Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abhista Ekaprameswari Shabila
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena perumahan yang dibangun berdasarkan Islam. Ini adalah kejadian umum, terutama di daerah pinggiran kota. Sebelumnya Penelitian menyatakan bahwa perumahan dapat dibentuk karena alasan ekonomi dan identitas. Dari alasan ekonomi, perumahan Islami terjadi karena keberadaannya yang menguntungkan peluang ekonomi, target pengembang, hingga perbedaan syariah sistem pembayaran untuk tempat tinggal. Sementara itu, dari segi identitas menjelaskan caranya Perumahan Islami dapat dibentuk oleh pengalaman historis, dampak migrasi, untuk politik ruang publik. Untuk memperkaya studi sebelumnya, penelitian ini memiliki argumen bahwa fenomena perumahan Islami di Indonesia terbentuk karena keberadaan homofil dalam jejaring sosial kelompok Islam. Homofil adalah kecenderungan untuk mengumpulkan dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki hal-hal di dalamnya umum. Begitu juga di perumahan Islami, homofil dalam jaringan kelompok Islam membentuk tujuan hidup bersama sehingga penghuni mendapat manfaat baik dari sisi religiusitas, psikologis, dan sosiologis. Penelitian ini menggunakan kualitatif pendekatan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam yang akan dilakukan di Depok. Temuan dalam penelitian ini membuktikan bagaimana keempat jenis tersebut homofil berperan dalam menciptakan lingkungan perumahan Islami.

ABSTRACT
This study aims to look at the phenomenon of housing that is built based on Islam. This is a common occurrence, especially in suburban areas. Previous research stated that housing could be formed for economic and identity reasons. From economic reasons, Islamic housing occurs because of its existence which benefits the economic opportunity, the target of the developer, to the difference in sharia payment systems for shelter. Meanwhile, in terms of identity, it explains the way Islamic housing can be shaped by historical experience, the impact of migration, for the politics of public space. To enrich previous studies, this research has the argument that the phenomenon of Islamic housing in Indonesia was formed due to the presence of homophiles in Islamic social networks. Homophiles are the tendencies to gather and build relationships with people who have things in it public. Likewise in Islamic housing, homophiles in a network of Islamic groups form a common purpose of life so that the residents benefit from religious, psychological and sociological aspects. This study uses a qualitative approach to the method of data collection through in-depth interviews that will be conducted in Depok. The findings in this study prove how these four types of homophiles play a role in creating an Islamic housing environment.
"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firda Ayu Kusuma Dewi Subagyo
"Tesis ini membahas bagaimana pengaruh tingkat influencer (nano, micro, macro, dan mega), kredibilitas sumber, dan homofili sumber influencer terhadap niat untuk minum jamu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) sebagai teori dasar dalam memprediksi niat seseorang. Penelitian ini meneliti empat influencer Instagram yaitu @zaidulakbar, @umisehat, @putrisarihati, dan @pitulikur_jamu sebagai subjek penelitian yang mewakili setiap tingkat influencer. Dari 120 responden penelitian yang mengisi survei, didapatkan hasil penelitian bahwa tingkat influencer berpengaruh terhadap kredibilitas dan homofili yang dirasakan responden. Semakin tinggi tingkat influencer, akan semakin besar kredibilitas yang dirasakan, namun semakin kecil homofili yang dirasakan responden. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kredibilitas dan homofili influencer mampu memediasi pengaruh tingkat influencer terhadap terbentuknya sikap yang positif pada jamu. Sikap yang positif pada jamu juga terbukti dapat mempengaruhi terbentuknya niat minum jamu responden.

This thesis discusses how the influencer type (nano, micro, macro, and mega), source credibility, and source homophily influence the intention to drink herbal medicine (Jamu). This research uses a quantitative approach with a survey method that uses the Theory of Planned Behavior (TPB) as a basic theory in predicting a person's intentions. This research examines four Instagram influencers, namely @zaidulakbar, @umisehat, @putrisarihati, and @pitulikur_jamu as research subjects who represent each level of influencer. Of the 120 research respondents who filled out the survey, the research results showed that the level of influencer influenced the credibility and homophily felt by the respondents. The higher the influencer level, the greater the perceived credibility, but the smaller the homophily felt by the respondent. This research also shows that influencer credibility and homophily are able to mediate the influence of influencer level on the formation of positive attitudes towards herbal medicine. A positive attitude towards herbal medicine (Jamu) has also been proven to influence the formation of respondents' intention to drink herbal medicine (Jamu)."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library