Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Purba, Judith Scolastika
"Humor merupakan suatu hal yang dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita, bisa dalam bentuk verbal, visual, ataupun fisik. Humor verbal merupakan humor yang disampaikan melalui ucapan, humor visual melalui objek yang dilihat dengan mata, dan humor fisik melalui gerakan atau gestur tubuh. Salah satu contoh dari bentuk humor verbal adalah ejekan. Penelitian ini membahas humor ejekan yang digunakan pada serial ragam Korea Selatan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah delapan episode acara ragam Korea Selatan University War yang tayang pada tahun 2023. Data penelitian dibatasi pada sesi wawancara dengan total 43 data. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif dan merujuk pada General Theory of Verbal Humor (Teori Umum Humor Verbal) dari Attardo (1994). Pertanyaan penelitian yang ingin dijawab adalah bagaimana penggunaan humor ejekan dalam sesi wawancara acara ragam Korea Selatan University War. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta banyak menggunakan humor ejekan sebagai strategi untuk menegaskan dominasi sebagai tim dan merusak kepercayaan diri peserta lain.
Humor is something that we can easily find around us, in it could be verbal, visual, or physical form. Verbal humor is humor conveyed through speech, visual humor through objects seen with the eyes, and physical humor through body movements or gestures. One example of verbal humor is insult. This research discusses the insult humor used in South Korean variety series. The data source used in this research is eight episodes of the South Korean variety show University War, which aired in 2023. The research data is limited to interview sessions with 43 datas in total. The research was conducted using descriptive qualitative methods and the General Theory of Verbal Humor by Attardo (1994). The research question to be answered is how is insult humor used in the interview sessions of the South Korean variety show University War. This study shows that participants often use insult humor as a strategy to assert team dominance and undermine other participants."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amadhea Naidriya Putri
"ABSTRAK
Salah satu bentuk populer strategi berkomunikasi adalah menggunakan humor. Meskipun telah banyak studi yang meneliti hubungan antara humor dan semantik dalam konteks periklanan, masih sedikit yang mendiskusikan hubungan antara cuitan (tweet) humor, komunikasi bisnis, dan pragmatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menginvestigasi konstruksi cuitan humor berdasarkan delapan knowledge resources dan (2) mendiskusikan fungsi pragmatiknya. Penelitian ini menggunakan versi panjang dari General Theory of Verbal Humor oleh Attardo (Tsakona, 2013), yang dilengkapi dengan analisis fungsi teks oleh Brinker. Data penelitian terdiri dari 111 cuitan humor dari akun twitter resmi Burger King dari tahun 2016 hingga tahun 2018 yang telah diseleksi berdasarkan teori Style Humor Used (Martin, Puhlik-Doris, Larsen, Gray, & Weir, 2003). Pemilihan tahun tersebut didasarkan pada adanya korelasi positif antara penggunaan strategi humor di media sosial dengan peningkatan performa penjualan Burger King. Hasil penelitian ini adalah: (1) Burger King menggunakan konstruksi humor yang berbeda di akun cuitannya, terutama pada Script Opposition, Language Mechanism, Target, dan Konteks; dan (2) Cuitan humor yang digunakan Burger King mempunyai fungsi yang berbeda-beda, yaitu untuk mempersonalisasikan merek (2016), meminta pelangganan untuk melakukan sesuatu (2017), dan mempromosikan produk (2018).

ABSTRACT
One of the most popular forms of communication strategy is humor. Although various studies have accounted the relation of humor and semantics in advertisement context, relatively little has discussed the link between humor tweets, business communication, and pragmatics. Therefore, the main aim of this study is to (1) investigate the construction of humor tweets based on eight knowledge resources and (2) discuss its pragmatic function. The study applies the extension version of Attardos General Theory of Verbal Humor (Tsakona, 2013), complemented with Brinkers text functional analysis. Selected based on style humor used (Martin et al., 2003), the data for the study consist of 111 humor tweets from Burger King Twitter account between the year 2016 and 2018. The three years are selected because there seems to be a positive corellation between the use of humor strategy in social media and Burger Kings sales during those years. A key finding is that Burger King: (1) applies different construction of humor in Burger Kings Twitter account, especially in Script Opposition, Language Mechanism, Target, and Context; and (2) uses different function of the humor tweets for personalizing the brand (2016), asking the customer to do some act (2017), and promoting the products (2018)."
2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library