Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Karyadi Gunawan
"ABSTRAK
Terdapat perbedaan antara jenis regulator yang beredar di pasaran, yaitu
diameter keluaran pada regulator menuju selang. Dari tiga jenis regulator yang
berbeda, didapati bahwa ketiga diameter keluarannya yaitu 3 mm, 3,25 mm, dan
3,5 mm. Dari perbedaan diameter tersebut, pastinya akan terjadi perbedaan
terhadap laju perubahan massa apabila dilakukan pembakaran. Pada saat fluida
mengalir di sepanjang pipa akan terjadi kerugian tekanan/pressure drop. Pada
tahun 1883 Osborne Reynolds menunjukan bahwa penurunan tekanan tergantung
pada parameter: kerapatan (ρ),kecepatan (U), diameter (D) dan viskositas dinamis
(μ) yang selanjutnya disebut dengan bilangan Reynolds. Oleh karena itu,
dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana pengaruh dari laju perubahan
massa yang berbeda, terhadap karakteristik aliran yang ada di sepanjang selang
sebelum menuju proses pembakaran. Karakteristik aliran gas LPG yang ingin
diamati yaitu perubahan tekanan, temperatur, kecepatan, densitas, dan laju
perubahan massa di sepanjang pipa akrilik. Analisa yang digunakan juga akan
dilakukan perbandingan yaitu analisa eksperimental yang akan dilakukan
perhitungan dan analisa pada simulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin
jauh jarak pipa pada aliran fluida, maka tekanan, densitas, dan laju perubahan
massa semakin menurun serta temperatur dan volume spesifik semakin
meningkat.

ABSTRACT
There are differences between types of regulator on the market, the
diameter of the output on the regulator to the hose. Of the three different types of
regulators, it was found that the three different diameters in the output that is also
3 mm, 3,25 mm and 3,5 mm. Of the diameter difference, certainly will happen to
the rate of change of the mass difference when done burning. At the time of the
fluid flowing along the pipeline will be a pressure drop. In 1883 Osborne
Reynolds showed that the pressure drop depends on the parameters: density (ρ),
velocity (U), diameter (D) and dynamic viscosity (μ), hereinafter referred to as the
Reynolds number. Therefore, do some research to see how the influence of
different rates of mass change, against the flow characteristics that exist along the
hose prior to the combustion process. LPG gas flow characteristics to be observed
that the changes in pressure, temperature, velocity, density, mass and rate of
change along the acrylic pipe. Analysis will also be used to compare the
experimental analysis to be performed calculations and analysis on the simulation.
The results show that the greater the distance the pipe in fluid flow, pressure,
density, and decreasing the rate of change of mass and temperature and specific
volume increases."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42183
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Haris Rinaldy
"Jalan tol berfungsi untuk meningkatkan mobilitas dan aksesbilitas orang dan barang, sehingga pembangunan jalan tol dapat berpengaruh pada perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi di suatu daerah.Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 41 butir 1 b ditegaskan bahwa 'lajur lalu lintas sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang bergerak lebih cepat dari kendaraan yang berada pada lajur sebelah kirinya, sesuai dengan batas-batas kecepatan yang ditetapkan'.
Dari peraturan tersebut, seharunya jalan tol saat ini dapat membuat kendaraan terhindar dari kemacetan dibandingkan jalan biasa, namun yang terjadi sebaliknya yaitu masih ada kendaraan yang berada pada lajur lalu lintas sebelah kanan dengan kecepatan di bawah 80 kilometer per jam, yang mengakibatkan kecepatan kendaraan di jalan tol melambat sehingga terjadi kemacetan. Tingkat kepatuhan kendaraan berat selalu dipertanyakan terhadap penggunaan lajur di jalan tol, karena kendaraan tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan di ruas jalan tol.
Lokasi untuk meneliti penyebab tersebut berada di ruas jalan tol JORR arah Kp Rambutan ndash; TB Simatupang, dengan menggunakan varibel karakteristik arus lalu lintas yang dikumpulkan pada saat survei yaitu variabel kecepatan, kerapatan, dan volume. Kondisi patuh dan tidak patuhnya kendaraan berat di dapatkan dari hubungan ketiga variabel tersebut dengan bantuan persamaan model Underwood.
Setelah melalui pengolahan data dan analisa data, disimpulkan bahwa ketidak patuhan kendaraan truk menghasilkan dampak memperbaiki kinerja arus lalu lintas di tol JORR dibandingkan pada saat kondisi kendaraan truk berada pada lajurnya atau patuh.

The toll road works to improve the mobility and accessibility of people and goods, so that toll road development can affect regional development and economic improvement in a region. Based on Government Regulation No.15 Year 2005 on toll road article 41 point 1 b affirmed that lane Right traffic is reserved only for vehicles moving faster than vehicles on their left lanes, according to established speed limits.
From the regulation, the current toll road should be able to prevent vehicles from traffic congestion compared to ordinary road, but on the contrary that there are still vehicles located on the right lane traffic at speeds below 80 kilometers per hour, resulting in the speed of vehicles on the road Tolls slow down so that congestion occurs. The level of heavy vehicle compliance is always questioned on the use of lanes on the highway, because the vehicle is one cause of congestion in the toll road segment.
The location to investigate the cause is located in the JORR toll road section of Kp Rambutan TB Simatupang, using variables of traffic flow characteristics collected at the time of the survey ie variable speed, density, and volume. Conditions of obedience and obedience of heavy vehicles in getting from the relationship of these three variables with the help of equations Underwood model.
After going through data processing and data analysis, it was concluded that the non compliance of trucking vehicles resulted in improving the performance of traffic flows on JORR tolls compared to when the condition of the truck vehicle was on its lane or obedient.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69470
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library