi binmas. Menghasilkan saran tidak hanya untuk Polres Gianyar saja dalam menyebarkan informasi tetapi juga termasuk juga lembaga penyedia informasi seperti Perpustakaan Daerah.
This thesis discusses the information dissemination of bimbingan masyarakat (binmas) that committed by Unit Satuan Bimbingan Masyarakat (Satbinmas) Polres Gianyar to Gianyar community, Bali. This is a qualitative research with case study approach. Goals of this research is to describe the process and obstacles information dissemination of bimbingan masyarakat Polres Gianyar to Gianyar community that applied in the form sambang, face to face, and guidance counseling. This study also found the role of religious leaders, traditional leaders and community leaders in the process of information disseminating of binmas. Generate suggestions not only for Gianyar Police to disseminating information but also including information providers such as the regional library.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46665
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yani Soraya
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang kegiatan pengembangan koleksi buku tercetak di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta serta penerapannya mulai dari analisis kebutuhan pemustaka, seleksi koleksi, pengadaan, penyiangan, evaluasi dan pemeliharaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah bahwa perpustakaan UNJ belum memiliki kebijakan secara tertulis untuk kegiatan pengembangan koleksi. Saran penelitian ini adalah perpustakaan UNJ perlu membuat kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis agar dapat membantu mengatur proses pengembangan koleksi. Kebijakan ini memerlukan kerjasama antara perpustakaan UNJ dengan pihak universitas dan fakultas sehingga pelaksanaan kegiatan pengembangan koleksi dapat dilakukan secara maksimal.
The focus of this study is collection development in The Jakarta State University Library and its implementations, from community analysis, selection, acquisition, weeding, evaluation and preservation. This research used qualitative approach with a case study methods. The results of this research revealed that Jakarta State University Library does not have a written collection development policy which makes the collection development. It is suggested that The Jakarta State University Library should have a written collection development policy for collection development process. This policy requires cooperation between The Jakarta State University Library with university administrator and faculty members so that the implementation of collection development activities can be done properly.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Drestha Birawa
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Strata Satu (S1) Angkatan 2009 Program Studi Ilmu Psikologi Universitas Indonesia dalam persiapan penulisan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara apa saja yang digunakan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasinya, sumber apa saja yang digunakan, serta manfaat informasi yang diperoleh bagi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Psikologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memenuhi kebutuhan informasinya, mahasiswa tersebut menggunakan internet dan mengakses jurnal online serta datang ke perpustakaan. Informasi tersebut dapat diperoleh sumber laporan penelitian dan buku teks. Manfaat dari informasi yang diperoleh digunakan mahasiswa untuk membuat laporan penelitian, menyelesaikan tugas, dan untuk menambah wawasan.
This research is discussing about fullfillment information needs for undergraduate student of Class 2009 Psychology Science Programs University of Indonesia in preparation of writing a thesis. This research aims to determine how students are to be used in meeting their information needs, sources that are to be used, as well as the benefits of information that obtained by students. The Respondents in this research were the undergraduate students of Psychology Science Programs. The results of this research indicate that in meeting their information needs, the students use the internet, access the online journal and come to library. Such information can be obtained from research reports and textbooks. The benefit from the information that obtained is used by student to create research report, completing assignment, and to add insight.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S54609
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depi Prawiro
Abstrak :
Skripsi ini adalah tentang Uji Coba Penerapan SIKD Versi 1.8 di Unit Kearsipan Kantor Pusat Pegadaian. Hal-hal yang dibahas adalah perancangan sistem dan penerapan aplikasi SIKD Versi 1.8 untuk menggantikan sistem kearsipan manual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas penggunaan aplikasi SIKD Versi 1.8 di Bidang kearsipan Kantor Pusat Pegadaian, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi SIKD Versi 1.8. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi SIKD Versi 1.8 dapat menggantikan sistem kearsipan manual karena memenuhi kebutuhan aktivitas bisnis dari setiap unit kerja Kantor Pusat Pegadaian, berdasarkan kebijakan yang ditetapkan oleh Kantor Pusat Pegadaian sehingga sistem kearsipan Kantor Pusat Pegadaian dapat terlaksana dengan lebih efisien dan lebih sistematis.
This thesis is about Testing the implementation of SIKD Version 1.8 in the Archival Unit at the Head office of Pegadaian. The things discussed is the systems design and implementation of aplication SIKD Version 1.8 for replace the manual archival systems. The purpose of this study was to identify the effective use of applications the SIKD Version 1.8 in the Archival Unit at the Head office of Pegadaian, and to know the advantages and disadvantages of the applications SIKD Version 1.8. The results showed of the aplications SIKD Version 1.8 can replace the manual archival systems because it meets the needs of the business activities from each unit of work at the head office of Pegadaian, based on policies established by the head office of Pegadaian so that the archival system at the head office of Pegadaian can be implemented more efficiently and more systematically.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46039
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Annisa
Abstrak :
Skripsi ini membahas tingkat kecemasan mahasiswa BIPA di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian berjenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden sebanyak 10 orang mahasiswa BIPA 3 yang sedang menulis tugas akhir esai ilmiah. Survei dilakukan menggunakan Library Anxiety Scale (LAS) yang dimodifikasi menyesuaikan kondisi responden dan lokasi penelitian. Hasil menunjukkan bahwa tingkat kecemasan mahasiswa BIPA 3 di Perpustakaan UI sebesar 2,32 atau kecemasan rendah dengan standar deviasi 2,32±0,26780056 (ketersebaran sudah representatif). Secara subskala, kecemasan yang paling tinggi adalah pada Mechanical Barriers sebesar 2,70 atau kecemasan sedang dan terendah pada Knowledge of The Library dan Language and Cultural Barriers sebesar 2,10 atau kecemasan rendah. Secara indikator, kecemasan terbesar disebabkan minimnya pengetahuan responden mengenai sumber tersedia(skor=2,8), sedangkan yang terendah pada kenyamanan di Perpustakaan UI dan kemampuan bertanya pada pustakawan dalam bahasa Indonesia (skor=2,0).
This research discusses library anxiety level of BIPA students in Universitas Indonesia Library. This is a descriptive research using quantitative approach. The respondents are 10 students of BIPA 3 who are writing scientific essay as their final project. The survey used Library Anxiety Scale that was modified to adjust with the condition of respondents and research location. The result shows that library anxiety level of BIPA 3 students in UI Library is 2,32 or low anxiety with deviation standard 2,32±0,26780056 (distribution of data is representative). The highest library anxiety subscale is Mechanical Barriers as 2,70 or moderate anxiety and the lowest are Knowledge of The Library and Language and Cultural Barriers as 2,10 or low anxiety. From indicator, the highest library anxiety is caused by lack of knowledge about available resources in library (score=2,8) and the lowest are comfortable feeling in UI library and ability to ask to librarian in Bahasa Indonesia (score=2,0).
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57994
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri Ayu Lestari
Abstrak :
Penelitian ini mengenai keterampilan berkomunikasi staf layanan perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor yang meliputi keterampilan berkomunikasi lisan, berkomunikasi tertulis, berkomunikasi audio visual, berkomunikasi terkomputerisasi, berkomunikasi bahasa asing, berkomunikasi interpersonal, dan berkomunikasi institusional yang mengacu pada Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini adalah staf layanan perpustakaan dan pengguna perpustakaan sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan selama tiga bulan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2015. Berdasarkan penelitian dihasilkan kesimpulan bahwa keterampilan berkomunikasi staf layanan berada pada level 2 : pengetahuan praktek atau teknik yaitu mampu menerapkan keterampilan dasar berkomunikasi, dapat mengerjakan tugas khusus dan berulang, dapat bekerjasama dengan pakar subjek, dan dapat memberikan instruksi praktis.
This research is about communication skills of library services staff at Public Library in Bogor Regency which include verbal communication, written communication, audio-visual communication, computerized communication, foreign language communication, interpersonal communication, and institutional communication that refer to Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1).This is a qualitative research. The key informants of this research are the library service staff and supported by the users of library as an additional informants. Data collection is done through interviews and observations which is conducted for approximately three months from August 19 to October 31, 2015. The results of the research concludes that the communication skills of the library service staff are at level 2 : knowledge of practice or techniques which means they are able to use basic communication skills, they can work on specific tasks and repetitive, they can collaborate with subject experts, and they can provide practical instruction.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pantry, Sheila
London: Facet Publishing, 2003
023 PAN y
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>