Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Fitriana
Abstrak :
ABSTRAK
Disebutkan dalam Pasal 28 UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PAUD adalah pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal. Menurut Gutama (Media indonesia, I0 Juli 2006), banyak kendala yang dihadapi dalam meningkatkan partisipasi PAUD di Indonesia, diantaranya adalah tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi. Sedangkan S6C&l`8 umum, guru merupakan faktor penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Oleh kanena itu, penting memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas guru. Berdasarkan analisa kebutuhan yang diiakukan kepada guru PAUD dan kepala sckolah PAUD yang ada di kota Bogor diketahui bahwa pengajar masih bclum memahami pcngajaran efektif secara keseluruhan sehingga mereka belum dapat kreatif dalam menyiapkan bahan-bahan pembelajaran dan mcngatasi anak-anak yang bemiasalah. Akar permasalahannya adalah karena pengctahuan mereka yang kurang mengenai kamkteristik anak usia dini dan bagaimana cara menghadapinya, Hal ini disebabkan oleh perbedaan lalar belakang pendidikan para pengajar dan sebagian besar dari mereka lidak memiliki pengetahuan dasar sebagai gum. Tujuan pelatihan ini adalah untuk membekali guru mengcnai pengetahuan karaktcristik anak usia dini schingga nantinya diharapkan guru lebih efektif dalam mclakukan kegiatan bclajar mengajar di kclas. Pelatihan ini diadakan dengan durasi waktu empat bclas jam selama dua han. Isi pelatihan dirangkum dalam sebuah modul yang terdiri atas tujuh scsi dengan pokok bahasan antara lain : I) Perkembangan anak usia dini, khususnya aspek Esik, kognititl emosi dan sosial; 2) Pendidikan anak usia dini secara umum.
ABSTRACT
Stated on Pasal 28 UU No. 20/2003 about National Education System, early child age education is an education prior to basic education level run through formal, nonforrnal, and informal education. According to Gutama (Media Indonesia, .luly IO, 2006), many obstacles faced on improving PAUD participation in Indonesia, that is, non qualified educator. Commonly, teacher is a definite factor detemiining high-low of education quality. Therefore, it is important to give finll attention in improving the quality of the teachers. Based on need analysis of PAUD teacher and PAUD headmaster in Bogor, it is known that they lack of comprehension of effective teaching completely, in order to, they can't provide creative teaching modul and handle extraordinary problem on children. The main problem is because of they lack of comprehension on the characteristics of early child age and how to face and handle it. It is caused by difterent education background ofthe teachers and having no basic knowledge of teacher. This training aims to give the teachers knowledge of early child age characteristics so they can effectively teach in the classroom. This training is organized in I4 hours for 2 days. It covered in a modul with 7 session discussing: I) The development of early child age such as physically aspect, cognitive, emotion and social; 2) Early child age education.
2007
T34127
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ika Setya Mahanani
Abstrak :
ABSTRAK
Closeness hubungan guru dan anak di PAUD merupakan hal yang memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterlibatan anak dengan sekolah, peningkatan prestasi akademis, perilaku prososial serta mengurangi perilaku bermasalah anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan closeness dalam hubungan guru dan anak di PAUD melalui pelatihan active empathic listening skill. Partisipan penelitian adalah empat orang guru PAUD. Hubungan guru diukur berdasarkan persepsi guru terhadap hubungannya dengan anak. Masing-masing guru akan dilihat persepsi hubungannya dengan lima anak didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil pengolahan data statistik menunjukkan adanya perubahan sangat signifikan pada kenaikan tingkat closeness hubungan guru dan anak antara pre test dan post test 1 z = -3.560, p = 0.000 < 0,01 , serta post test 1 dengan post test 2 z = -3.220, p = 0.001 < 0,05 . Sedangkan skor active empathic listening skill menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara pre test dan post test 1 z = -1.826, p = 0.34 < 0,05 dan tidak ada peningkatan signifikan antara post test 1 dengan post test 2 z = -1.342, p = 0.090 > 0,05 .
ABSTRACT
Closeness in teachers child relationship in early childhood education has a positive impact in increasing the involvement of children with school, improve academic achievement, prosocial behavior and reduce child problem behavior. This study aims to improve closeness in teacher child relationship in early childhood education through active empathic listening skills training. Participants are four early childhood education teachers. Teacher child relationships are measured based on teachers 39 perceptions of their relationship with children. Teachers fill the questionnaire by her perception of her relationship with 5 children. This research uses quasi experimental method with one group pretest posttest design. The results of statistical data processing showed a very significant change in the increase of closeness level of teacher child relationship between pretest and post test 1 z 3.560, p 0.000 0,01 , and post test 1 with post test 2 z 3.220, p 0.001 0,05 . Active empathic listening skill showed significant improvement between pre test and post test 1 z 1.826, p 0.34 0,05 and no significant improvement between post test 1 and post test 2 z 1.342, p 0.090 0,05 .
2018
T50870
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library