Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Thalia Nabasa
"Internet menjadi salah satu media yang paling berpengaruhi pada saat ini. Adanya internet mempermudah berbagai kebutuhan manusia mulai dari informasi, komunikasi, aktualisasi diri, dan lainnya. Banyaknya keuntungan yang diberikan oleh internet membuat banyak kegiatan yang tidak dapat terlepas dari penggunaan internet, salah satunya adalah penyebaran informasi khususnya melalui media sosial. Penyebaran informasi yang dilakukan melalui media sosial sangatlah cepat, baik informasi melalui tulisan, lisan, maupun gambar. Salah satu informasi yang cukup banyak beredar di media sosial adalah informasi mengenai kegiatan leisure. Penelitian ini ingin melihat apakah ada pengaruh dari penggunaan media sosial terhadap keputusan konsumsi seseorang, khususnya konsumsi leisure. Peneliti akan mencoba menjawab apakah mereka akan memiliki kecenderungan untuk mengikuti tren khususnya kegiatan leisure yang ada setelah melihatnya di media sosial mereka.
Internet has become one of the most influential media nowadays. People believes that the existence of internet will simplify lots of human needs and activities, such as information, communication, self actualization, and more. Because of its benefits and function, its hard to seperate internet with human activities. One of them is information dissemination through social media and all the information in social media can be spread rapidly, through articles, pictures, or even videos. One of the popular information that people like to access is the information about leisure activities and recreation. In this research, the researcher is trying to find wheter social media will influence individuals choice to consume leisure abd recreation. Is there any sign that the individual from this research do or done leisure and recreation activities after seeing them in their social media. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Doni Farhanto
"Herding behavior dapat didefinisikan sebagai perilaku individu yang memutuskan untuk mengikuti orang lain dan meniru perilaku kelompok daripada mengambil keputusan secara mandiri berdasarkan informasi yang mereka punya. Analisis kali ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan herd behavior yang dipengaruhi oleh investor attention. Dalam penelitian kali ini, Google Search digunakan sebagai proxy dari investor attention dengan dugaan bahwa ketika investor attention meningkat, maka jumlah investor yang menggunakan Google Search untuk mencari informasi akan meningkat sehingga nantinya investor akan memiliki informasi yang serupa dan kemudian membuat keputusan perdagangan serupa sehingga terbentuk herd behavior. Penelitian kali ini juga menganalisis pengaruh investor attention dalam pembentukan herd behavior pada periode market return negatif dan pada periode Pandemi COVID-19. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode cross-sectional absolute deviation (CSAD). Sampel penelitian yang digunakan adalah data berupa return harian dari IHSG pada periode Juli 2012-Juni 2022 yang diambil dari Refinitiv eikon dan data berupa frekuensi pencarian kata kunci terkait Pasar Modal Indonesia pada periode Juli 2012-Juni 2022 yang diambil dari Google Trends. Hasil dari penelitian kali ini adalah ditemukan keberadaan herd behavior yang dipengaruhi oleh investor attention, tetapi tidak ditemukan keberadaan herd behavior dalam periode market return negatif dan dalam periode Pandemi COVID-19.
Herding behavior can be defined as the behavior of individuals who decide to follow others and imitate group behavior rather than making decisions independently based on the information they have. This research aims to analyze the existence of herd behavior that is influenced by investor attention. In this study, Google Search is used as a proxy for investor attention with the assumption that when investor attention increases, the number of investors using Google Search to search for information will increase so that later investors will have similar information and then make similar trading decisions so that herd behavior are formed. This research also analyzes the influence of investor attention in forming herd behavior during the negative market return period and during the COVID-19 Pandemic. The method used in this study is the cross-sectional absolute deviation (CSAD) method. The research sample used is data of daily market return from the Indonesia Composite Index (ICI) for the period July 2012-June 2022 taken from Refinitiv eikon and search frequency data for keywords related to the Indonesian Capital Market in the period July 2012-June 2022 taken from Google Trends. The results of the present study found the existence of herd behavior influenced by investor attention, but no herd behavior was found during the negative market return period and during the COVID-19 Pandemic period."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library