Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syamsul Arifin
Abstrak :
Penggunaan kendaraan bermotor yang berkembang pesat akan membuat bahan bakar fosil semakin meningkat. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka tim LFCE (Low Fuel Consumption Engine) membuat penelitian mengenai mesin hemat bahan bakar. Intake manifold merupakan sebuah komponen mesin yang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan juga kualitas emisi gas buang dari suatu mesin. Pembuatan Intake manifold pada penelitian ini menggunakan bantuan software Autodesk Iventor untuk desainnya dan menggunakan Ansys untuk menghitung Keamanan dari desain yang telah dibuat. Dengan menguji dan menganilis desain yang telah dibuat dapat terlihat Intake Manifold yang dibuat aman dan juga menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. ...... An icrease of using motor vehicle causing fossil fuel reserve dwindling. Therefore, LFCE (Low Fuel Consumption Engine) team of University Of Indonesia conduct a research about low fuel consumption engine. Intake Manifold is one of the part of engine that which influence the fuel consumption rate and the emission of the engine. An intake manifold design for 65 cc single cylinder otto engine has been created to get a better fuel consumption efisiency and emission. Using a software Autodesk Inventor and ANSYS to create the design make the result better. The fuel consumption lower than before and low emission can be reach.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63206
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lukas Damris
Abstrak :
ABSTRAK
Pemakaian bahan bakar adalah komponen nomor dua terbesar dalam biaya operasional kapal. Salah satu sumber pemakaian bahan bakar pada kapal adalah penggunaan mesin bantu untuk sumber energi listrik pada kapal. Penggunaan alternator yang memanfaatkan putaran mesin induk dapat menjadi alternatif sumber energi listrik kapal. Oleh sebab itu diperlukan perancangan penggunaan sistem alternator yang memanfaatkan putaran mesin induk yang sesuai pada kapal. Kapal Titan 31 milik PT NTT adalah salah satu kapal penarik barge bermuatan batu bara yang cukup banyak menghabiskan bahan bakar. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan pemasangan alternator pada kapal Titan 31. Setelah dilakukan analisa penghematan bahan bakar, pengunaan alternator memanfaatkan putaran mesin induk dapat menghemat 875.25 liter bahan bakar dalam sekali perjalanan
ABSTRACT
Fuel consumptiont is the second largest component in vessel operating cost. One source of fuel use on ships is the use of auxiliary engine to generate electrical on ship. Use of the alternator which utilizes round main engine can be alternative source of electrical energy. Therefore it os necessary to design system use an alternator utilizes stem spin main engine that fits on the ship. Titan 31 ships owned by PT NTT is one tugboat barge loaded with coal were pretty much spent fuel. The results of this research is to design the installation of the alternator on the vessel Titan 31. After analysis to fuel savings, the use of the alternator harness stem spin machine can save 875.25 liters of fuel per trip;
2016
S64911
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roni Abdurahman
Abstrak :
Berkembangnya teknologi serta gencarnya kompetisi hemat bahan bakar membuat banyaknya tim dari berbagai universitas untuk berlomba-lomba menciptakan mesin yang hemat bahan bakar. Mesin hemat bahan bakar tentunya memiliki dimensi yang ringkas dan dengan kapasitas yang kecil, namun dengan rekayasa teknik tetap mampu menghasilkan daya yang besar sesuai dengan kebutuhan. UI pun ikut berpartisipasi dalam pengembang mesin hemat bahan bakar ini. Riset dan pengembangan telah dilakukan sehingga terciptalah mesin Otto dengan satu silinder empat langkah berkapasitas 65 cc. Kajian teoritis telah dilakukan dalam pengembangan mesin ini dengan menggunakan rumus-rumus empiris pada perhitungan termodinamika. Kajian teoritis tersebut perlu dilakukan pembuktian dan pengujian agar terbukti kebenarannya. Tulisan ini akan mempresentasikan mengenai hasil karakteristik dari mesin Otto satu silinder empat langkah berkapasitas 65 cc melalui pengujian dengan aspek utama adalah daya dan torsi. Pengukuran emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar juga dilakukan untuk mendapatkan karakteristik serta kelayakan mesin. Dari pengujian didapatkan daya maksimum sebesar 733 watt pada 2630 rpm, serta torsi maksimum sebesar 2,66 Nm pada putaran. Sedangkan rata-rata emisi yang dihasilkan pada kondisi idle yaitu kadar HC sebesar 777,1 ppm, kadar CO sebesar 0,698 % vol, kadar CO2 sebesar 8,43 % vol, dan kadar O2 sebesar 7,96 % vol. ......The advancement of technology and low fuel consumption engine competition triggers numerous teams from various universities around the world to create low fuel consumption engine. Low fuel consumption engine has a compact dimension and small capacity, yet because of the sophisticated development, it still provides huge power as needed. Universitas Indonesia also participates in developing low fuel consumption engine. Through proper and intense research and development, a 65 cc one-cylinder four-stroke spark ignition engine was created. Theoritical overview has been done within the development of this engine using empirical formula based on thermodynamics. Theoritical overview needs to get done in order to prove and test the thermodynamics calculation. This study represents characteristic results of the engine through power and torque testing. Measurement of emission and fuel consumption has also been done to acquire characteristic and feasibility of the engine itself. Low fuel consumption engine should have low emission rate. From the result that given from the dyno test shows that the engine can generate maximum power of 733 watt at 2630 rpm and maximum torque 2,66 Nm at 2630 rpm. From the emission test the engine give a result of 777,1 ppm HC content, 0,698 % vol CO content, 8,43 % vol CO2 content, and 7,96 % vol O2 content.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library