Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Iqbal Dharmaputra
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S33902
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Olga Oktiviani Prasaktio
"Mixue merupakan perusahaan franchise yang menjual es krim dan minuman teh yang berasal dari Zhengzhou, Henan, Tiongkok dan didirikan pada tahun 1997. Di Indonesia sendiri gerai mixue mulai hadir sejak tahun 2020 dengan gerai pertamanya yang berlokasi di Cihampelas Walk, Kota Bandung dan saat ini mulai berkembang. Pada tahun 2020 gerai mixue di Kota Bandung hanya berjumlah 4 gerai yang kemudian berkembang secara pesat pada tahun 2021-2022 sehingga pada saat ini berjumlah 70 gerai yang tersebar di seluruh Kota Bandung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristikĀ  lokasi dan menganalisis proses difusi gerai mixue di Kota Bandung yang dilihat berdasarkan gelombang, arah, jarak. dan tipe. Metode yang digunakan yaitu wawancara dengan beberapa responden terkait gerai mixue yang nantinya hasil yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan keruangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan gelombang difusi gerai mixue memiliki persebaran yang lambat akan tetapi mengalami kenaikan yang tinggi pada periode t1 dan menurut pada periode t2 hingga t3. Menurut arah difusinya, gerai mixue cenderung mengarah ke wilayah Kota Bandung bagian Barat dan Selatan yang dibuktikan dengan jumlah gerai mixue yang meningkat pada wilayah tersebut dan memiliki tipe difusi yaitu gabungan antara difusi ekspansi dan relokasi dengan karakteristik lokasi mayoritas pada difusi gerai mixue yaitu karakteristik lokasi tipe C.

Mixue is a franchise company that sells ice cream and tea drinks originating from Zhengzhou, Henan, China and was founded in 1997. In Indonesia, Mixue outlets started to appear in 2020 with the first outlet located at Cihampelas Walk, Bandung City and is currently starting develop. Expanding In 2020, there were only 4 mixue outlets in Bandung City, which then grew rapidly in 2021-2022 so that currently there are 70 outlets spread throughout Bandung City. This research aims to determine location characteristics and analyze the diffusion process of mixue outlets in Bandung City based on waves, direction, distance and type. The method used was interviews with several respondents related to mixue outlets. The results obtained were then analyzed using descriptive and spatial analysis. The results of the research show that based on the diffusion wave, mixue outlets have a slow spread but experience a high increase in the t1 period and was decreased in the t2 to t3 period. According to the direction of diffusion, mixue outlets tend to be directed towards the western and southern areas of Bandung City as evidenced by the increasing number of mixue outlets in these areas and have a diffusion type, with type C location characteristics as the majority."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Rahardiana Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Visual Merchandising Pada Perilaku Impulse Buying: Studi Kasus Pada Gerai Ritel Fashion H&M Grand Indonesia Jakarta Pusat. Responden dalam penelitian ini adalah para konsumen H&M Grand Indonesia Jakarta Pusat yang memiliki pengalaman melakukan transaksi pembelian tidak terencana terhadap produk di gerai H&M Grand Indonesia dalam kurun waktu dua bulan terakhir sebanyak 120 responden.
Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian ini diolah dengan perangkat lunak SPSS dan Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa window display, in-store form, floor merchandising, dan promotional signage berpengaruh terhadap perilaku impulse buying di gerai ritel fashion H M Grand Indonesia Jakarta Pusat.

This study aims to determine The Influence of Visual Merchandising on Impulse Buying Behavior Case Study on Fashion Retail Store H&M Grand Indonesia Central Jakarta. Respondents in this study are the consumers of H&M Grand Indonesia Central Jakarta who have experienced an impulse buying transaction for a product in H&M Grand Indonesia Central Jakarta in the last two months with 120 respondents.
Design of this research is quantitative. This research data is processed by softwares SPSS and Lisrel. The results showed that window display, in store form, floor merchandising, and promotional signage proved to affect impulse buying behavior in H M Grand Indonesia Central Jakarta.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Griani Ajeng Wijayani
"Pembelian Tidak Terencana dapat dipengaruhi oleh perilaku konsumen dan juga faktor-faktor lingkungan gerai. Perilaku konsumen yang dimaksud adalah perilaku konsumen yang mendekati atau menjauhi gerai (approach/avoiding). Faktor-faktor dalam lingkungan gerai seperti faktor suasana dan faktor sosial turut berperan dalam membuat konsumen berperilaku mendekati atau menjauhi gerai. Objek dalam penelitian ini adalah salah satu waralaba lokal di Indonesia yaitu J.CO Donuts & Coffee. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi gerai J.CO Donuts & Coffee dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua faktor lingkungan gerai yang digunakan dalam penelitian yaitu faktor suasana dan faktor sosial terbukti berpengaruh signfikan terhadap perilaku konsumen untuk mendekati gerai. Variabel perilaku konsumen juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana.

Impulse buying can be effected by consumer behavior and store environment. Consumer behavior is either approaching store or avoiding store. Store environment such as ambient cues and social cues are also involved on making consumer approaching or avoiding store. The object of this research is one of local franchise in Indonesia, J.CO Donuts & Coffee. Sample of this research is consumer who?s visiting J.CO Donuts & Coffee store within a month. Data processed using Structural Equation Model (SEM). This research found that both ambient cues and social cues have significant effect on consumer approaching behavior. And consumer approaching behavior also has significant effect on impulse buying"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63863
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Frendy Pradana
"Semenjak tahun 2010, DJP menggiatkan ekstensifikasi pajak dengan UMKM sebagai salah satu sasarannya. Kepatuhan UMKM dalam memenuhi kewajiban perpajakan masih sangat rendah, sehingga pada pertengahan tahun 2013, KPP Pratama Jakarta Tanah Abang Dua menggagas gerai layanan yang ditujukan untuk menghadirkan layanan kepada Wajib Pajak dan juga sebagai media jemput bola. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survey. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis evaluasi gerai layanan pajak di pusat perbelanjaan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi gerai telah menunjukkan hasil yang positif namun gerai layanan pajak tidak dapat dijadikan solusi satu-satunya dan masih membutuhkan alternatif kebijakan lain, misalnya Surat Himbauan Pajak

Directorate General of Taxation (DGT) has invigorated tax extensification program since 2010. SMEs became one of the program target due to the low level of their tax compliance. Thus, in 2013 Jakarta Tanah Abang Dua Tax Office initiated Tax Service Outlet Program at shopping centre to present services to tax payers closer. The research was conducted by using quantitative approach with survei as data collection technique. This research is aimed to evaluate the Tax Service Outlet program. As the result, this program was measured as positive. However, the program may not be the sole solution. Appeal Letter can be the other alternative to increase tax payer's compliance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S65779
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosia El Gibort
"Maraknya penutupan berbagai gerai ritel di Asia Tenggara menimbulkan dampak terhadap kondisi finansial emiten ritel, yang juga akan memberi pengaruh pada kondisi finansial investor. Penelitian ini secara spesifik ditujukan untuk menganalisis dampak finansial penutupan gerai ritel terhadap imbal hasil saham dan kinerja keuangan emiten ritel. Pendekatan empiris menggunakan Fama French three-factor model dipilih untuk menghitung imbal hasil abnormal yang disebabkan oleh kejadian ini. Rasio profitabilitas dan nilai pasar relatif digunakan untuk menilai kinerja keuangan tiap emiten. Studi memperlihatkan adanya nilai cumulative abnormal return negatif yang signifikan secara statistik sejak pengumuman hingga hari pertama setelah pengumuman. Cumulative abnormal return dengan nilai negatif terjadi sampai hari kelima setelah pengumuman, akan tetapi sudah tidak signifikan secara statistik. Adapun, kondisi kinerja keuangan emiten ritel sebelum dan sesudah penutupan gerai tidak berbeda signifikan secara statistik.

The spreading news of retail store closure in Southeast Asia brings the impact toward the financial condition of the retail listed companies as well as of the investors’. The specific objective of this study is to examine the financial impact of closing retail outlets on stock return and the financial performance of retail listed companies. Empirical approach is used in this study, using the Fama French three-factor model to calculate stock return that occur due to this event. Profitability and relative market value ratios are used to evaluate the financial performance. An interesting finding from this study is that there is an abnormal and negative return from the closure of retail stores. It is showed by the negative cumulative abnormal return (CAR), that is significant statistically, until the first day after the store closure announcement is announced. The negative abnormal return occurs until the fifth day after announcement that is not significant statistically anymore. However, the financial performances before and after store closure are not different statistically."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reiza Amin Sini
"ABSTRACT
Minimarket menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari dari masyarakat. Oleh karena itu tingginya permintaan pada toko jenis ini tidak mengherankan lagi. Berdasarkan penelitian oleh The Nielsen Company pada tahun 2017 menunjukan bahwa penjualan pada minimarket lebih tinggi 17 kali lipat jika dibandingkan dengan super market dan hypermarket. Hal ini menunjukan tingginya kebutuhan akan barang-barang yang dijual pada minimarket. Penelitian ini dilakukan pada salah satu cabang minimarket di kota Bandung yaitu Nindy minimarket yang terletak di daerah Sarimas. Selama ini toko ini tidak pernah memiliki panduan pasti dalam memesan produk nya sehingga jumlah produk yang dibeli dapat menjadi sangat banyak dan pada akhirnya meningkatkan holding cost. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan pilihan bagi toko ini mengenai jumlah pemesanan yang harus dilakukan untuk mengurangi holding cost nya. Penelitian ini dilakukan dengan memilih 20 produk dengan penjualan tertinggi dimana produk ini akan diolah dengan menggunakan sesuai dengan cara pemesanannya yaitu metode continuous atau periodic. Untuk menghindari permintaan yang tidak terduga maka penelitian ini juga mencari jumlah safety stock yang harus ditentukan oleh toko sehingga dapat mengantisipasi permintan yang tidak terduga.

ABSTRACT
Minimarket provides various kinds of daily needs from the community. Therefore, the high demand for this type of shop is not surprising anymore. Based on research by The Nielsen Company in 2017, it was shown that sales at the minimarket were 17 times higher compared to super markets and hypermarkets. This shows the high demand for goods sold on minimarkets. This research was conducted at one of the minimarket branches in the city of Bandung, namely Nindy minimarket located in the Sarimas area. So far this shop has never had a definite guide in ordering its products so that the number of products purchased can be very large and ultimately increase the holding cost. Therefore this study aims to provide an option for this store regarding the number of orders that must be made to reduce the holding cost. This research was conducted by selecting 20 products with the highest sales where this product will be processed using according to the method of ordering, namely continuous or periodic methods. To avoid unexpected requests, this research also looks for the amount of safety stock that must be determined by the store so that it can anticipate unexpected requests."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Araminta Putrie Nirami
"Industri ritel yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahan untuk membentuk strategi agar dapat tetap bersaing. Salah satu strategi yang dianggap mampu menarik perhatian konsumen adalah penataan letak produk di dalam gerai. Tata letak produk yang berfokus terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja dipercaya mampu meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada sebuah gerai ritel di Depok menggunakan metode association rules dan multidimensional scaling. Association rules adalah metode data mining yang digunakan untuk menemukan hubungan asosiasi antar kategori produk berdasarkan pola pembelian. Sementara multidimensional scaling akan mengelompokan kategori produk dalam sebuah pemetaan perceptual. Hasil dari penelitian menemukan 102 hubungan asosiasi dan 4 kelompok kategori produk yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan sebuah desain tata letak produk yang baru.

The increasing competition in retail industry, requires every company to build a strategy to remain the competition. One strategy that is considered to be able to attract the attention of consumers is product layout. In-store stimuli such as the layout of products focused on consumer behavior in stores is believed to increase sales to the company. This study was conducted at a Hypermarket in Depok, using association rules and multidimensional scaling. Association rules in one of data mining techniques to discover customer buying patterns among several categories of products. While multidimensional scaling classify the categories of products in a perceptual mapping. The result of this study found 102 association rules and 4 product cluster between the product categories, to be interpreted as a consideration for improving product layout in Hypermarket."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53694
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurfitriana Tri Utami
"ABSTRAK
Dalam rangka memperluas pasar konsumen, perusahaan perlu memperhatikan kepuasan konsumen yang akan berdampak pada keberlanjutan kegiatan pembelian produk. Market basket analysis dilakukan untuk melihat pola pembelian konsumen dengan cara mengidentifikasi asosiasi dari berbagai produk yang diletakkan konsumen pada keranjang belanja. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh jenis gerai terhadap pola pembelian konsumen. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan basis transaksi pelanggan. Data tersebut diolah menggunakan teknik data mining dan salah satu algoritma association rule, yaitu apriori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pola pembelian konsumen pada setiap jenis gerai.

ABSTRACT
In order to expand the current market, companies need to pay attention to customer satisfaction that will affect the sustainability of product purchasing activities. Market basket analysis is done to extract consumer buying behavior by identifying the associations of various products that consumers put on the shopping cart. This research was conducted to see whether outlet type affects consumer buying behavior. The data used in this study was taken from customer transactions database. The data was processed using data mining techniques and association rule algorithm, which is apriori. The results of this study show that there are differences in consumer buying behavior on each type of outlet."
2017
S68238
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Widyasrini
"Skripsi ini membahas bagaimana terbentuknya aktivitas ruang terbuka publik atau 'ruang peristiwa' pada koridor distro dan gerai makan di Jalan Tebet Utara Dalam, serta dampaknya terhadap aktivitas pengunjung di jalan tersebut. Skripsi ini merupakan studi kasus dengan pengamatan langsung pada Jalan Tebet Utara Dalam yang terbagi atas lima area pengamatan, dengan rentang waktu pengamatan antara jam 16.00 hingga jam 22.00.
Hasil pembahasan menyarankan perlu adanya ruang terencana dalam pembentukan ruang peristiwa yang baik, sehingga mampu mewadahi aktivitas di dalamnya serta tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan di sekitarnya; pemilihan lokasi untuk ruang peristiwa sebaiknya terjadi pada ruang yang belum digunakan dan berpotensi; serta perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai berupa peraturan yang jelas bagi para pihak yang terlibat dengan terbentuknya ruang peristiwa.

The focus of this study is to analyze the formation of activities in public open space mentioned as 'happening space' within distribution outlet and food station corridor of Tebet Utara Dalam street, and the effect of the formation towards visitor activities in that place. This is a study of case that is done by doing an observation at Tebet Utara Dalam street which is divided into five areas with the stretches of time between 4 to 10 p.m..
The researcher suggests that a planned space is needed to form a good happening space so that it could provide a place for the activities and doesn't give bad effect to the environment; the selection of location for happening space should be in unused space and potential; and also it needs sufficient infrastructure, such as clear regulation for all persons who get in charge for the hapenning space formation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1149
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library