Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Kezia Adelaide
Abstrak :
ABSTRAK
Saat ini, perusahaan minyak di Indonesia secara bertahap menjadi lebih fokus pada pengoptimalan logistik hulu mereka. Salah satu sumber daya tertinggi yang digunakan dalam logistik hulu adalah kapal ldquo;Offshore Supply Vessel rdquo;. Kapal ldquo;Offshore Supply Vessel rdquo; digunakan untuk melaksanakan fungsi pasokan reguler ke instalasi lepas pantai secara berkala dari basis pasokan darat. Perencanaan efisien operasi kapal sangat penting karena keputusan tentang ukuran armada kapal dan pemanfaatannya memiliki efek ekonomi yang kuat karena biaya kapal yang mahal.Data untuk penelitian ini disediakan oleh salah satu perusahaan minyak dan gas di Indonesia. Perusahaan ini tidak memiliki kapal pasokan lepas pantai, mereka disewa dari perusahaan pelayaran. Dalam penelitian ini, kami menyajikan Genetic Algorithm GA sebagai metode untuk menentukan jumlah kapal pasokan lepas pantai yang disewa untuk melakukan operasi, menentukan komposisi armada kapal pasokan lepas pantai yang optimal dan penugasan mereka sesuai jadwal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model optimasi untuk ukuran armada dan masalah penugasan dalam operasi kapal suplai lepas pantai di Indonesia. Hasil dari penelitian ini jumlah armada ldquo;Offshore Supply Vessel rdquo; yang beroperasi dapat dikurangi sehingga total biaya operasional dan sewa kapal dapat dikurangi.
ABSTRACT
Nowadays, oil companies in Indonesia are gradually becoming more focused on optimizing their upstream logistics. One of the most costly resources used in upstream logistics are offshore supply vessels. Offshore supply vessels are used to carry out regular supply function to offshore installation on periodic basis from onshore supply bases. The efficient planning of supply vessel operation is extremely important since the decision on the size of the supply vessel fleet and its utilization has a strong economic effect as the vessel cost are rather expensive. The data for this research was provided by one of oil and gas company in Indonesia. This company does not own offshore supply vessels, they are hired from the shipping company. In this research, we present Genetic Algorithm GA as method to decide the number of offshore supply vessels hired to perform the operation, determine the optimal fleet composition of offshore supply vessel and their assignment as per schedules. The objective of this research is to design an optimization model for fleet sizing and assignment problem in offshore supply vessel operations in Indonesia. The result of the research is the number of offshore supply vessel can be reduced and impacted the overall operational cost and rest cost.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50586
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Anggina Sandy Sundari
Abstrak :
ABSTRAK
Kegiatan transportasi dan logistik memiliki peranan penting dalam
pembiayaan perusahaan. Meningkatnya permintaan membuat perusahaan
mengalami overload sehingga membutuhkan jasa dari perusahaan logistik pihak
ketiga untuk melakukan kegiatan distribusinya. Salah satu permasalahan yang
sering dijadikan penelitian adalah permasalahan rute kendaraan, permasalahan
VRP ini merupakan permasalahan umum yang sering terjadi pada kondisi nyata
seperti adanya kapasitas angkut maksimal kendaraan (CVRP), jendela waktu
pelayanan (VRPTW), kegiatan pengangkutan dan pengiriman (VRPPD),
pengiriman yang dilakukan lebih dari satu kali (SVRP) dan pengiriman yang
dapat dilakukan lebih dari satu hari (PVRP). Meningkatnya jumlah permintaan
sewa mengharuskan perusahaan truk-sewa untuk membuat alokasi yang optimal
berdasarkan kombinasi permasalahan di atas.
ABSTRACT
Transport and logistics activities have an important role in the case of
financing company. Increased demand makes company require the services of
third party logistic company to assist their distribution activities. One issue that
often used as a study is Vehicle Routing Problem (VRP), VRP is a general
problem that often occurs in real conditions such as Capacitated VRP (CVRP),
VRP with time windows (VRPTW), VRP pickup and delivery (VRPPD), Split
VRP (SVRP) and Periodic VRP (PVRP). Increasing number of rental demand
makes truck-rental companies to make allocation approach optimal based on a
combination of VRP problem.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42068
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library