Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Contents :
- Preface
- Chapter 1: Basic Understanding of Gears
- Chapter 2: Gear Tribology and Lubrication
- Chapter 3: Ferrous and Nonferrous Alloys
- Chapter 4: Plastics
- Chapter 5: Machining, Grinding, and Finishing
- Chapter 6: Casting, Forming, and Forging
- Chapter 7: Powder Metallurgy
- Chapter 8: Through Hardening
- Chapter 9: Carburizing
- Chapter 10: Nitriding
- Chapter 11: Carbonitriding
- Chapter 12: Induction and Flame Hardening
- Chapter 13: Gear Failure Modes and Analysis
- Chapter 14: Fatigue and Life Prediction
- Chapter 15: Mechanical Testing
- Index "
Materials Park, Ohio: ASM International, 2005
e20442667
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Dudley, Darle W.
New York: McGraw-Hill, 1984
R 621.833 DUD h
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Arnaldo Marulitua
"Berbagai jenis kendaraan telah diciptakan saat ini, mulai dari yang hanya beroda satu sampai beroda puluhan. Kendaraan-kendaraan ternebut diciptakan tentunya untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Salah satu jenis kendaraan yang cukup hanyak digunakan saat ini adalah kendaraan dengan tiga roda, mulai dari bajai, bemo, kancil, sampai yang belakangan ini mulai hanyak digunakan sebagai kendaraan pengangkut adalah motor cina dengan bak pengangkut di belakangnya. Pada laporan akhir ini dipaparkan tentang hasil rancangan kami mengenai differential gear untuk MTV yang ada di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Indonesia. Tujuan perencangan ini adaiah untuk membantu menyelesaikan masalah kurangnya kestabilan MTV ketika berbelok. Dengan dasar teori bahwa untuk mencapai kestabilan yang baik ketika suatu kendaraan berbelok diperlukan bada putaran antara roda kanan dan kiri, maka kami memulai untuk merancang differetial gear. Sebagai mana diketahui bahwa elemen mesin yang disebut differential gear dapat membuat beda putaran antara kanan dna kiri. Namun dalam perancangan kali ini, adn sebuah batasan bahwa rancangan yang dihasilkan harus memenuhi beberapa parameter batasan. Parameter tersebut berupa keterbatasan ruang (space) yang tersedia untuk menempatkan differential gear, harus mampu menangani kecepatan maksimum yang diinginkan client (dalam hal ini dosen pembimbing), dan cocok untuk spesifikasi MTV di DTM FTUI. Secara garis besar, proses yang dilakukan untuk rancang bangun Differential Gear ini ialah dengan terlebih dahulu membuat design, mengumpulkan komponen-komponen yang akan dirakit dan terakhir adalah proses pembuatannya. Dengan tahapan proses inilah MTV dnpat diciptakan dengan proses fabrikasi yang sederhana."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37837
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maitra, Gitin M.
New Delhi: Tata McGraw-Hill, 1994
R 621.833 MAI h
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
"Design of mechanic transmission of control rod research reactor. Mechanic transmission of control rod research reactors is reactors exellent component used to ascend and descend reactor fuel. The problem nowadays to ascend or descent reactor fuel is using two motors..."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Haeril
"ABSTRAK
Kemajuan teknologi saat ini sudah berkembang pada sistem robotik, dimana suatu robot sangat memerlukan sekali sebuah gear untuk membantu proses pergerakan robot itu sendiri. Gear yang berada di pasaran sangat terbatas, serta harga yang relatif mahal, maka dibuatlah suatu alat yang dapat membuat gear sebagai alat bantu dari perancangan sebuah robot. Alat ini dibuat untuk mempermudah proses pembuatan gear sesuai keinginan kita dan harga yang relatif murah tentunya jika dibandingkan membeli sebuah mesin pembuat gear yang telah terjual di pasaran yang harganya sangat mahal dan belum terdapat di Indonesia. Alat yang dirancang cukup kecil yang dapat dibawa kemana saja. Namun terdapat keterbatasan fungi diantaranya adalah hanya dapat melakukan pembuatan spur gear gigi lurus saja ; hanya bahan yang lunak, seperti plastik, nylon PE, akrilik, dan sejenisnya. Diameter maksimum benda kerja 90mm dan memiliki ketebalan 120mm.

ABSTRACT
Advances in technology are now developing in robotic systems, in which a robot needs gears to assist in the movement of the robot itself. Limitations of gear that are in the market is very limited, and relatively expensive, then we propose to make a tool that can make the gear as a plant of build a robot. This tool is designed to simplify the process of making gear as we want and at relatively low prices of course when compared to buying a gear maker that is sold in the market which was very expensive and not yet available in Indonesia. The tool is designed small enough that can be taken anywhere. But there are limitations in function that can only do to manufacture spur gear straight gear only using only soft materials such as plastics, nylon PE, acrylic, and the like, maximum past diameter in 90mm and with 120mm thickness. "
2011
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Timbul Hapataran M
"Barang-barang mekanik yang ada dipasaran kebanyakan berasal dari luar negri dan memiliki harga yang cukup mahal. Bagi industri kecil yang bergerak dibidang manufaktur membuat barang yang sarna dengan yang ada di pasaran adalah tantangan yang menarik. Walaupun kualiatas barang yang dibuat masih kalah dengan yang ada dipasaran tapi dengan mengandalkan bahwa dengan medesain ulang suatu alat dan membuatnya mereka dapat menjual barang dengan harga yang jauh lebih murah dari yang ada dipasararl, hal ini dapat menarik minat konsumen untuk datang kepada mereka. Dalam tugas akhir ini terdapat reduction gear yang akan didisain ulang. Reduction gear yang akan dibuat memiliki ratio 15300 dengan jenis roda gigi helical gear. Reduction gear ini memiliki 8 buah helical gear, dan terbagi menjadi dua buah gear box, gear box pertama memiliki ratio 1:30 dan gear box kedua memiliki ratio 1: 10. Dengan melihat reduction gear yang telah ada maka dilakukan perancangan ulang dengan melakukan modiikasi gear box.
Perancangan dilakukan dengan mengambil data dimensi dari barang yang sudah ada dan kemudian mencari material' yang cocok untuk komponen_ Teoxi yang dipakai untuk perancangan roda gigi diambil darl teori yang sudah baku. Hasilnya material yang digunakan untuk gear adalah sama yaitu SNCM1 dan untuk poros adalah S4SC, sedangakan untuk pasak material yang digunakan ada duajenis S35C dan SSSC. Pada pemilihan bantalan ada sebagian bantalan yang pada awalnya menggunakan ball bearing diganti dengan bantalan roller kerucut, ini adalah pengaruh penggabungan yang mengakibatkan naiknya beban radial pada poros.
Sedangkan untuk analisa disain gearbox, gearbox dibuat dari besi cor dan kekuatan materialnya dianalisa dengan mengunakan metode iinite element dengan menggunakan software komputer mechanical desklop. Tahapan yang dilaksanakan dalam penggunaan sofware ini adalah, pertama adalah membuat model gearbox dalam bentuk tiga dimensi, kedua membetikan boundary condition dan beban pada model, ketiga melakukan perintah mesh generation dan kalkulasi, dan yang terakhir adalah menampilkan hasil perhitungan yang telah dilakukan komputer. Dan hasilnya didapati bahwa model gearbox yang dibuat dengan material Iron Class 60 mampu mengatasi beban yang diterima.

Almost all of mechanical things which are sold in our country are manufactured from other country. Eventhough they have good in quality but still have exspensive cost. For small indutries that are moving in manufacturing business, to produces the things that are placed in market was an interesting challenge_ Eventhough they can't make the thigs in same level of quality, but by doing redesign processing they can sell the same things with a very low price than stuff in market. With this reason they may expect for some customer may intrest and wanted to buy_In this Hnal asignment there is a reduction gear that are planed to be made.
The reduction gear has 1:300 ratio and was made by using eight helical gear. The gear reduction was having two gear box , the first gear box having 1:30 reduction ratio and the second gear box has 1:10 reduction ratio. Because of this, the planed are to redesign the reduction gear in one gear box only.
Design processing is done by taking all components dimensions, and search for suitable material for the components. Method for design helical gear ,shalt and its component was adopted from standard method that already exist.The results form this design are, material which is suitable for the gear is SNCM1, and for shalt is S45C and for key are S35C and SSSC. In bearing selection there is some changes we should taken, its because of our modification to combine two gear box become one there one shaft cannot use ball bearing elemen again because there is an increasing radial load on it when we combine the gear box so we should change ball bearing into angular roller bearing.
For the gearbox design analysis, gearbox was made by casting and using finite element method for the stregth of material that we?ve been choosed. This method analysis was done by computer program named Mechanical Desktop. Prosedure we should do by using this program are, izirst create the 3D model, second is defined boundary condition and load on model we,ve been create, third do the mesh generation and equation calculation, and the last is display the result as a colored gralic. And the result is we found that gearbox with Iron Class 60 is strong enough to carry the load from the shalt.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37072
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanif Miftahul Haq
"Penelitian ini membahas tentang pemilihan rasio gigi pada bus listrik konversi menenggunakan simulasi Simulink MATLAB berdasarkan driving cycle Braunchweig dan profil kecepatan bus kampus UI. Simulasi yang dilakukan terdiri dari simulasi simulasi kemampuan menanjak, simulasi kemampuan kecepatan dan simulasi performa kendaraan. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa untuk referensi Braunchweig menggunakan dual-speed rasio gigi pertama dan ketiga dengan efisiensi rata-rata motor listrik 82,22% dan konsumsi daya baterai sebesar 13,9%. Sementara untuk referensi rute bus kampus UI menggunakan dual-speed rasio gigi kedua dan ketiga dengan efisiensi rata-rata motor listrik 81,3% dan konsumsi daya baterai sebesar 12,6%.

This research discuss about the selection of gear ratio combination for the electric convertion bus using simulation by Simulink MATLAB based on Braunchweig and UI bus driving cycle. The simulation is consisted of hill climbing test simulation, desired velocity test simulation, and perfromance simulation. The result shows that for the Braunchweig driving cycle using dual-speed of first and third gear with the electric motor?s average efficiency of 82.22% and battery power consumption of 13.9%. While the UI?s bus driving cycle using dual-speed of second and third gear with the electric motor?s average efficiency of 81.3% and battery power consumption of 12.6%.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S59429
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ikhsan
"Universitas Indonesia dengan proyek Mobil Listrik Nasionalnya (MOLINA) menghasilkan konversi kendaraan Multi Purpose (MPV) menjadi kendaraan listrik. Pada awalnya kendaraan ini menggunakan mesin bakar, namun karena pengaplikasian motor listrik sebegai jantung kendaraan, performa kendaraan menjadi berbeda. Konversi ini berakibat pada perubahan torsi, putaran mesin, serta beban kendaraan. Menghadapi perubahan performa tersebut, pemilihan kombinasi rasio gigi menjadi tujuan di skripsi ini. Dengan menggunakan Software Simulasi, performa kendaraan akan diuji menggunakan siklus mengendara Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure. Output dari simulasi ini mebuktikan bahwa kombinasi rasio gigi yang terbaik ada kombinasi gigi satu dan tiga.

University of Indonesia, with its National Electric Project (MOLINA), resulted in the electric conversion of University of Indonesia?s Multi-Purpose Vehicle. The vehicle used combustion engine at first, the conversion of electric motor as a power source affects the vehicle?s performance such as torque, RPM even the total weight. Refer to the performance differences, the selection of gear ratio combination will be major concern in this thesis. Using Simulation Software the performance of the vehicle is tested in Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure driving cycle. The conclusion of the simulation stated that the gear ratio combination that is proven to be the most optimum is the combination of first gear and third gear."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59784
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rian Faisal Asqhor
"Lingkungan yang terkontaminasi oleh Limbah pabrik gula dapat menurunkan kualitas air dan tanah daerah sekitarnya, seperti tingkat kualitas panen yang menurun yang dapat menciptakan bencana ekosistem antara manusia dan elemen lingkungannya.manusia harus mampu bertahan hidup di masa yang akan datang bila mana bahan pangan pokok yang dibutuhkan habis dan mereka pun harus beradaptasi dan berevolusi didalam lingkungan yang tercemar. Berdasarkan teori evolusi, penangkap lalat venus adalah tanaman Insectivora yang dapat membuat konflik dalam ekosistem mikro . Mereka menangkap lebah dan dapat menghentikan penyerbukan tanaman gula dari lebah.Hal tersebut tentu akan memperburuk kebutuhan pangan manusia sehingga bila tidak diseimbangkan akan memobilitas penurunan bahan pangan gula yang dibutuhkan .Namun sebaliknya penangkap lalat venus bisa memberikan peningkatan kualitas tanah lingkungan karena adanya sistem biologis mereka dengan menangkap serangga ,menyerap dan mentransfer unsur mineral dari serangga ke tanah yang mereka diami .Sehingga tentu hal tersebut mempunyai potensi yang menguntungkan bila sistem ini lebih ditekankan kedalam lingkungan yang tercemar tanahnya.untuk menyeimbangan konflik dan mutulisme didalam tanaman penangkap serangga , bagaimana memadukan konflik dan mutualisme dalam penangkap lalat venus dengan menggunakan teknologi sistem Dynamic untuk membuat keseimbangan ekosistem di lingkungan pabrik.

Enviroment contaminated from sugar factory can descrease quality of water and soils in surrounding area, such as the quality level of harvest creating an ecosystem disaster between humans and others element. Based from theory of evolution ,venus flytrap is a carnivorous plant that can make conflict in micro ecosystem.they catch bees and stop the pollination sugar plant  from bees .Imbalancing in ecosystem can make evolution in biotic enviroment . So there is conflict in ecosystem where human and other organism have to survive without food harvesting expecially sugar plant,based thing for food requirement.  Hovewer,venus flytrap can make benefit in abotic factor (Quality of soils and water enviroment) and impact good quality abiotic enviroment  .So in that case. how to fuse the conflicity and mutualism in venus flytrap by using dynamic gear system technology  to make balancing ecosystem in factory enviroment ."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>