Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25 dokumen yang sesuai dengan query
cover
O`Callaghan, Paul W.
New York : Pergamon Press , 1978
693.832 OCA b (1);693.832 OCA b (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011
R 729 DES (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ryan Junaldi
2012
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Chempaka Syahbuddin
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada intervensi yang dilalcukan oleh manajemen di
PT KOE untuk mcmbcntuk perilaku hemat energi pada karyawan meialui
program carpooling.
Pada saat ini ketersediaan energi BBM semakin berkurang. Menurut UU
Konsewasi Encrgi no.30 tahun 2007 adalah tanggungjawab semua pihak untuk
melakukan konservasi energi. Karena pemakaian BBM di Indonesia terbanynk
dikonsumsi oleh sektor industrl, dengan perincian sebagai berikut : yaitu sektor
rumah tangga sebesar 21,5%, sektor transportasi 37,9% serta sektor industri
sebesar 40,6%, maka sektor indushi sangat mcnaruh perhatian khusus untuk
menghemat energi. Disinilah perusahaan dapat berpanisipasi.
Energi dalam arti spcsifik yang dipakai industri adalah energi listrik yang
menggunakan bahan bakar minyak untuk pembangkilnya. Dalam rangka ikut
berpartsisi dalam melakukan pcnghematan energi di perusahaan, managemen PT
KOE mcncari program konservasi energi yang sesuai dengan keseharian
karyawannya.
' Melalui observasi dan wawancara yang dilakukan penulis, tergambarkan
pola keseharian karyawan di PT KOE yang mengakibatkan pemakaian listrik yang
melebihi semestinya di dalam kantor. Hal ini menyebabkan membengkaknya
biaya listrik yang harus dibayarkan oleh perusahaan.
Untuk menimbulkan perilaku konscrvasi cnergi, penul is mengusulkan
kepada perusahaan untuk melakukan program kompetisi carpooling, yaitu sebuah
perilaku dimana karyawan menggunakan satu mobil beramai-ramai sewaklu
berangkat dan pulang kerja.
Bertujuan untuk melihat intensi karyawan dalam melakukan carpooling,
penulis melakukan intervensi di perusahaan dengan menyebarkan informasi
selama tiga hari benurut-turut kcpada kclompok yang terdiri dari 30 orang dengan
kritcria mcmiliki mobil pxibadi dan berdomisili di luar Jakarta. Dilakukan juga
pengukuran intensi, sebelum dan sesudah intervensi. Hasil yang didapat adalah
teljadi kcnaikan intcnsi untuk melakukan cmpooling puda karyawan setelah
diadakan intervensi.
Berdasarkan hasil intervensi ini, pcnulis mengusulkzm kepada pemsahaan
untuk mclaksanakan kompetisi carpooling antar karyawan untuk membentuk
perilaku melakukan carpooling sewaktu berangkat dam pulang kantor bcrsama
rekan sekerja.

ABSTRACT
Today, the supply of energy from fossil fuel is depleting, white the
demand is increasingly higher. Consequently, the price is also rising higher every
day. The Conservation Bill no.30 year 2007 (Undang-undang Konservasi no.30
tahun 2007) has stated that it is the responsibility ot' all involved in society such as
the industry, the transportation and the households sector to conserve energy. The
statistics shows that the industrial sector has consumed 40,6% ot? all energy
consumption, followed by the transportation sector that reaches 37% and the
household sector is 21 ,5%. Therefore, the industry is the sector most conccmcd to
safe energy a way to cut energy cost. Energy in industrial term means electricity;
as such electric power plant to be able to operate needs fossil fuel as the energy.
The intervention in corporation done by PT KOE company toward its
employees is done because the company is seeking a solution, a way to conserve
energy meaning to cut electricity cost.
From observation and interviews, the writer finds out the routines of the
everyday life of the employees of PT KOE company which eventually effects the
consumption of electricity which is higher than it should be. The management of
PT KOE has agreed to a proposal submitted bythe writer to conduct intervention
within corporation which is the carpooling, a behavior in which employees to go
to work and go home together sharing one car with fellow employees.
The writer conducts intervention in corporation by spreading infonnation
to a group of 30 employees in a three days? time in sequence, with the following
criteria: each has a private car, each lives in outer J akarta.
Intention measurement is also done before and after intervention. The
result is the raise of intention of the employees atier the intervention conducted.
Based on the result of the intervention, the writer proposes to the management of
PT KOE to conduct carpooling competition to develop carpooling behavior to go
to work and to go home together with colleague by sharing a car.

"
2008
T34106
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsul Arifin
"Penggunaan kendaraan bermotor yang berkembang pesat akan membuat bahan bakar fosil semakin meningkat. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka tim LFCE (Low Fuel Consumption Engine) membuat penelitian mengenai mesin hemat bahan bakar. Intake manifold merupakan sebuah komponen mesin yang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan juga kualitas emisi gas buang dari suatu mesin. Pembuatan Intake manifold pada penelitian ini menggunakan bantuan software Autodesk Iventor untuk desainnya dan menggunakan Ansys untuk menghitung Keamanan dari desain yang telah dibuat. Dengan menguji dan menganilis desain yang telah dibuat dapat terlihat Intake Manifold yang dibuat aman dan juga menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik.

An icrease of using motor vehicle causing fossil fuel reserve dwindling. Therefore, LFCE (Low Fuel Consumption Engine) team of University Of Indonesia conduct a research about low fuel consumption engine. Intake Manifold is one of the part of engine that which influence the fuel consumption rate and the emission of the engine. An intake manifold design for 65 cc single cylinder otto engine has been created to get a better fuel consumption efisiency and emission. Using a software Autodesk Inventor and ANSYS to create the design make the result better. The fuel consumption lower than before and low emission can be reach.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63206
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Endah Eny Sulistyawati
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang penerapan bangunan hemat energi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kerangka rekayasa sistem. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran sistem dan rekomendasi kebijakan dari hasil evaluasi kebijakan pemerintah terkait bangunan hemat energi, serta mendapatkan rekomendasi dari studi kasus pengambilan keputusan pemilihan teknologi hemat energi. Pengambilan keputusan untuk studi kasus dilakukan dengan metode Analytic Hierachy Process AHP . Berdasarkan hasil penelitian, penerapan bangunan hemat energi di Indonesia masih memerlukan dorongan kebijakan pemerintah, terutama terkait pembiayaan proyek efisiensi energi. Faktor ekonomi masih merupakan faktor utama yang dipertimbangkan dalam penerapan bangunan hemat energi di Indonesia. Kemudian diperlukan peningkatan kemampuan teknikal bagi praktisi bangunan dan pihak lembaga pembiayaan terkait efisiensi energi. Selain itu, karena faktor lingkungan belum mendapat prioritas utama dalam penggunaan energi di bangunan, maka dibutuhkan upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat Indonesia dalam membudayakan perilaku hemat energi.

ABSTRACT
This study discusses the application of low energy buildings in Indonesia with a system engineering framework approach. The purpose of this research is to get the system overview and policy recommendation from result of government policy evaluation related to energy saving building, and get recommendation from case study of decision making of energy saving technology selection. Analytic Hierachy Process AHP is a method used to make decisions. Based on the results of this research, the implementation of low energy building in Indonesia still needs an encouragement of government policy, especially related to financing energy efficiency projects. Economic are still the main factor considered in the implementation of low energy buildings in Indonesia. Then it is necessary to improve technical capability related to energy efficiency for building practitioners and financing institutions. Moreover, since environmental have not been prioritized in energy use in buildings, it needs an effort to build awareness of Indonesian society to develope energy saving behavior."
2017
T48165
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lilis Purnamasari
"Penerangan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia dimanapun berada, karena dengan adanya penerangan itu akan sangat membantu aktivitas dan produktivitas manusia. Semakin banyak jumlah manusia kebutuhan akan penerangan itu pun juga bertambah. Hal tersebut berarti berbanding lurus dengan kebutuhan listrik. Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul produkproduk lampu hemat energi. Kebenaran daya lampu hemat energi tersebut perlu diuji apakah benar lampu tersebut hemat, dan seberapa persen penghematannya. Pada penelitian ini dilakukan pengecekan daya lampu dan perhitungan penghematan lampu hemat energi menggunakan metode LCCA dari 2 alternatif lampu yang direkomendasikan. Lampu yang diteliti adalah TL, CFL, dan lampu LED. Hasilnya, lampu LED terpilih menjadi lampu pengganti TL dengan tingkat penghematan biaya sebesar 11% dan penghematan daya sebesar 87% dari lampu TL yang digunakan di banguna-banguan FT UI.

Lighting is one of the primary needs of human beings everywhere, because with the lighting that will greatly assist human activity and productivity. The more the number of people will need that information was also increased. It means directly proportional to the demand for electricity. Along with technological developments, emerging products of energy saving lamps. Truth is power energy saving lamp needs to be tested whether the saving lamps, and how much percent savings. In this study done checking power saving lamps and energy-efficient lighting calculations using the LCCA of two alternative lights recommended. Studied the TL lamps, CFL, and LED lights. The result, the LED replacement lamp TL was elected to the rate of 11% cost savings and power savings of 87% of TL lamps used in buildings of FT-UI."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1963
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fikry Rachman Faizal
"Rendahnya tingkat penggunaan bahan bakar, bertenaga, ringan merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan untuk merancang kendaraan yang diikut serta dalam kompetisi tahunan Shell Eco-marathon. Kompetisi ini meransang jiwa enjiniiring insinyur-insinyur muda untuk merancang kendaraan inovatif yang mampu berjalan ribuan kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya. Mendesain, Membangun, Mempraktikannya untuk membuktikan bahwa hasil rancangan mereka benar-benar berhasil.
Tulisan ini mempresentasikan kajian teoritis dan optimasi mesin otto satu silinder empat langkah berkapasitas 65 cc hasil rancangan tim riset berdasarkan teori motor pembakaran dalam dengan mengoptimasi rumus-rumus empiris pada perhitungan siklus termodinamika, dengan tujuan hasil perhitungan masih dalam batasan nilai input untuk mengkalkulasi komponen-komponen mesin hasil rancangan. Mesin ini dirancang untuk kompetisi hemat energi seperti Shell Eco-marathon.

Low rates of fuel utilization, high power, and low weight of the vehicle are some factors that need to be considered while participating in the annual Shell Ecomarathon competition. This competition stimulates the sense of engineering of young engineers to design an innovative vehicle which can run through thousands of kilometers on a liter of fuel. Design, build, and run the vehicle to proof that it is really work.
This paper present the theoretical study on 65cc Four-Stroke Onecylinder Spark-Ignition Engine, based on Internal Combustion Engine theory with optimize the empirical value of thermodynamic cycle due to the calculation results are still within the limits of input value for calculating the components used for designing. This engine is designed for fuel-saving competition like Shell Eco-marathon.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lukas Damris
"ABSTRAK
Pemakaian bahan bakar adalah komponen nomor dua terbesar dalam biaya
operasional kapal. Salah satu sumber pemakaian bahan bakar pada kapal adalah
penggunaan mesin bantu untuk sumber energi listrik pada kapal. Penggunaan
alternator yang memanfaatkan putaran mesin induk dapat menjadi alternatif
sumber energi listrik kapal. Oleh sebab itu diperlukan perancangan penggunaan
sistem alternator yang memanfaatkan putaran mesin induk yang sesuai pada kapal.
Kapal Titan 31 milik PT NTT adalah salah satu kapal penarik barge bermuatan
batu bara yang cukup banyak menghabiskan bahan bakar. Hasil dari penelitian ini
adalah perancangan pemasangan alternator pada kapal Titan 31. Setelah dilakukan
analisa penghematan bahan bakar, pengunaan alternator memanfaatkan putaran
mesin induk dapat menghemat 875.25 liter bahan bakar dalam sekali perjalanan

ABSTRACT
Fuel consumptiont is the second largest component in vessel operating cost. One
source of fuel use on ships is the use of auxiliary engine to generate electrical on
ship. Use of the alternator which utilizes round main engine can be alternative
source of electrical energy. Therefore it os necessary to design system use an
alternator utilizes stem spin main engine that fits on the ship. Titan 31 ships
owned by PT NTT is one tugboat barge loaded with coal were pretty much spent
fuel. The results of this research is to design the installation of the alternator on
the vessel Titan 31. After analysis to fuel savings, the use of the alternator harness
stem spin machine can save 875.25 liters of fuel per trip;"
2016
S64911
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Afrianza
"Daya tarik Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan bisnis selalu ramai untuk berbagai aktivitas. Jakarta penuh, tak hanya oleh warga Jakarta sendiri, juga dari kota-kota penyangga. Pada awal 2019 lalu, MRT mulai dioperasikan dari Stasiun Lebak Bulus ke Stasiun Bundaran HI. Animo masyarakat begitu luar biasa untuk menggunakan MRT. Salah satu penumpang potensial MRT adalah para pengendara mobil. Mengendarai mobil berarti memiliki privasi sendiri, tidak mengganti moda transportasi, dan dapat melakukan perjalanan yang lebih kompleks. Namun mereka juga menghadapi risiko seperti kemacetan dan biaya transportasi yang lebih mahal. Penelitian ini membahas bagaimana probabilitas pengendara mobil untuk berpindah menggunakan MRT. Pengguna mobil mendapatkan insentif berupa fasilitas tambahan, penghematan, dan penghematan biaya. Analisis menggunakan metode regresi logistik. Variabel usia dan pendapatan paling mempengaruhi pemilihan moda. Probabilitas perpindahan pengendara mobil ke MRT pada model 1 ada pada rentang 67,15% (Penghematan waktu 10 menit, biaya Rp15 ribu) hingga 95,83% (Penghematan waktu 30 menit, biaya Rp35 ribu). Sementara probabilitas pada model 2 mulai dari 35,49% (Penghematan waktu 10 menit, biaya Rp15 ribu) hingga 93,6% (Penghematan waktu 30 menit, biaya Rp35 ribu). ATP responden berdasarkan metode biaya perjalanan adalah Rp40.550. Penghematan biaya agar 50% responden mau menggunakan MRT ada pada model 2 dengan biaya Rp28 ribu dan penghematan waktu 10 menit.

Magnet Jakarta as the capital city and business center makes this city bustling for various activities. Jakarta is bad, not only by its citizens, but also from other satellite cities. In early 2019, the MRT started operating, trying to answer the challenges that stretched from Lebak Bulus to the HI Roundabout. The enthusiasm of the public is extraordinary in welcoming the MRT. One of the prospective MRT users is a private car user. Driving a car means having your own privacy, not needing to change modes, and being able to make complex journeys. However, they also face some risks, such as traffic jams, and higher transportation fares. This study discusses how car drivers in Jakarta switch their modes to the MRT. Car users get several incentives in the form of facilities, cost savings, and time savings. This study uses logistic regression method to calculate the data. Age and income variables have a greater influence on the choice of mode. The probability of switching from car to MRT in Model 1 is from 67.5% (10 minutes saving time, saving Rp. 15,000) to 95.83% (30 minutes saving time, Rp. 35,000 from saving costs). While the probability of model 2 starts from 35.49% (10 minutes time saving, 15,000 cost saving) to 93.6% (30 minutes time saving, 35,000 cost saving). The respondent's ATP based on the travel cost method is Rp. 40,550. A cost savings of IDR 28,000 and a time savings of 10 minutes are needed to shift 50% of respondents using the MRT."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>