Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Alya Latifah Oetarto
"Transformasi karyawan digital, seperti pada industri telekomunikasi yang mengalami peningkatan produktivitas selama pandemic COVID-19, membutuhkan aplikasi kolaborasi yang baik untuk menirukan ruang kerja yang sebenarnya. Aplikasi kolaborasi yang baik memerhatikan aspek-aspek kegunaan sehingga dapat membantu pengguna dalam mencapai tujuannya. Hal ini dapat dicapai salah satunya melalui proses perancangan yang berbasis persona pengguna dan tujuan yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan rekomendasi desain aplikasi kolaborasi mobile pendukung WFH bagi karyawan industri telekomunikasi berdasarkan metode Goal-Directed Design (GDD). Tahapan metode GDD yang dilakukan adalah research dan modeling menggunakan cognitive walkthrough, retrospective think aloud, wawancara, serta analisis klaster, dilanjutkan tahap requirements, framework, hingga refinement. Hasil penelitian berupa prototipe interaktif aplikasi kolaborasi dengan tampilan dan fungsi yang disesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan persona pengguna.
"Digita l employee transformation, such as in the telecommunications industry which saw" "increased productivity during the COVID-19 pandemic, requires good collaboration applications to mimic real workspaces. A good collaboration application pays attention to usability aspects so that it can help users in achieving their goals. This can be achieved through a design process that is based on the user persona and the goals it has. This study was conducted to provide recommendations for the design of mobile collaboration applications supporting WFH for employees of the telecommunications industry based on the Goal-Directed Design (GDD) method. The stages of the GDD method are research and modeling using cognitive walkthrough, retrospective think aloud, interviews, and cluster analysis, followed by the requirements, framework, and refinement stages. The results of the research are interactive prototypes of collaboration applications with displays and functions that are tailored to the goals and needs of the user persona.""
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Djody Putra Pohandi
"Pengujian usability merupakan suatu cara sistematik untuk mengamati pengguna ketika mencoba untuk menggunakan suatu produk atau sistem digital, dan kemudian mengumpulkan informasi secara spesifik apakah produk tersebut mudah atau sulit untuk digunakan. Penelitian awal menunjukkan bahwa pada studi kasus aplikasi X, aplikasi X masih mendapatkan penilaian yang kurang memuaskan dari pengguna dan hasil pengujian usability menunjukkan bahwa aplikasi X belum dapat diterima berdasarkan parameter penilaian dan masih terdapat kekurangan. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan prototype suatu aplikasi jual beli cryptocurrency baru berdasarkan hasil evaluasi dari studi kasus aplikasi X, dengan menggunakan metode Goal-Directed Design. Perancangan dilakukan dengan menggunakan beberapa teori desain lainnya seperti Jakob’s Law, Friction, Threshold, dan Transition. Setelah itu, dilakukan pengujian kembali usability testing terhadap prototype rancangan desain aplikasi baru tersebut yang bertujuan untuk melihat perbandingan hasil usability testing dari prototype aplikasi baru dengan aplikasi X. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi rancangan tampilan user interface dan user experience dari suatu aplikasi jual beli cryptocurrency.
Usability testing is a systematic way to observe users when they are trying to use a product or a digital system, and then gathering an information specifically about whether the product is easy or difficult to use. Preliminary research shows that in the case study of X application, the X application still gets an unsatisfactory rating from the users and the usability testing results indicate that application X has not been accepted based on the assessment parameters and there are still shortcomings in the application. In this study, a prototype design of a new cryptocurrency trading application was carried out based on the evaluation of the usability testing result of the X application case study, by using the Goal-Directed Design Method. The design conducted by using several of the design theories such as Jakob’s Law, Friction, Threshold, and Transition. After that, a usability testing was carried out again on the prototype of the new application design which aims to compare the usability testing results of the new applications prototype with the X applications. The result of this research is the design of user interface and user experience of a cryptocurrency trading application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library