Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meliana Hana Fatasya
"iCloud adalah salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud terbesar di Indonesia yang didirikan oleh perusahaan Apple untuk para penggunanya. Layanan penyedia cloud storage melihat adanya permasalahan yang meresahkan pengguna digital, seperti penyimpanan lokal, tidak bisa akses, inkonsistensi data di setiap perangkat pengguna, dan masalah backup data sehingga perusahaan Apple menawarkan keunggulan aksesibilitas, easy-recovery, easy-backup, dan proteksi privasi dengan menghadirkan iCloud. Salah satu aspek bisnis yang dikembangkan layanan iCloud yaitu menyediakan gratis kapasitas penyimpanan, namun terbatas 5 GB. Suatu kecenderungan terjadi ketika terdapat kalangan pengguna iCloud rela membeli kapasitas tambahan berbayar. Untuk mencari tahu faktor-faktor yang dapat memengaruhi kesediaan pengguna untuk membeli premium subscription dari iCloud+, penelitian ini menggunakan teori Perceived Value Theory (PVT) dan teori Willingness To Pay (WTP). Analisis kuantitatif menggunakan metode partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) dengan jumlah 277 responden valid dari penyebaran kuesioner daring. Analisis kualitatif menggunakan metode content analysis dengan mewawancara 7 narasumber. Penelitian ini berhasil membuktikan pengaruh langsung perceived usefulness, perceived service quality, dan perceived fee serta pengaruh tidak langsung perceived privacy dan perceived security terhadap perceived value. Kemudian, faktor perceived value juga terbukti memengaruhi willingness to pay. Hasil temuan ini diharapkan dapat memperluas topik penelitian bidang cloud storage premium di Indonesia dan memberikan wawasan baru bagi penyedia layanan iCloud+ maupun lainnya untuk mengembangkan strategi layanan guna meningkatkan kesediaan pengguna membeli cloud storage premium subscription.

iCloud is one of the largest cloud-based storage services in Indonesia, established by Apple for its users. Cloud storage providers observed several issues that concerned digital users, such as local storage limitations, lack of accessibility, data inconsistency across user devices, and data backup problems. In response to these challenges, Apple introduced iCloud, offering advantages in terms of accessibility, easy recovery, easy backup, and privacy protection. One of the business aspects developed by iCloud is the provision of free storage capacity, but limited to 5 GB. A tendency arises when certain iCloud users are willing to purchase additional storage capacity. To explore the factors influencing users' willingness to buy the premium subscription of iCloud+, this study employs the Perceived Value Theory (PVT) and Willingness To Pay (WTP) theory. It utilizes quantitative analysis through the partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) method, with 277 valid respondents obtained through online questionnaire distribution. Additionally, qualitative analysis is conducted using content analysis by interviewing 7 informants. The research successfully establishes the direct influence of perceived usefulness, perceived service quality, and perceived fee as well as the indirect influence of perceived privacy and perceived security on perceived value. Furthermore, the study confirms that perceived value significantly influences willingness to pay. The findings are expected to broaden research topics in the premium cloud storage sector in Indonesia and provide new valuable insights for iCloud+ and other service providers to develop service strategies to increase users' willingness to pay cloud storage premium subscriptions."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Az-Zahra Syamsa Rahmita Putri
"iCloud adalah salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud terbesar di Indonesia yang didirikan oleh perusahaan Apple untuk para penggunanya. Layanan penyedia cloud storage melihat adanya permasalahan yang meresahkan pengguna digital, seperti penyimpanan lokal, tidak bisa akses, inkonsistensi data di setiap perangkat pengguna, dan masalah backup data sehingga perusahaan Apple menawarkan keunggulan aksesibilitas, easy-recovery, easy-backup, dan proteksi privasi dengan menghadirkan iCloud. Salah satu aspek bisnis yang dikembangkan layanan iCloud yaitu menyediakan gratis kapasitas penyimpanan, namun terbatas 5 GB. Suatu kecenderungan terjadi ketika terdapat kalangan pengguna iCloud rela membeli kapasitas tambahan berbayar. Untuk mencari tahu faktor-faktor yang dapat memengaruhi kesediaan pengguna untuk membeli premium subscription dari iCloud+, penelitian ini menggunakan teori Perceived Value Theory (PVT) dan teori Willingness To Pay (WTP). Analisis kuantitatif menggunakan metode partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) dengan jumlah 277 responden valid dari penyebaran kuesioner daring. Analisis kualitatif menggunakan metode content analysis dengan mewawancara 7 narasumber. Penelitian ini berhasil membuktikan pengaruh langsung perceived usefulness, perceived service quality, dan perceived fee serta pengaruh tidak langsung perceived privacy dan perceived security terhadap perceived value. Kemudian, faktor perceived value juga terbukti memengaruhi willingness to pay. Hasil temuan ini diharapkan dapat memperluas topik penelitian bidang cloud storage premium di Indonesia dan memberikan wawasan baru bagi penyedia layanan iCloud+ maupun lainnya untuk mengembangkan strategi layanan guna meningkatkan kesediaan pengguna membeli cloud storage premium subscription.

iCloud is one of the largest cloud-based storage services in Indonesia, established by Apple for its users. Cloud storage providers observed several issues that concerned digital users, such as local storage limitations, lack of accessibility, data inconsistency across user devices, and data backup problems. In response to these challenges, Apple introduced iCloud, offering advantages in terms of accessibility, easy recovery, easy backup, and privacy protection. One of the business aspects developed by iCloud is the provision of free storage capacity, but limited to 5 GB. A tendency arises when certain iCloud users are willing to purchase additional storage capacity. To explore the factors influencing users' willingness to buy the premium subscription of iCloud+, this study employs the Perceived Value Theory (PVT) and Willingness To Pay (WTP) theory. It utilizes quantitative analysis through the partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) method, with 277 valid respondents obtained through online questionnaire distribution. Additionally, qualitative analysis is conducted using content analysis by interviewing 7 informants. The research successfully establishes the direct influence of perceived usefulness, perceived service quality, and perceived fee as well as the indirect influence of perceived privacy and perceived security on perceived value. Furthermore, the study confirms that perceived value significantly influences willingness to pay. The findings are expected to broaden research topics in the premium cloud storage sector in Indonesia and provide new valuable insights for iCloud+ and other service providers to develop service strategies to increase users' willingness to pay cloud storage premium subscriptions."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azaria Rahma Hasnah
"Skripsi ini berfokus pada bagaimana konsep tying, tying agreement, dan penguasaan pasar yang berdampak pada praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat diartikan melalui perbandingan antara Hukum Persaingan Usaha Amerika Serikat dan Indonesia, mengingat terdapat perbedaan pengaturan antara tying sebagai single firm conduct dengan tying agreement sebagai perjanjian. Penelitian ini juga menganalisis bagaimana kebijakan pembatasan file ditinjau melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU 5/1999). Dengan menggunakan metode penelitian doktrinal, penelitian ini berupaya untuk menganalisis karakteristik kegiatan dan perjanjian yang dilarang UU 5/1999, didukung dengan prinsip pendekatan yang digunakan untuk mengidentifikasi pelanggaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji tindakan Apple Inc. yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran persaingan usaha yang mengancam kepentingan pelaku usaha pesaing dan juga konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan di dunia teknologi dewasa ini yang mendorong perusahaan besar, seperti Apple Inc., untuk menciptakan ekosistem produk yang eksklusif. Upaya tersebut dimanifestarikan melalui tindakan-tindakan yang melanggar peraturan perundangundangan, seperti praktik pengikatan atau tying. Sebagaimana yang terjadi di berbagai belahan dunia saat ini, Apple Inc. sedang dihujani tuduhan praktik monopoli dan tying atas layanan penyimpanan awan miliknya, iCloud, dengan perangkat Apple melalui kebijakan pembatasan akses terhadap file-file tertentu kepada penyimpanan awan lain. Mengingat pengguna perangkat Apple yang signifikan di Indonesia dan kenaikan harga langganan iCloud+ yang terjadi baru-baru ini, sangat penting untuk memahami implikasinya terhadap persaingan usaha. Dalam hal ini, Apple Inc. nyatanya melakukan pengikatan secara sendiri sehingga tidak ada perjanjian atau tying agreement pada kasus ini. Namun, tindakan mereka dapat melanggar Pasal 19 huruf a dan b UU 5/1999 karena membatasi pilihan konsumen atas full-service cloud storage dan berpotensi menciptakan persaingan usaha tidak sehat.

This study investigates how the concepts of tying, tying agreements, and market control are interpreted within the frameworks of both United States and Indonesian Competition Law. Recognizing the distinct regulatory approaches to tying, where it is treated as single-firm conduct and as an agreement under the Sherman Antitrust Act, this study aims to conduct a comparative analysis. Furthermore, the study examines these issues through the lens of Law Number 5 of 1999 on the Prohibition of Monopolistic Practices and Unfair Business Competition (Law 5/1999). Employing a doctrinal research methodology, this study analyzes the characteristics of prohibited activities and agreements as stipulated in Law 5/1999, utilizing a principle-based approach to identify potential violations. The primary objective of this study is to assess whether Apple Inc.'s actions can be classified as violations of business competition laws that pose a threat to the interests of both competing businesses and consumers. This research is motivated by the fact that the intense competition in today's technology world encourages large companies, such as Apple Inc. to create exclusive product ecosystems. As is happening in various parts of the world today, Apple Inc. is being bombarded with accusations of monopolistic and tying practice over its cloud storage service, iCloud, with Apple through policies that restrict the saving of certain files to other cloud storage. Given the significant user base of Apple devices and the recent price increase for iCloud+ subscriptions, it is imperative to understand the implications of tying, tying agreements, and market control within this context. In this case, Apple Inc. is in fact implement single firm conduct so there is no tying agreement in this case. However, their actions may violate Article 19 letters a and b of Law 5/1999 because they limit consumer choice of full-service cloud storage and potentially create unfair business competition. "
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library