Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arifianto
"Latar belakang: Epilepsi Rolandik adalah salah satu sindrom epilepsi terbanyak pada anak dan umumnya dianggap benign dan self-limited. Tetapi komorbiditas kognitif dan perilaku dapat ditemukan pada anak-anak dengan epilepsi yang bernama lainnya benign Rolandic epilepsy with centrotemporal spikes (BECTS) ini. Pasien epilepsi Rolandik harus dievaluasi adanya komorbiditas kognitif dan perilaku.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara usia awitan kejang dan jumlah hemisfer yang menjadi fokus kejang dengan kemampuan kognitif dan gangguan perilaku pada anak-anak dengan epilepsi Rolandik.
Metode: Penelitian potong-lintang di sembilan RS/klinik dengan konsultan neurologi anak di Jakarta dan Banten, terhadap anak-anak berusia 6 – 12 tahun dengan epilepsi Rolandik. Penelitian meliputi anamnesis semiologi kejang, interpretasi hasil elektroensefalografi (EEG) oleh dua orang konsultan neurologi anak, dan pemeriksaan intelligence quotient (IQ) oleh psikolog.
Hasil: Nilai verbal IQ sebagai parameter kognitif berbicara/berbahasa lebih banyak bernilai  average pada subjek dengan usia awitan kejang yang lebih muda (< 6 tahun). Nilai verbal IQ < average lebih banyak didapatkan pada subjek dengan fokus gelombang kejang pada salah satu sisi hemisfer. Jumlah subjek yang mengalami gangguan perilaku berupa gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) dan gangguan spektrum autism (GSA) lebih banyak pada kelompok usia awitan kejang < 6 tahun dan fokus kejang hemisfer bilateral. Tidak ada hubungan yang bermakna secara statistik antara usia awitan kejang dan jumlah hemisfer yang menjadi fokus kejang dengan komorbiditas kognitif dan perilaku.
Simpulan: Anak-anak dengan epilepsi Rolandik dapat memiliki komorbiditas kognitif berupa gangguan berbicara/berbahasa dan komorbiditas perilaku berupa GPPH/GSA, dan dapat dipengaruhi oleh usia awitan kejang dan jumlah hemisfer yang menjadi fokus kejang, meskipun hubungannya tidak bermakna secara statistik.

Background: Rolandic epilepsy is one of the most common epilepsy syndromes in children and is generally considered benign and self-limited. But cognitive and behavioral comorbidities can be found in children with this epilepsy, which has another name: benign Rolandic epilepsy with centrotemporal spikes (BECTS). Rolandic epileptic patients should be evaluated for cognitive and behavioral comorbidities.
Objective: To determine the relationship between age at onset of seizures and the number of hemispheres that are the focus of seizures with cognitive abilities and behavioral disorders in children with Rolandic epilepsy.
Methods: Cross-sectional study in nine hospitals/clinics with pediatric neurology consultants in Jakarta and Banten, on children aged 6-12 years with Rolandic epilepsy. The research includes interviews on seizure semiology history, interpretation of electroencephalographic (EEG) results by two child neurology consultants, and intelligence quotient (IQ) tests performed by psychologists.
Results: The verbal IQ score as a cognitive speaking/language parameter  average was found more in subjects with younger seizure onset (<6 years). Verbal IQ < average scores were greater in subjects with seizure focus on one side of the hemisphere. The number of subjects who experienced behavioral disorders in the form of attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) and autism spectrum disorders (ASD) was more in the age group of seizure onset < 6 years and bilateral hemispheric seizure focus. There was no statistically significant relationship between age at onset of seizures and the number of hemispheres that were the focus of seizures with cognitive and behavioral comorbidities.
Conclusion: Children with Rolandic epilepsy may have cognitive comorbidities in the form of speech/language disorders and behavioral comorbidities in the form of ADHD/ASD, and may be affected by the age of seizure onset and the number of hemispheres that are the focus of seizures, although the relationship is not statistically significant.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Diar Luthfi Khairina
"ABSTRAK
Gangguan berbicara merupakan gangguan yang paling dominan dan terlihat pada
penderita sindrom Down. Beberapa hal yang menyebabkan gangguan berbicara pada
penderita sindrom Down adalah gangguan kognitif, gangguan pendengaran, dan input
linguistik yang mereka terima sehari-hari. Namun, penyebab yang paling utama dan
tampak adalah ciri fisiologis pada alat ucap mereka. Hal tersebut menyebabkan
produksi ujaran pada penyandang sindrom Down mengalami penyimpangan, seperti
penghilangan bunyi, pengubahan bunyi, penambahan bunyi, reposisi bunyi, dan
gabungan antarpenyimpangan tersebut. Dengan mengetahui pola penyimpangan yang
dilakukan mereka, mitra tutur akan dengan mudah memahami ujaran penyandang
sindrom Down. Oleh karena itu, penulis meneliti ketepatan bunyi dalam bunyi ujaran
yang diproduksi oleh anak sindrom Down saat mengulang kata. Hal tersebut dapat
memperoleh gambaran bunyi-bunyi dalam bahasa Indonesia apa saja yang seringkali
salah diucapkan oleh anak-anak dengan sindrom Down hingga membentuk pola ujaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah 3 orang penderita Sindrom Down rata-rata berusia 16 tahun dengan rata-rata
usia mental 4 tahun dan nilai IQ yang berada pada kategori severe mental retardation.
Teori yang dipakai dalam penelitian ini, antara lain teori fonetik yang digagas oleh
Lapoliwa (1988) dan teori bunyi bahasa yang digagas oleh Rahyono (2007). Dari
penelitian ini ditemukan pola yang serupa dari penyimpangan yang dilakukan oleh
ketiga subjek penelitian. Selain itu, diketahui pula bahwa alat ucap bukan merupakan
satu-satunya penyebab penyandang sindrom Down tidak dapat mengujarkan sebuah
bunyi, melainkan mereka tidak memiliki kesadaran fonologis.

ABSTRACT
Speech disorder is the most dominant disorder that can be observed in people with
Down syndrome. The main and visible causes of the speech disorder are physiological
features in their speech organs. It causes deviations in their utterance production, such
as sound omission, sound substitution, sound augmentation, sound reposition, and the
combination of all the deviations. By knowing the patterns of deviations that they do,
the speech of people with Down syndrome will be easily understood. Therefore, this
research wants to examine the accuracy of sounds in the speech produced by people
with Down syndrome when repeating words. Sounds which are often pronounced
wrongly by people with Down syndrome are expected to be found. The method used in
this research is qualitative method. The subjects of this study were 3 people with Down
syndrome on average aged 16 years with an average mental age of 4 years and IQ
scores are in severe mental retardation category. This research uses the phonetic theory
which is stated by Lapoliwa (1988) and the sounds of language theory stated by
Rahyono (2007). A similar pattern of deviations made by the three subjects of the study
are observed. In addition, it is also known that speech organs are not the only cause of
people with Down syndrome produce the utterances correctly, but they do not have
phonological awareness."
2018
T51264
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library