Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adeline Iskandar
"Mindreading merupakan kemampuan sosio-kognitif untuk mengetahui pikiran dan perilaku dari orang lain (Wellman, 2014). Di Indonesia, belum terdapat studi yang menyelidiki hubungan antara prejudice dan identifikasi sosial dengan ketepatan dan kecepatan mindreading di populasi remaja. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk mencari hubungan antara prejudice dan identifikasi sosial dengan ketepatan dan kecepatan mindreading pada populasi remaja dan konteks Indonesia. Studi utama dilakukan secara online pada 198 remaja akhir dengan metode ekspreimental. Ketepatan dan kecepatan mindreading diukur melalui Strange Stories Task (SST) yang diadaptasi dalam budaya suku-suku di Indonesia. Prejudice diukur melalui Classical Prejudice Scale. Identifikasi Sosial diukur dengan a Single Item for Social Identification. Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok secara acak dan mendapatkan yang adaptasi SST berbeda-beda. Kelompok Target mendapat suku Papua, Kontrol I mendapat suku Jawa, dan Kontrol II mendapat berbagai macam suku. Hasil analisis Mixed-Methods ANOVA dan korelasi Pearson menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara prejudice dengan ketepatan dan kecepatan mindreading. Hasil analisis korelasi Pearson identifikasi sosial juga tidak ditemukan hubungannya dengan ketepatan dan kecepatan mindreading.

Mindreading is a social cognitive ability to understand the minds and behavior of others (Wellman, 2014). In Indonesia, the relationship has not been studied, especially in the adolescent. The relationship between social identification and mindreading also has not been studied. This study intends to search for the relationship between prejudice dan social identification with mindreading in adolescents. The main study was conducted online on 198 adolescents with the experimental method. Mindreading’s accuracy and speed were measured by Strange Stories Task (SST) which has been adapted to several cultural backgrounds in Indonesia. Participants were divided randomly into three groups. Target group was given SST which had adapted to Papua background, Control I was given Java background, and Control II was given many ethnic’s backgrounds. Prejudice was measured by Classical Prejudice Scale. Social Identification was measured by a Single Item of Social Identification.The results of Mixed Methods ANOVA and Pearson correlation show there is no significant relationship between prejudice and mindreading in adolescents. The results of Pearson correlation analysis also show that social identification is not related to mindreading."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fina Febriani
"Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antara identifikasi sosial dan perilaku memaafkan dalam konteks hubungan antarkelompok agama sekaligus melihat kemungkinan adanya bias antarkelompok (intergroup bias) pada perilaku memaafkan. Pengukuran identifikasi sosial menggunakan alat ukur Leach dkk. (2008) dan pengukuran perilaku memaafkan menggunakan alat ukur Rye dkk. (2001). Penelitian ini dilakukan pada 90 partisipan Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kontribusi identifikasi sosial pada perilaku memaafkan terhadap Muslim dan perilaku memaafkan terhadap non-Muslim.

This study is conducted to find the correlation between social identification and forgiveness in intergroup relationship context and to see the possibility of intergroup bias in intergroup forgiveness. Social identification is measured using the instrument constructed by Leach et al. (2008) and forgiveness is measured using the modification instrument constructed by Rye et al. (2001). The participants of this study are 90 Muslims. The results show that in general, there is no difference between contribution of social identification to forgiveness toward Muslim and forgiveness toward non-Muslims."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Heny Setiawati
"ABSTRAK
Penelitian ini berusaha melihat hubungan tingkat identifikasi sosial dan identity fusion dengan kesediaan berkorban demi kelompok pada anggota SALAM UI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi. Pengambilan sampel menggunakan metode Occidental sampling sebanyak 119 responden. Data yang terkumpul dianalisa dengan rumus korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat identifikasi sosial dengan kesediaan berkorban demi kelompok dan identity fusion dengan kesediaan berkorban demi kelompok pada anggota SALAM UI. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa identifikasi sosial lebih memiliki hubungan dengan kesediaan berkorban demi kelompok dibandingkan dengan identity fusion pada anggota SALAM UI.

ABSTRACT
The focus of this study discusses the relationship between social Identification and identity fusion with willingness to sacrifice on behalf of the group. Study have conducted at SALAM UI group members. Measurement of this quantitative study has used multiple correlations. Sampling has used in the study was accidental sampling to 119 respondents. Result of the study show that statistically there are a positive and significant correlation between social Identification and identity fusion with willingness to fight on behalf of the group. The result also show that there is a more significant correlation between social Identification with willingness to sacrifice on behalf of the group than identity fusion with willingness to sacrifice on behalf of the group."
2010
S3629
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Naufalul Umam
"ABSTRAK
Beberapa penelitian terkini mengungkap bahwa konsumsi fakta bertema konspirasi didorong oleh motivasi untuk melindungi identitas sosial diri dalam situasi terancam. Terkait dengan makin populernya pandangan konservatif di Indonesia, sebuah penelitian mengenai teori konspirasi mengindikasikan kesalingterkaitan antara identifikasi sosial dan persepsi keterancaman dalam memprediksi kepercayaan teori konspirasi. Di sisi lain, kepercayaan terhadap teori konspirasi ditemukan terkait erat dengan kebutuhan kepastian jawaban, namun hubungan keduanya belum ditelaah secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara need for cognitive closure NFC dengan kepercayaan konspirasi lebih jauh dengan melihat bagaimana identifikasi sosial dan persepsi keterancaman berperan dalam hubungan tersebut. Sebuah studi observasional pada 399 Muslim di Indonesia menunjukkan tidak ada hubungan langsung antara need for cognitive closure dengan kepercayaan konspirasi. Namun dalam persepsi keterancaman tinggi, individu dengan tingkat NFC rendah lebih memercayai konspirasi, dan dalam identifikasi sosial rendah, individu dengan tingkat NFC tinggi cenderung lebih memercayai konspirasi. Hasil penelitian ini menegaskan kepercayaan konspirasi sebagai upaya pemaknaan realitas melalui pemikiran terbuka, bukan sekadar simplifikasi melalui kategori-kategori sederhana.

ABSTRACT
Series of investigations on conspiracy beliefs showed that the consumption of conspiracy themed facts was driven by social identity protection under threatening condition. Regarding the recent surge of conservatives in Indonesia, research on Indonesians resulted in an intertwined contribution of social identification and perceived threat in predicting conspiracy beliefs. However, despite the notion of conspiracy beliefs as a simplified understanding of reality, the relationship between desire for definite answer and conspiracy beliefs was inconsistent and largely undiscovered. This research aims to examine the relationship between need for cognitive closure NFC and belief in conspiracy theories further through social identification and perceived threat as situational factors. An observational study was conducted to 399 Indonesian Muslim. The result showed no direct relationship between NFC and generic conspiracist belief, but on participants with high perceived threat, people with low NFC tend to belief more in conspiracy theories than those who scored high in NFC. Moreover, on participants with low social identification toward Islam, people with high NFC tend to believe more in conspiracy theories. The result strengthen the notion that conspiracy theories is a manifestation of understanding reality through open mind, rather than mere simplification of reality through easily accessible categories."
2017
T48147
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raffi Fairuza Tertiano
"Korean Wave (Hallyu) yang memasuki Indonesia menyebabkan banyak perusahaan di Indonesia yang bekerjasama dengan grup idola K-POP untuk memasarkan produk perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji bagaimana interaksi antar penggemar dapat mempengaruhi keinginan pembelian dari penggemar tersebut terhadap produk yang di endorse oleh selebriti yang disukainya. Pertama-tama, peneliti mengidentifikasi 2 macam identifikasi sosial yang dimiliki oleh para penggemar NCT atau yang biasa disebut oleh NCTzen. Kedua macam identifikasi sosial tersebut adalah Customer-to-customer identification (CCI) dan Customer-to-community identification (CMI). Kemudian, peneliti mengidentifikasi 2 aspek customer engagement menjadi Attitudinal dan Behavioral. Selain itu, peneliti juga mengidentifikasi 2 aspek dari Attitude, yakni Attitude towards Brand & Attitude towards Celebrity. Terakhir, peneliti menguji hubungan antara Social Identification - Customer Engagement - Purchase Intention dan juga Attitude - Purchase Intention pada produk Lemonilo yang mengendorse artis K-Pop NCT Dream. Peneliti juga melakukan pengukuran moderasi multigroup untuk mengetahui apakah ada efek moderasi pada durasi lamanya bergabung kedalam fandom NCTzen. Survei dilakukan kepada 1016 responden yang merupakan NCTzen berumur 18 tahun keatas yang mengetahui kampanye Lemonilo x NCT Dream, disebar melalui media sosial Instagram dan Twitter, dan dianalisis menggunakan SEM dengan software Lisrel mengungkapkan bahwa Customer-to-customer identification mempengaruhi Customer-to-community identification dan Customer Attitudinal Engagement. Sedangkan Customer-to-community identification mempengaruhi semua aspek Attitudinal dan Behavioral dari Customer Engagement. Dalam mempengaruhi Purchase Intention, hanya variabel Attitude toward Brand yang tidak mempengaruhi secara signifikan. Fandom Duration juga tidak memiliki efek moderasi pada penelitian ini.

The Korean Wave (Hallyu) that entered Indonesia caused many companies in Indonesia to cooperate with K-POP idol groups to market the company's products. In this study, the researcher examines how the interaction between fans can affect the purchase intention of the fan for the product endorsed by the celebrity they like. First of all, the researcher identified 2 kinds of social identification that NCTzen (NCT fans) have. The two types of social identification are Customer-to-customer identification (CCI) and Customer-to-community identification (CMI). Then, the researcher identified 2 aspects of customer engagement into Attitudinal and Behavioral. In addition, the researcher also identified 2 aspects of Attitude; Attitude towards Brand & Attitude towards Celebrity. Finally, the researcher tested the relationship between Social Identification - Customer Engagement - Purchase Intention, and also Attitude - Purchase Intention on Lemonilo products that have been endorsed by a K-Pop artist, NCT Dream. Researchers also measured multigroup moderation to determine whether there was a moderating effect on the duration of joining the NCTzen fandom. The survey was conducted on 1016 respondents who are NCTzens aged 18 years and over who are aware of the Lemonilo x NCT Dream campaign, distributed through social media Instagram and Twitter, and analyzed using SEM reveals that Customer-to-customer identification affects Customer-to-community identification and Customer Attitudinal Engagement. Meanwhile, Customer-to-community identification affects all Attitudinal and Behavioral aspects of Customer Engagement. Attitude toward Celebrity significantly influences Purchase Intention while Attitude toward Brand does not. Fandom Duration also had no moderating effect on this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Maulidina Devaniputeri
"Social media is continuously being one of the main sources of communication and information. With this, there is an increasing rise in social influencers, which leads to the existence of social influencer marketing as a channel to advertise products and for brands to promote their products. The goal of this research is to analyze what are the motivations to follow Indonesian beauty influencers and if social identification with the beauty influencer influences their advertisement clicking and buying behavior towards beauty products. Moreover, this research investigates the generational cohort of generation Z and Y. Purposive sampling with online survey technique was done and 384 respondents were collected and analyzed using Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM). Data was processed through SmartPLS 3.3.9 software. The findings suggest motivations that include Information Seeking, Cool and New Trend, Companionship, and Relaxing Entertainment positively affect social identification with beauty influencers. Social Identification with beauty influencers positively affects Advertisement Clicking and Buying Behavior, also in both generation Z and Y. Information Sharing and Information Seeking does not affect social identification with beauty influencers in generation Z. Cool and New Trend does not affect social identification with beauty influencers in generation Y. This research can provide managerial impact to beauty brand marketers that utilize influencers as a marketing strategy.

Media sosial terus menjadi salah satu sumber utama komunikasi dan informasi. Dengan ini, terjadi peningkatan influencer sosial, yang mengarah pada keberadaan pemasaran influencer sosial sebagai saluran untuk mengiklankan produk dan merek untuk mempromosikan produk mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apa motivasi mengikuti beauty influencer Indonesia dan apakah identifikasi sosial dengan beauty influencer mempengaruhi Advertisement Clicking dan Buying Behavior mereka terhadap produk kecantikan. Selain itu, penelitian ini menyelidiki kohort generasi dari generasi Z dan Y. Purposive sampling dengan teknik survei online dilakukan dan 384 responden dikumpulkan dan dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM). Data diolah melalui software SmartPLS 3.3.9. Temuan menunjukkan motivasi yang mencakup Information Seeking, Cool and New Trend, Companionship, dan Relaxing Entertainment secara positif memengaruhi identifikasi sosial dengan influencer kecantikan. Identifikasi Sosial dengan beauty influencer berpengaruh positif terhadap Advertisement Clicking dan Buying Behavior, juga pada generasi Z dan Y. Information Sharing dan Information Seeking tidak mempengaruhi identifikasi sosial dengan beauty influencer pada generasi Z. Cool and New Trend tidak mempengaruhi identifikasi sosial dengan beauty influencer pada generasi Y. Penelitian ini dapat memberikan dampak manajerial bagi pemasar merek kecantikan yang memanfaatkan influencer sebagai strategi pemasaran."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Irwina Savitri
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh batasan antarkelompok dan identitas target terhadap perilaku menolong antarkelompok agama. Partisipan dalam penelitian ini adalah 74 orang mahasiswa yang beragama Islam di Universitas Indonesia. Terdapat dua manipulasi kondisi batasan antarkelompok, yaitu kentara dan semu. Perilaku menolong diukur melalui skala perilaku menolong berorientasi kemandirian dan ketergantungan yang akan diberikan kepada target yang berasal dari ingroup (sesama orang Islam) atau outgroup (orang Kristen) dalam empat ilustrasi kasus. Hasil dari pengujian MANOVA menunjukkan tidak ada pengaruh batasan antarkelompok dan identitas target terhadap perilaku menolong.

This study aims to see how the influence of group boundaries and group identity on helping behavior between religious groups. Participants in this study were 74 Muslim students at a university in University of Indonesia. Researchers provide treatment to manipulate the boundaries between groups in two conditions (salient versus not salient). Helping behavior was measured through helping behavior -oriented scale (autonomous and dependency-oriented helping) will be given to targets derived from the ingroup (fellow Muslims) or outgroup (Christians) in the four illustrative cases . The statistical test by MANOVA showed no effect of group boundaries and target‟s identity on helping behavior.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56444
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rininta Karisa Putri
"Lingkungan bisnis yang berubah sangat cepat dalam beberapa dekade ini menuntut semua perusahaan untuk menyesuaikan strategi bisnisnya. Dalam memasuki era digital 4.0 serta terjadinya wabah pandemic COVID-19, maka semua perusahaan harus melakukan kajian ulang strategi pemasarannya dan harus memikirkan cara untuk menarik dan mempertahankan pelanggannya di tengah persaingan bisnis yang ketat. Untuk mencapai hal ini, setiap perusahaan harus mengimplementasikan kegiatan social media marketing yang menarik. Jika sebuah perusahaan, terutama perusahan multi-level marketing (MLM) berhasil memuaskan dan melebihi harapan sosial pelanggan, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan hasil yang sangat baik dalam jangka panjang, seperti peningkatan angka penjualan, mendapatkan pelanggan yang berpartisipasi dan melanjutkan penggunaan social media serta pertambahan jumlah anggota yang bergabung dengan bisnis MLM.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang bagaimana kegiatan social media marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan JF melalui identifikasi sosial dan nilai yang dirasakan pelanggan. Untuk mendukung penelitian ini, kuesioner akan dibagikan kepada 200 pelanggan yang juga merupakan konsultan JF Indonesia yang berada di Indonesia. Kuesioner terdiri pertanyaan tertutup dengan tipe pertanyaan skala Likert 5. Software SEM-PLS akan digunakan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas data.

Dari hasil penelitian ini, diduga terdapat hubungan positif dan signifikan antara kegiatan sosial media marketing dan kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh identifikasi sosial dan nilai yang dirasakan pelanggan. Maka dari itu, kepuasan pelanggan JF sangat dipengaruhi oleh kegiatan sosial media marketing yang baik dan dapat mempengaruhi intensi pelanggan untuk membeli, melanjutkan, berpartisipasi dan bergabung menjadi anggota bisnis MLM.


The business environment has changed rapidly in recent decades, requiring all companies to adjust their business strategies. In entering the digital era 4.0 and the occurrence of the COVID-19 outbreak, all companies must review their marketing strategies and think of ways to engage and maintain its customers amidst the emerging business competition. To achieve this, a company should make sure that they implement an interesting social media marketing especially during the COVID-19 pandemic period. If a company, more specifically a multi-level marketing (MLM) company succeed to satisfy, earn customers' perceived value and exceeds their social expectations, eventually the company will get better outcomes in the long run, such as increasing number of sales, getting customers to participate and continue using the social media, as well as gaining more members to join the MLM business.

The purpose of this study is to provide a clear understanding of how social media marketing activities influence JF customer satisfaction through social identification and perceived value. To support this study, a questionnaire will be distributed to 200 customers who are also consultants of JF in Indonesia. The questionnaire consists of close-ended questions with Likert scale 5 type of questions. SEM-PLS Software will be used to analyze this study.

The results may show that there is a positive and significant relation between social media marketing activities and customer satisfaction, which is mediated by social identification and perceived value. Given that, JF customer satisfaction is highly impacted by the excellent social media marketing activities that influences the customer’s intention to purchase, continue, participate and join the MLM business.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library