Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Gita Belinda
"Pandemi COVID-19 yang masih berlanjut dikhawatirkan menimbulkan penurunan kompetensi sosial anak prasekolah. Meski demikian, belum ditemukan program intervensi yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi kekhawatiran ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sosial anak prasekolah melalui intervensi berbasis Hot Executive Function (Hot EF). Enam puluh dua anak berusia 4-6 tahun dibagi ke dalam dua kelompok secara acak (Kelompok Eksperimen dan Kontrol), dengan jumlah yang sama di setiap kelompok. Partisipan Kelompok Eksperimen memperoleh lima sesi mendengarkan suara dengan durasi 15 menit 30 detik, sementara partisipan Kelompok Kontrol tidak diberikan intervensi. Aktivitas mendengarkan suara mengacu pada intervensi Attention Training Technique, yang dimodifikasi dengan prinsip Hot EF. Di awal serta akhir penelitian, kemampuan Hot EF dan Kompetensi Sosial diukur menggunakan Gift Delay Task dan Preschool and Kindergarten Behavior Scale - Scale A. Hasil pengujian ANCOVA dengan mengontrol skor pretest Hot EF dan Kompetensi Sosial menunjukkan terdapat perbedaan skor posttest Hot EF dan Kompetensi Sosial di kedua kelompok, dan partisipan Kelompok Eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi. Dapat disimpulkan, intervensi berbasis Hot EF yang dikembangkan memengaruhi kemampuan Hot EF dan Kompetensi Sosial anak prasekolah.

The ongoing COVID-19 pandemic is feared to cause a decline in preschooler’s social competence. However, there are no intervention program has been found to overcome this concern. This experimental research aimed to increase preschooler’s social competence through Hot Executive Function (Hot EF) based intervention. Sixty-two children aged 4-6 years old were randomly divided into two groups equally (experiment and control group). Children in the experiment group get a-5 intervention sessions for 15 minutes and 30 seconds, and children in the control group get no intervention. The intervention was based on the Attention Training Technique, which that modified with Hot EF’s principle. At the beginning and the end of the research, children’s Hot EF and Social Competence were tested using Gift Delay Task and Preschool and Kindergarten Behavior Scale-Scale A. After controlling the pretest score of Hot EF and Social Competence, the result of the ANCOVA test showed that there were differences in the posttest score of Hot EF and Social Competence between the participant in the two groups. Participants in the Experimental Group scored higher. Thus, it can be concluded that Hot EF-based intervention affecting preschooler’s Hot EF and Social Competence. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Nurul Fatimah
"Beberapa penelitian telah menemukan adanya hubungan antara kompetensi social dan executive function, namun masih terdapat inkonsistensi hubungan antara komponenkomponen di dalamnya. Penelitian ini betujuan untuk mengeksplorasi kontribusi dari komponen hot dan cool dalam executive function, dan factor jenis kelamin dalam memprediksi kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan. Pengukuran kompetensi sosial dilakukan melalui kuesioner PKBS SKala A yang telah diadaptasi dalam bahasa Indonesia.
Pengukuran executive function dilakukan melalui tes performa pada battery task Backward Word Span, Rumput/Matahari, Dimension Change Card Sort, dan Gift Delay. Metode statistik inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test, dan standard multiple regression.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik faktor jenis kelamin, maupun komponen hot dan cool executive function tidak dapat memprediksi kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan secara signifikan. Meskipun begitu, dalam penelitian ini ditemukan korelasi yang signifikan antara komponen hot executive function dengan faktor jenis kelamin dan kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan.

Few researches had found correlation between social competence and executive function, though there had also been inconsistency in between. This research was conducted to investigate the contribution of hot and cool executive function, and factor of sex in predicting social competence on 60-72 months children. Social competence was measured using PKBS Skala A which consisted of 34 items.
Executive function was measured using performance battery test which consisted of Backward Word Span, Rumput/Matahari, Dimension Change Card Sort, and Gift Delay task. Inferential statistic method used in this research were independent sample t-test, and standard multiple regression.
The result showed that there was no significant contribution of sex, hot and cool executive function in predicting social competence on 60-72 months children. However the result also showed that there was a significant correlation between hot executive function and sex, and between hot executive function and social competence on 60-72 months children.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Jessica Alexandra S.
"Regulasi diri menjadi salah satu keterampilan penting yang dapat mencegah berkembangnya masalah perilaku anak. Fungsi eksekutif sebagai komponen dasar umumnya menjadi target intervensi dalam optimalisasi kemampuan regulasi diri. Di masa pandemi COVID-19, tantangan yang dialami anak lebih banyak melibatkan emosi dan motivasi untuk mengambil keputusan, akan tetapi tetapi belum ada penelitian yang meningkatkan regulasi diri pada konteks situasi afektif tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi kemampuan regulasi diri anak melalui Hot EF yang bekerja pada situasi afektif. Tipe penelitian ini adalah eksperimental dengan melibatkan 62 partisipan berusia 4-6 tahun di area Jabodetabek yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan intervensi daring dengan pendekatan Attention Training Technique yang dimodifikasi menggunakan konsep Hot EF berupa kegiatan mendengarkan suara selama 15 menit untuk mendapatkan hadiah, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Dilakukan pengukuran pretest dan posttest pada kelompok eksperimen maupun kontrol pada aspek Hot EF dan regulasi diri. Hasil uji analisis ANCOVA menunjukkan intervensi mampu meningkatkan kemampuan Hot EF anak yang diukur menggunakan Gift Delay Task, namun belum mampu meningkatkan kemampuan regulasi diri yang diukur menggunakan Self Regulation Questionnaire. Dengan demikian, penelitian ini memperluas referensi intervensi berbasis fungsi eksekutif yang dapat meningkatkan kemampuan Hot EF anak prasekolah.

Self regulation become one of the most needed skills in children to prevent the development of behavioral problems. Executive function as a basic component generally targeted for intervention to optimize self regulation abilities. During COVID-19 pandemic, children face challenges on the situation that involves emotion and motivation to make a decision. However, there has been no research so far that improve self regulation in the context of affective situation. The aim of this research is to optimize preschoolers’ self regulation through Hot EF that works on affective situation stimuli. This experimental research involves 62 participants at 4 to 6 years old age around Jabodetabek that were separated into two groups (experiment and control). The experiment group received an online Attention Training Technique-based intervention that modified by Hot EF concept. Participants were asked to listen to a 15 minute sound in order to get the reward. Besides, the control group didn’t receive any treatment. Measurement of Hot EF and self regulation was taken before (pre-test) and after the treatment (post-test). ANCOVA results showed that intervention were able to improve participant’s Hot EF ability as measured using the Gift Delay Task. However, there were no significant differences on participant’s self regulation as measured using Self Regulation Questionnaire. In conclusion, this research broadens research on executive function-based intervention that can improve Hot EF preschoolers abilities."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library