Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dody Bimantara Marsigit
"

ABSTRAK

Vapers (pengguna vape) tidak hanya melihat vape dari nilai guna utamanya saja, yaitu sebagai alternatif pengganti rokok konvensional. Mereka juga melihat vape dari sisi nilai estetisnya. Salah satu alasannya adalah, karena vape yang sebenarnya diperuntukkan kepada para perokok, ternyata bisa membuat tertarik orang-orang yang bukan perokok. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bagaimana proses ekspansi produk vape yang merupakan hal baru, sehingga bisa diterima oleh masyarakat. Selain itu penelitian ini juga menjelaskan tentang bagaimana para penggunanya tidak hanya melihat vape dari nilai gunanya saja melainkan dari nilai estetisnya berdasarkan merk, model, dan keaslian barang melalui perspektif budaya konsumen Featherstone. Vape juga dijadikan sebagai gaya hidup konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari kesadaran untuk memperbaiki diri, mobilitas sosial dan perubahan diri para penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara serta observasi mendalam.

 

Kata Kunci: budaya konsumen, gaya hidup konsumen, perokok, vape


ABSTRACT

 

Vapers (vape users) do not only value vaping as a alternative to the traditional cigarettes. However, people also view vaping from its aesthetic point of view. One of the main reasons of vaping. This research has indicated how this new product has been successfully expanded to be accepted by community. Moreover, this study also explains of how vapers view vaping not only from it main values but also from it aesthetic values base on brands, models, and the authenticity products based on the consumer culture Featherstone point of view. Vape is also used as a consumer culture lifestyle as users becoming more aware of improving themselves, social mobility, and self-changes of users. This research uses qualitative methods and in-depth interview as the data collection technique as well as observation.

 

Keywords: consumer culture, consumer lifestyle, smokers, vape

 

"
2019
T51718
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Adinda
"Penelitian ini dilakukan atas dasar kesadaran akan semakin pentingnya pemahaman pemasar terhadap gaya hidup perempuan ibukota. Karena, kelompok konsumen perempuan saat ini sudah tidak bisa dipandang sebagai satu entitas tunggal. Faktor- faktor demografis jelas memengaruhi terjadinya perbedaan gaya hidup, namun faktor psikografis seperti Aktivitas, Minat, dan Opini, menjadi pembeda karakter di tiap kelompok konsumen. Maka dari itu, peneliti menggunakan variabel AIO (Activities, Interest, Opinion) dari Joseph T. Plummer (1974) sebagai kacamata dalam membaca karakteristik segmentasi konsumen dan analisis klaster sebagai alat ukur. Dengan menggunakan 112 responden perempuan Ibukota yang dipilih secara acak, penelitian ini berhasil membuat empat segmentasi konsumen gaya hidup perempuan Jakarta terdiri dari, Young Spirit yang didominasi oleh anak muda yang aktif dan juga impulsif, Adventures yang juga didominasi oleh perempuan muda yang sangat peduli dengan merek yang mereka kenakan, Mature Women yang berusia matang dan dekat dengan keluarga yang lebih setia dengan brand yang mereka kenakan, dan terakhir adalah Hard Working Girl yang didominasi oleh perempuan muda yang memiliki bijak dalam membelanjakan uangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan segmentasi gaya hidup perempuan ibukota agar pemasar bisa lebih memaksimalkan strateginya dalam menembus kelompok konsumen ini.

This research was conducted on the basic awareness of the importance understanding in the increasing marketers against women's lifestyle in the Jakarta. Because, the consumer group of women currently can not be viewed as a single entity. Demographic factors clearly influence the occurrence of differences in lifestyle, but factors such as psychographic such as activities, interests, and opinions, being the criterion of character in each consumer group. Therefore, researchers are using variable AIO (Activities, Interest, Opinion) from Joseph T. Plummer (1974) as a pair of glasses in the reading characteristics of consumer segmentation and cluster analysis as a tool of measurement. By using the 112 women respondents randomly selected in Jakarta, this research managed to make three consumer lifestyle segmentation Jakarta consists of women, Young Spirit which is dominated by young women whom active and impulsive on shopping, Adventures which is also dominated by a young woman who is very concerned with the brands they buy, Mature Women aged mature and close with family whom is loyal with the brands they knew, and the last is the Hard Working Girl dominated by young women who have to spend their money wisely. This research aims to know the classification of women's lifestyle segmentation capital so that marketers can better maximize his strategy in penetrating this consumer group."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T42932
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library