Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rafida Ramadhani
"Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan bisnis dimana mobilisasi masyarakatnya sangat tinggi. Saat ini, masih banyak masyarakat yang berorientasi pada kendaraan pribadi sebagai sarana memenuhi mobilitas yang tinggi dibandingkan menggunakan transportasi masal. Banyaknya masyarakat yang berorientasi pada kendaraan pribadi mengakibatkan kemacetan jalan masih terjadi. Untuk mengatasi persoalan ini, pemerintah DKI Jakarta terus memperbaiki dan menambah pengadaan transportasi masal, salah satunya adalah pengadaan Mass Rapid Transit MRT Jakarta. MRT Jakarta merupakan moda trasportasi masal yang dapat terintegrasi dengan moda transportasi masal yang telah ada, dalam penelitian ini yaitu kereta commuter dan Trans Jakarta. Penjadwalan MRT Jakarta dapat dianggap sebagai Vehicle Scheduling Problem VSP dalam sistem transportasi.
Penelitian ini membahas penjadwalan MRT Jakarta sebagai VSP dengan dua langkah, yaitu membuat model matematis interval waktu kedatangan kereta commuter dan Trans Jakarta dengan waktu kedatangan MRT Jakarta di kawasan interchange serta mencari nilai minimumnya, dan menentukan interval waktu keberangkatan MRT Jakarta. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma heuristik sebagai penyelesaian model matematis yang mengoptimalkan interval waktu kedatangan kereta commuter dan Trans Jakarta dengan waktu kedatangan MRT Jakarta di kawasan interchange dan menghasilkan penjadwalan MRT Jakarta.

Jakarta is a center government and business district where the mobilization of its people is very high. Today, there are still more people who use private vehicles as a means of fulfilling their high mobility compared to people who use mass transportation. The number of people who still use private vehicles resulted the traffic congestion still going on. To overcome this problem, the government of DKI Jakarta continues to improve and develop mass transportation, one of which is the procurement of Mass Rapid Transit MRT Jakarta. MRT Jakarta is a mass transportation mode that can be integrated with other mass transportation modes, that are commuter line and Trans Jakarta. MRT Jakarta scheduling can be considered as Vehicle Scheduling Problem VSP in the transportation system.
This study completes the scheduling of MRT Jakarta as VSP with two steps making mathematical model of the interval between commuter train and Trans Jakarta arrival time with the MRT Jakarta arrival time in interchange area and finding the minimum value, then determining the departure time interval of MRT Jakarta. The algorithm used is the heuristic algorithm as the completion of mathematical model that optimize the arrival time interval of commuter train and Trans Jakarta with the arrival time of MRT Jakarta in the interchange area and obtain the scheduling of MRT Jakarta.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bachtiar Herdianto
"Transportation cost adalah bagian penting dari logistics costs suatu perusahaan. Aktivitas pada transportasi merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan biaya terbesar dari keseluruhan biaya logistik. Oleh karena itu, mengurangi biaya yang terkait dengan transportasi merupakan kunci dalam mengurangi total biaya logistik. Namun hal tersebut akan menjadi semakin kompleks seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan. Dalam keilmuan optimasi, aktivitas transpostasi dapat dikategorikan sebagai Capacitated-Vehicle Routing Problem (CVRP). Dimana, salah satu cara untuk mengurangi biaya yang terjadi dari kegiatan ini adalah dengan mengoptimalkan jalur pengiriman. Namun, dengan bertambahnya lokasi pengiriman, maka permasalahan akan semakin kompleks secara eksponensial, meningkatkan kompleksitas untuk menemukan rute yang optimal. Penelitian terbaru dari F. Arnold dan K. Sörensen telah menunjukkan bahwa CVRP memiliki beberapa fitur penting untuk menentukan apakah solusinya baik atau tidak. Dengan menggunakan fitur-fitur pada CVRP, mereka berhasil memandu algoritma untuk menyelesaikan CVRP berskala besar. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mengembangkan algoritma Iterated Local Search (disebut sebagai modified-Iterated Local Search atau MILS), untuk menyelesaikan CVRP skala besar. Kami mencoba memandu algoritme menggunakan fitur paling penting dari VRP untuk menyelesaikan dengan cepat dan efektif. Kemudian algoritma juga diuji untuk menyelesaikan berbagai ukuran masalah, hingga mencapai 30.000 node dengan hasil yang kompetitif.

Transportation cost is the critical element of the total logistics costs of an organization.  Transportation activity is one of the main cost-driver of overall logistics cost. Hence, the transportation problem is becoming more complex in response to the growth of customers number. One way to reduce the cost that occurs from this activity is to optimize the delivery route. However, with the increase of delivery location, the potential routes are growing exponentially, escalating the complexity to find the optimal routes. This activity widely known as Capacitated-Vehicle Routing Problem (CVRP). Recent research from F. Arnold and K. Sörensen has shown that CVRP has some important features to define whether the solution is good or not. Using the features of CVRP, they successfully guide the algorithm to solve the large-scale CVRP. In this paper, we are focus employing the Iterated Local Search algorithm (called as modified-Iterated Local Search or MILS), to solve large-scale CVRP. We attempt to guide the algorithm using the most important feature of VRP to solve quickly and effectively.  Later, the algorithm also tested to solve various problems' size, until up to 30,000 nodes with the competitive result."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Rina Mazida
"Industri Minyak dan Gas Bumi menjadi fokus bisnis dari suatu perusahaan Kontraktor Automation System yang berbasis pengadaan proyek, tempat penelitian ini berlangsung. Meminimalkan kerugian proyek (yang kelak dapat meningkatkan keuntungan perusahaan) dan memenuhi keinginan pemilik modal adalah tujuan yang harus dicapai, oleh karena itu Kontraktor harus memiliki sistem pengendalian dan pemantauan proyek yang baik dengan cara menyediakan laporan perkembangan proyek. PERT/CPM digunakan untuk perencanaan dan evaluasi pekerjaan dan jadwal. Sedangkan metode Earned Value dipakai untuk mengintegrasi jadwal dan pengaturan personil dengan analisa biaya.
Teknik-teknik tersebut di atas digabungkan dengan Algoritma Heuristic untuk penghitungan mundul jadwal. Cara ini digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan proyek di industry Minyak dan Gas Bumi yang mengharuskan ketepatan waktu penyelesaian proyek karena akan mengakibatkan biaya tambahan berupa penalti untuk setiap keterlambatan yang terjadi. Algoritma dibuat menggunakan VBA yang berbasis Microsoft Excel.
Sebagai Model digunakan data dari 3 proyek. Kamudian dilakukan perhitungan menggunakan CPM dan Earned Value. Hasilnya dapat dilihat dalam bentuk Kurva-S yang menyajikan BCWS (Budgeted Cost Work Scheduled), BCWP (Budgeted Cost Work Performed/Earned Value) dan ACWP (Actual Cost Work Performed).

Oil and Gas industry is as business targeted by specific Automation System Contractor to run their projects. Minimizing the project lost (then increase company profit) and satisfying project stakeholder is goal to achieve, therefore Contractor has to have a better project control and monitoring system by having a project progress reporting document. PERT/CPM is using to have a planning and evaluating the appropriate task and schedule. Earned Value method is one of the answers to have combination between schedules with cost analysis.
All above techniques is combined with Heuristic Algorithm using for backward network counting. It is to elaborate need of Oil and Gas requirement in term of mandatory fix project schedule. Otherwise, extra cost known as penalty will be applied for any delay caused. This algorithm is written in VBA language in Microsoft Excel basis.
The model used 3 projects data. CPM and Earned Value is counted. Output will be seen as S-Curve that provide position of BCWS (Budgeted Cost Work Scheduled), BCWP (Budgeted Cost Work Performed/Earned Value) and ACWP (Actual Cost Work Performed).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T31112
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Komeil Yousefi
"ABSTRACT
The fixed charge transportation problem (FCTP) is one of important and classical transportation problems with many real world applications in the area of logistics and supply chain management. Due to nature complexity of this problem, the literature has seen a large number of heuristics and meta heuristics to solve the FCTP. This paper proposes a new heuristic along with well known meta heuristics to solve the FCTP with discount supposition on both fixed and variable charges. In addition, two models with all units discount and incremental discount are firstly introduced in this study to apply the discount mechanism. As such, since the previous researchers mainly used spanning tree based and priority based representations, this study utilizes both of these methods and compared the results. Finally, a comprehensive discussion based on the computational results of heuristic and meta heuristics with different encoding approaches has been investigated through different problem sizes."
Philadelphia: Taylor and Francis, 2018
658 JIPE 35:7 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library