Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ali Basyah
Abstrak :
Abstrak
Kemajuan negara dicapai dari seberapa besar lulusan pendidikannya dapat menghasilkan wirausaha. Apabila lebih dari 4% lulusan dapat menjadi wirausaha maka kemajuan negara mudah dicapai. SMK memiliki aims pada lulusannya yang dikenal dengan BMW yaitu bekerja, melanjutkan dan berwirausaha. Kelas wirausaha Multimedia diharapkan meningkatkan minat dan kemampuan siswa terjun dalam wirausaha khususnya technopreneur. Minat siswa SMK setelah lulus hampir 65% ingin bekerja, 33% ingin melanjutkan, hanya 2% siswa yang berminat berwirausaha terutama yang berlatar belakang keluarga pengusaha. Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada Kurilkulum 2013 revisi 2017 ini menerapkan program Kelas Terbalik (Flipped Classroom) untuk menumbuhkan semangat berwirausaha yang maksimal. Studi pada tahun 2017 didapatkan bahwa minat awal siswa berwirausaha hanya 3%, pada semester ganjil dapat tumbuh hingga mencapai 30% sedangkan diakhir semester genap (kelulusan) berdasarkan penelusuran minat terjun dalam technopreneur mencapai 55%. Dengan rincian 34% murni berwirausaha baru, 12% melanjutkan usaha keluarga dan melanjutkan studi, 54% berwirausaha sambil melanjutkan studi. Kesimpulan dari studi ini adalah melalui Flipped Classroom Material dapat menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa Kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Mojokerto.
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
371 TEKNODIK 22:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Farah Ainy
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan gramatika siswa dalam keterampilan menulis. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas tujuh SMP, yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimental dan 30 siswa kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif, dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Pre-test, post-test, kuesioner, dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen mencapai nilai yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan siwa kelas kontrol, namun perbedaannya tidak signifikan. Selain itu, nilai ukuran efek model pembelajaran flipped classroom yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebesar 0.49 yang dikategorikan memiliki efek sederhana. Hal ini berarti bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran tradisional. Akan tetapi, hasil kuesioner dan wawancara mengungkapkan bahwa persepsi siswa terhadap model pembelajaran flipped classroom positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom tidak memiliki efek yang signifikan, namun memberikan persepsi positif kepada siswa.
ABSTRACT
This study aimed to investigate the effects of flipped classroom on students rsquo grammar mastery in writing. The sample of this study is 60 students of seventh grade. Half of them belonged to the experimental group and the other half belonged to the control group. The method used in this study was a quantitative and qualitative method, and the design used in this study was a quasi experimental design. Pre test, post test, questionnaire and interviews were conducted to get data. The results showed that the students in the experimental group achieved slightly higher scores than the students in the control group, but the difference was not statistically significant. Moreover, the effect size value obtained was 0.49 which was categorized into modest effect. It means students who used flipped classroom did not differ significantly from students who used traditional method. However, the results of the questionnaire and interviews revealed that students rsquo perceptions of the flipped classroom were positive. Therefore, it can be concluded that the flipped classroom affected insignificantly, but it gave positive perception to the students.
2018
T50441
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library