Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ade Suryani
"ABSTRAK
Program mentoring kepala ruangan yang dijalankan dengan tepat dapat meningkatkan
perilaku perawat dalam menjaga keselamatan diri dari bahaya kemoterapi. Fenomena
ditemukan di RS.Kanker Dharmais mentoring kepala ruangan, perilaku perawat
pelaksana dan keselamatan diri dari bahaya kemoterapi belum optimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mendapatkan gambaran efektifitas program mentoring kepala
ruangan terhadap peningkatan perilaku perawat dalam menjaga keselamatan diri dari
bahaya kemoterapi di ruang rawat inap RS.Kanker Dharmais. Penelitian ini
mengunakan metode quasi experiment dengan Pretest-Posttest Control Group
Design. Sampel yang digunakan pada 66 perawat pelaksana (33 kelompok intervensi,
33 kelompok kontrol). Intervensi program mentoring dilakukan pada kelompok
intervensi setelah pelatihan program mentoring kepala ruangan. Hasil penelitian
menunjukkan perilaku perawat dalam menjaga keselamatan diri dari bahaya
kemoterapi ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan program
mentoring kepala ruangan pada kelompok intervensi (p<α, α=0.05), sehingga dapat
disimpulkan bahwa program mentoring kepala ruangan dapat meningkatkan perilaku
perawat dalam menjaga keselamatan diri dari bahaya kemoterapi.
Program mentoring kepala ruangan dengan cara pembinaan, monitoring, dan evaluasi
perlu terus dilakukan terhadap perilaku keselamatan diri perawat dari bahaya
kemoterapi di Rumah Sakit.

ABSTRACT
Mentoring program by head nurse can increase the behavior of nurses in
maintaining the safety away from hazards chemotherapy. The phenomenon was found
in the head space RSKD mentoring, behavior and safety nursed themselves from the
hazards of chemotherapy has not been optimal. This study aims to get a picture of the
effectiveness of mentoring programs to increased head nurses conduct themselves in
maintaining the safety of the hazards of chemotherapy in inpatient room RSKD. This
study used the method of quasi experiment with pretest-posttest control group design.
The sample used in 66 nurses (33 intervention group, 33 control group). Intervention
mentoring program conducted in the intervention group after training mentoring
program head nurse. The results showed the behavior of nurses in maintaining
personal safety from hazards chemotherapy was significant difference before and
after the mentoring program head nurse in the intervention group (p <α, α = 0.05
level), so it can be concluded that mentoring programs can improve the behavior of
head nurse in keep away from the hazards of chemotherapy safety. Mentoring
program head nurse by way of coaching, monitoring, and evaluation needs to be
conducted on the behaviour of personal safety from hazards chemotherapy nurse at
the hospital."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
T41954
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elisabeth Dewi Puspitaningrum
"Pendahuluan: Preceptorship merupakan suatu proses pendampingan yang diberikan kepada perawat baru untuk mengembangkan keterampilan, yang membutuhkan peran manajer keperawatan dalam memberikan pengarahan berupa supervisi. Saat pelaksanaan terjadi hambatan yang dialami supervisor dalam melaksanakan supervisi, dimana kurangnya waktu dalam melakukan pendampingan dan monitoring. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan supervisi klinis yang dilakukan kepala ruangan terhadap program preceptorship perawat baru di rumah sakit X Jakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan partisipan berjumlah 8 orang yang ditentukan dari kriteria inklusi dan dibantu oleh key person. Instrumen evaluasi menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dari transkrip verbatim hingga didapatkan tema – tema. Hasil: Penelitian ini mengidentifikasi enam tema tentang pengalaman kepala ruangan dalam melakukan supervisi program preceptorship dan dijabarkan dalam pembahasan, sebagai berikut: 1) Berharap adanya panduan pelaksanaan supervisi kegiatan preceptorship; 2) Berharap adanya peningkatan mutu pelayanan keperawatan; 3) Berbagai kendala yang dialami dari sisi perawat dan kepala ruangan; 4) Optimalisasi Program Preceptorship; 5) Sadar terhadap peran dan pentingnya pemahaman tentang supervisi; 6) Berharap adanya peningkatan kemampuan preceptor dan preceptee. Kesimpulan: Inti dari enam tema tersebut menjelaskan bahwa pentingnya peran dan dukungan yang diberikan oleh manajer keperawatan dalam pembuatan panduan terkait pelaksaan supervisi kegiatan preceptorship.

Introduction: Preceptorship is a process of mentoring given to new nurses to develop skills, which requires the role of the nursing manager in providing direction in the form of supervision. During the implementation, supervisors experienced obstacles in carrying out supervision, where there was a lack of time in providing assistance and monitoring. The purpose of this study was to obtain an overview of the implementation of clinical supervision carried out by the head of the ward for the new nurse preceptorship program at hospital X Jakarta. Methods: This study used a qualitative descriptive approach with 8 participants who were determined from the inclusion criteria and assisted by a key person. The evaluation instrument used interview guidelines, observation sheets, and field notes. Data analysis was conducted from verbatim transcripts to obtain themes. Results: This study identified six themes regarding the experience of the head of the room in supervising the preceptorship program and described in the discussion, as follows: 1) Availability of guidelines for the implementation of supervision of preceptorship activities; 2) Expecting an increase in the quality of nursing services; 3) Various obstacles were experienced by nurses and the head of the room; 4) Optimizing the Preceptorship Program; 5) Awareness of the role and importance of understanding supervision; 6) Expecting an increase in the ability of preceptors and preceptees. Conclusion: The core of the six themes explains the importance of the role and support provided by nursing managers in making guidelines regarding the supervision of preceptorship activities."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library