Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rafida Ramadhani
"Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan bisnis dimana mobilisasi masyarakatnya sangat tinggi. Saat ini, masih banyak masyarakat yang berorientasi pada kendaraan pribadi sebagai sarana memenuhi mobilitas yang tinggi dibandingkan menggunakan transportasi masal. Banyaknya masyarakat yang berorientasi pada kendaraan pribadi mengakibatkan kemacetan jalan masih terjadi. Untuk mengatasi persoalan ini, pemerintah DKI Jakarta terus memperbaiki dan menambah pengadaan transportasi masal, salah satunya adalah pengadaan Mass Rapid Transit MRT Jakarta. MRT Jakarta merupakan moda trasportasi masal yang dapat terintegrasi dengan moda transportasi masal yang telah ada, dalam penelitian ini yaitu kereta commuter dan Trans Jakarta. Penjadwalan MRT Jakarta dapat dianggap sebagai Vehicle Scheduling Problem VSP dalam sistem transportasi.
Penelitian ini membahas penjadwalan MRT Jakarta sebagai VSP dengan dua langkah, yaitu membuat model matematis interval waktu kedatangan kereta commuter dan Trans Jakarta dengan waktu kedatangan MRT Jakarta di kawasan interchange serta mencari nilai minimumnya, dan menentukan interval waktu keberangkatan MRT Jakarta. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma heuristik sebagai penyelesaian model matematis yang mengoptimalkan interval waktu kedatangan kereta commuter dan Trans Jakarta dengan waktu kedatangan MRT Jakarta di kawasan interchange dan menghasilkan penjadwalan MRT Jakarta.

Jakarta is a center government and business district where the mobilization of its people is very high. Today, there are still more people who use private vehicles as a means of fulfilling their high mobility compared to people who use mass transportation. The number of people who still use private vehicles resulted the traffic congestion still going on. To overcome this problem, the government of DKI Jakarta continues to improve and develop mass transportation, one of which is the procurement of Mass Rapid Transit MRT Jakarta. MRT Jakarta is a mass transportation mode that can be integrated with other mass transportation modes, that are commuter line and Trans Jakarta. MRT Jakarta scheduling can be considered as Vehicle Scheduling Problem VSP in the transportation system.
This study completes the scheduling of MRT Jakarta as VSP with two steps making mathematical model of the interval between commuter train and Trans Jakarta arrival time with the MRT Jakarta arrival time in interchange area and finding the minimum value, then determining the departure time interval of MRT Jakarta. The algorithm used is the heuristic algorithm as the completion of mathematical model that optimize the arrival time interval of commuter train and Trans Jakarta with the arrival time of MRT Jakarta in the interchange area and obtain the scheduling of MRT Jakarta.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rabiatul Adawiyah
"ABSTRAK
A Dynamic Dial a Ride Problem with Money as an Icentive DARP-M adalah suatu per- masalah dalam pencarian rute optimal untuk memenuhi permintaan sejumlah pelanggan yang menggunakan sistem taxi sharing dengan kendala biaya. Taxi sharing merupakan suatu sistem dimana pelaku perjalanan individu yang berbagi kendaraan dengan pelaku perjalanan lain, yang mempunyai asal, tujuan dan waktu perjalanan yang sama atau ham- pir bersamaan. Solusi yang ingin dicapai pada tugas akhir ini adalah solusi yang dapat meminimumkan biaya perjalanan setiap permintaan. Pencarian solusi dari DARP-M pada tugas akhir ini menggunakan metode insertion heuristic dalam pembentukan rute awal dan metode large neighborhood search dalam penentuan rute optimal.

ABSTRACT
A Dynamic dial a Ride Problem with Money as an Icentive DARP M is a problem of finding optimal route to serve customers demand which uses taxi sharing system with cost constraint. Taxi sharing is a system where individual customer share vehicles with other customer, who has same or similar origin, destination, and travel time. The optimal solution is the solution that can minimize the cost of each trip request. The search for the DARP M solution in this final project uses the insertion heuristic method for con struction of initial route and the large neighborhood search method for the optimal route determination. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Indrawati Irwan
"Acquisition Management of Deposit Collection Information System in Indonesia National Library has been used for 3 years (since January 2012). During the usage, the Group of Acquisition, Monitoring, and Evaluation of Deposit Sub Directorate found some obstacles include the unability of the system to detect double regist, a monotone display, too many menus and too many pages to get through before going to the desired page, the information resulted is not according to what needed, and the exsistance of backward analysis system which should be passed by a system when it has already been used. The data collection of this research used quessionaires which were spread among 17 system users that are the members Group of Acquisition, Monitoring, and Evaluation of Deposit Sub Directorate. The data analysis used student statistic examination of one sample. The result of the study was the need of improvement about SIM of Deposit Collection Acquisition of Indonesia National Library related to the usability of the system to fulfill the usability elements, and the repairment recommendation belong to the categories of: Learnability, improvement of response for fasten of data searching by query optimization involving related tables of data required and indexing based on the tag ID and repair on the arranging and the use of features to be adjusted with the needs of users based on their user ID and position authority. Efficiency, improvement of response for fasten the response of data searching by query optimization involving related tables of data required and indexing based on the tag ID and addition to be able to copy and modify existing data and increase the ability of the system that the function keys in the keyboard can be use in using the system. Easy to remember, the addition of the ability of the system that the keyboard function keys can be use in using the system. Error prevention, repair system's ability to identify errors and provide a message box or sign acclamation sign of error message containing an error message when the user made a mistake and adding dictionary menu associated with the terminology in the search box to avoid mistakes in typing. Satisfying, adding help menu that can provide guidance and can be followed when finding problem that help users to solve a problem"
Bogor : Perpustakaan IPB , 2015
020 JPI 14:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Dzulfikar Al Anshari
"Kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia selalu menjadi pekerjaan rumah yang tidak kunjung selesai. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini, tidak terkecuali dari segi ekonomi Islam. Salah satu yang ditawarkan oleh ekonomi Islam adalah instrumen filantropi Islam yang mana di dalamnya terdapat sedekah. Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat meningkatkan penghimpunan dana sedekah. Jika dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan baik maka sedekah dapat menjadi jalan keluar bagi masalah kemiskinan dan ketimpangan yang terus melanda Indonesia. Penelitian yang berusaha untuk melihat apakah terdapat jalan pintas berpikir dalam bersedekah masih belum mendapat banyak sorotan. Sehingga penelitian ini akan menggunakan model heuristik serta aspek altruisme dan religiositas karena bisa jadi hal tersebut yang dapat mewujudkan potensi sedekah Indonesia. Sebanyak 782 responden yang berpartisipasi dalam survei penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa availability, representativeness, altruisme, dan religiositas berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku sedekah secara umum. Kemudian, availability, anchoring dan altruisme mempengaruhi perilaku sedekah melalui sarana digital dan mempengaruhi preferensi untuk lebih memilih sarana digital dibanding konvensional. Sedangkan yang mempengaruhi perilaku sedekah melalui sarana konvensional adalah availability, altruisme, dan religiositas.

Poverty and inequality in Indonesia have always been a problem. Several solutions have been made to overcome this problem, including in terms of Islamic economics. one that the Islamic economy has to offer is alms. Indonesia has a huge opportunity to be able to increase the collection of alms funds. If the collection of alms can be done correctly, this can be a way out of the poverty and inequality problem in Indonesia. Research that seeks to see if there are shortcuts to thinking in giving alms has not received much attention. So this research will use heuristic models that combine altruism and religiosity. This research can be a strategy to fulfill the potential of alms in Indonesia. There were 782 respondents who participated in the research survey. The results show that availability, representativeness, altruism, and religiosity have a significant effect on almsgiving behavior in general. Then, availability, anchoring, and altruism affect almsgiving behavior through digital platforms and influence preferences to use digital platforms rather than conventional platforms. Meanwhile, the factors that influence alms-giving behavior through conventional platforms are availability, altruism, and religiosity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Komeil Yousefi
"ABSTRACT
The fixed charge transportation problem (FCTP) is one of important and classical transportation problems with many real world applications in the area of logistics and supply chain management. Due to nature complexity of this problem, the literature has seen a large number of heuristics and meta heuristics to solve the FCTP. This paper proposes a new heuristic along with well known meta heuristics to solve the FCTP with discount supposition on both fixed and variable charges. In addition, two models with all units discount and incremental discount are firstly introduced in this study to apply the discount mechanism. As such, since the previous researchers mainly used spanning tree based and priority based representations, this study utilizes both of these methods and compared the results. Finally, a comprehensive discussion based on the computational results of heuristic and meta heuristics with different encoding approaches has been investigated through different problem sizes."
Philadelphia: Taylor and Francis, 2018
658 JIPE 35:7 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sesmaro Max Yuda
"Dalam sistem penjadwalan terdapat beberapa klasifikasi yang membedakan sistem penjadwalan yang satu dengan lainnya. Fungsi sasaran sistem penjadwalan dalam penelitian ini adalah ETwr (early-tardy dengan pembobotan) seperti yang sudah diterima pada studi atau penelitian untuk sistem penjadwalan mesin tunggal dengan fungsi sasaran yang bersifat non regular.
Sebelum menentukan due date yang merupakan jumlah waktu/lamanya pesawat mencapai standar jumlah jam terbang pemakaian pesawat untuk tiap interval perawatan dalam penelitian ini, terlebih dahulu ditentukan jumiah pemakaian pesawat persatuan waktu (hari). Sehingga dengan demikian dapat dilakukan perhitungan standar perawatan dalam satuan jam terbang kedalam bentuk satuan hari.
Berdasarkan perhitungan pemakaian pesawat untuk tiap jenis yang berbeda diperoleh jumlah pemakaian yang berbeda, maka untuk due date yang berdekatan atau bersamaan dilakukan aturan prioritas linear heuristic untuk menentukan sequence perawatannya. Dengan aturan prioritas linear heuristic pada penelitian ini didapatkan perawatan yang early serta yang rardy lebih mendekati nilai standar yang ada dibanding dengan sitem penjadwalan perawatan yang dipakai perusahaan, serta diperoleh nilai utilitas pesawat untuk tiap interval perawatan dan pemakaian fasilitas perawatan lebih optimum dengan menggunakan linear heuristic dibanding dengan sistem yang berlaku.

Scheduling system has some classification which differ one scheduling system from the others. In this research the objective function of the scheduling systems is the ETwr (weighted early-tardy objective) that has received by far the most study for single machine scheduling system with non regular objective function.
Before determine the due date that indicate the time or duration of the aircraft to get the standard of the flight hours for every interval maintenance, first have to determine the sum of flight per day. So that can be done converse of maintenance standard unit from flight hours to time (day) unit.
On the basis of calculation in using aircraft for every different type found the different sum of using aircraft, so the due date that closed can be done linear heuristic priority in examination its maintenance sequence. With linear heuristic priority procedure in this research can be found the early and the tardy jobs more closed with the standard value instead of the scheduling system that used by the company, also can be gotten the utility of the aircraft for every interval maintenance and using of the maintenance facilities more optimum then what company used.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T10371
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mela Ayu Novia Andini
"ABSTRACT
Pickup and Delivery Problem with Transfer (PDPT) dideskripsikan sebagai cara menemukan solusi optimal untuk menetapkan himpunan permintaan ke himpunan kendaraan (awalnya terletak pada beberapa depot), dengan meminimalkan fungsi objektif tertentu berdasarkan kendala yang telah ditetapkan. Transfer barang dilakukan untuk meminimalkan waktu tempuh kendaraan dengan cara memindahkan barang di titik transfer yang nantinya akan diangkut oleh kendaraan lain dengan waktu lebih singkat. Berdasarkan konsep tersebut, dibentuk formulasi PDPT dengan menambahkan secara sistematis variabel dan kendala yang direalisasikan secara dinamis selama penentuan solusi rencana. Dalam tulisan ini akan digunakan metode insertion heuristic untuk mendapatkan solusi optimal Dynamic Pickup and Delivery Problem with Transfer (D-PDPT). Solusi objektifnya adalah untuk meminimumkan waktu perjalanan kendaraan pada solusi rencana yang didapatkan di setiap perhitungan. Berdasarkan hasil eksperimen simulasi, diperoleh hasil bahwa D-PDPT dapat digunakan untuk mengoptimalkan sistem penjemputan dan pengantaran barang dengan penghematan waktu tempuh kendaraan sebesar 23%, dibandingkan dengan rute tanpa menggunakan titik transfer.

ABSTRACT
Pickup and Delivery Problem with Transfer (PDPT) is described as a way of finding the optimal solution for assigning a set of requests to a set of vehicles (initially located at several depots), by minimizing certain objective functions based on predetermined constraints. Transfer of goods is done to minimize vehicle travel time by moving goods at the point of transfer which will later be transported by other vehicles with shorter time. Based on the concept, a PDPT formulation is formed by systematically adding variables and constraints that are realized dynamically during the determination of the plan solution. n this paper we will use the Insertion Heuristic method to obtain the optimal solution of Dynamic Pickup and Delivery Problem with Transfer (D-PDPT). The objective solution is to minimize vehicle travel time in the plan solutions obtained in each calculation. Based on the results of the simulation experiments, the results show that D-PDPT can be used to optimize the pickup and delivery system with 23% vehicle travel time savings, compared to routes without using transfer points."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Mawar Aprillia
"Keseimbangan lini lintasan atau assembly line balancing (ALB) perakitan merupakan salah satu masalah penting dalam area produksi. Karena perbaikan performa sistem dapat mempengaruhi segi keuangan, maka sangat penting untuk mengembangkan suatu solusi yang praktis dari permasalahan keseimbangan lini dan juga kebutuhan akan waktu perhitungan yang minimal untuk memecahkan masalah keseimbangan lini tersebut. Metode metaheuristik merupakan cara umum dalam kehidupan nyata. Metode pada penelitian kali ini merupakan metode heuristik Tabu Search. Metode ini merupakan metode pencarian solusi pada daerah yang dianggap optimal sehingga diharapkan efisiensi keseimbangan lini tercapai. Hasil dari penelitian kali ini adalah metode algoritma Tabu Search yang dipakai dapat menghasilkan efisiensi lini perakitan sebesar 80.01% dengan running program dilakukan iterasi sebanyak 1.000.000, dan menghasilkan nilai smoothness sebesar 43.89 menit.

Assembly line balancing (ALB) is one of the important problem of production. As small improvement in performance system can lead to significant monetary consequence, it is importance to develop practical solution procedure of assembly line balancing problem and minimal computational time requirement. Heuristic are generally use to solve the problem in real life. In this paper, an efficient heuristic is proposed to solve the deterministic and single problem of ALB. The proposed heuristic is tabu search algorithm. This algorithm searching the optimal solution on local area, and expect for the best result to achieve ALB more efficient. The result of this paper is tabu search can solve ALB with 80.01% line efficiency, and 43.89 minutes of smoothness index."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51978
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfalah Zainudin
"Sekolah menengah di London, Inggris memiliki permasalahan dalam menempatkan murid-murid baru ke dalam grup-grup tutor. Dalam menempatkan murid-murid ke dalam grup tutor terdapat asumsi-asumsi yang harus diperhatikan agar terbentuk grup tutor yang sesuai dengan yang diharapkan. Karena waktu yang tersedia untuk pembentukkan grup tutor cukup singkat dan jika dilakukan secara manual membutuhkan waktu kerja yang cukup lama maka pada skripsi ini dilakukan penyelesaian secara heuristik dengan program komputer yang jika diimplementasikan akan meminimalkan waktu penempatan murid-murid ke dalam grup tutor.

Secondary school in London, England has a problem in assigning new students into tutor groups. In assigning students into tutor groups, there are assumptions that must be taken to ensure that the tutor group formed as expected. Because the available time for the formation of a tutor group is quite short and if done manually takes quite a long time indeed. This skripsi is processed in heuristic solving with a computational program which will minimize the time of assignment of students into tutor groups if implemented correctly."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
S1283
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>