Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Nurul Huda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan keselamatan kebakaran pada gedung Administrasi, Akademik dan Riset Pusat Studi Jepang serta gedung S Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Metodologi menggunakan desain studi observasional dengan pendekatan semi kuantitatif dan dibantu dengan software Computerized Fire Safety Evaluation System (CFSES) yang mengukur 12 parameter keselamatan yang mengacu pada NFPA 101A Guide on Alternative Approaches to Life Safety.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gedung Administrasi, Akademik dan Riset Pusat Studi Jepang serta gedung S Fakultas Teknik Universitas Indonesia belum memenuhi persyaratan minima l dari NFPA 101A. Pada gedung administrasi didapatkan nilai -2 untuk kontrol sebaran api, -3.1 untuk sistem jalan keluar dan -5.4 untuk keselamatan kebakaran umum. Gedung Akademik dan Riset mendapatkan nilai -1.57 untuk kontrol sebaran api, -3.1 untuk system jalan keluar dan -4.54 untuk keselamatan kebakaran umum. Pada gedung S SFTUI mendapatkan nilai -3.48 untuk control sebaran api, -8.65 untuk system jalan keluar dan -5.20 untuk keselamatan kebakaran umum.
Rekomendasi yang dapat diberikan adalah perlu adanya instalasi system proteksi berupa sprinkler, system alarm kebakaran dan hidran, menutup bukaan vertikal, pengaturan peletakan APAR yang sesuai dengan NFPA 10, pemasangan door closer pada tiap ruangan, penanda jalan keluar dan penerangan darurat, penentuan titik kumpul serta mengadakan pelatihan tanggap darurat secara rutin minimal 1 kali dalam setahun.

This study aimed to evaluate the implementation of fire safety building at Administration, Academic and Research building of Center for Japanese Studies also S building Faculty of Engineering University of Indonesia. This study using the methodology of observational design with semi-quantitative approaches and supported by Computerized Fire Safety Evaluation System application which is measuring the 12 safety parameters that refers to NFPA 101A Guide on Alternative Apporaches to Life Safety.
The results showed that the Administration, Academic and Research building of Center for Japanese Studies and also S building Faculty of Engineering University of Indonesia didn’t meet the minimum requirements in NFPA 101A: Life Safety Code. Administration building got scored -2 for fire control, -3.1 for egress and -5.4 for general fire safety. Academic and Research building got scored -1.57 for fire control, -3.1 for egress and -4.54 for general fire safety. S building got scored -3.48 for fire control, -8.65 for egress and -5.20 for general fire safety.
Recommendation for those buildings are installation of fire protection system such as sprinkler, fire alarm system and hydrant, make sure to close all of the vertical opening, reorganize the fire extinguisher based on NFPA 10, add door closer for every single room, add the exit sign , emergency lamp, deciding the assembly point and also fire drilling at least once a year.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gresilia Novie Retriana
"Dalam upaya mengatasi bencana kebakaran diharuskan memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP). Dengan SOP yang terintegrasi, MRT Jakarta akan melakukan tindakan yang tepat dalam melakukan prosedur bencana kebakaran mulai dari munculnya hotspot hingga salah satu upaya dalam meminimalkan dampak yang timbul dari bencana jika terjadi kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gap antara Peraturan Daerah terkait keselamatan kebakaran dengan SOP keselamatan kebakaran MRT Jakarta yang sudah ada, mengetahui faktor risiko dominan pada SOP keselamatan kebakaran MRT Jakarta dan mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem keselamatan kebakaran MRT Jakarta berbasis risiko. Mengingat potensi bahaya kebakaran yang dapat terjadi di MRT Jakarta, pentingnya menerapkan paradigma mengutamakan keselamatan pengguna MRT, serta meminimalisir dampak kerugian yang terjadi akibat kebakaran yang terjadi di MRT, peneliti berupaya untuk memastikan bahwa MRT Jakarta mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem keselamatan kebakaran MRT Jakarta berbasis risiko agar dapat meminimalisir korban jiwa dan dampak kerugian lainnya. Studi ini mengidentifikasi risiko yang timbul dalam bencana kebakaran yang dapat menghambat atau bahkan memperbesar dampak kebakaran di MRT Jakarta. Kemudian respons risiko diperoleh dengan melakukan pencegahan, penanggulangan dan pengendalian fasilitas, infrastruktur serta pelatihan dan simulasi terjadwal untuk menghindari kegagapan dalam menghadapi keadaan darurat. Hasil akhir dari penelitian adalah pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Keselamatan Kebakaran Pada Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Berbasis Risiko.

In an effort to overcome fire disasters, it is required to have a Standard Operating Procedure (SOP). With an integrated SOP, MRT Jakarta will take appropriate action in carrying out fire disaster procedures starting from the emergence of hotspots to one of the efforts to minimize the impact arising from disasters in the event of a fire. This study aims to determine the gap between Regional Regulations related to fire safety and the existing MRT Jakarta fire safety SOPs, determine the dominant risk factors in the MRT Jakarta fire safety SOPs and develop a risk-based Standard Operating Procedure (SOP) for the MRT Jakarta fire safety system.  Given the potential fire hazard that can occur at MRT Jakarta, the importance of applying the paradigm of prioritizing the safety of MRT users, as well as minimizing the impact of losses that occur due to fires that occur at the MRT, researchers are trying to ensure that MRT Jakarta develops Standard Operating Procedures (SOP) for the MRT Jakarta fire safety system is based on risk in order to minimize casualties and the impact of other losses.  This study identifies the risks that arise in a fire disaster that can inhibit or even increase the impact of fires on the MRT Jakarta. Then the risk response is obtained by preventing, tackling and controlling facilities, infrastructure as well as training and scheduled simulations to avoid stuttering in the face of an emergency. The final result of the research is the development of a Risk-Based Standard Operating Procedure (SOP) for a Risk-Based Fire Safety System in Mass Rapid Transit (MRT). "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aurelia Artari Puan Pramesti
"Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap moda perkeretaapian sebagai transportasi publik di wilayah metropolitan sejalan dengan pentingnya implementasi sistem keselamatan kebakaran di stasiun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem keselamatan kebakaran di Stasiun X yang terdiri dari kinerja sistem proteksi kebakaran pasif, kinerja sistem proteksi kebakaran aktif, kinerja sarana penyelamatan jiwa, dan kinerja manajemen tanggap darurat. Desain penelitian merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, pengukuran jarak, dan telaah dokumen, lalu dibandingkan dengan standar NFPA. Tingkat kinerja direpresentasikan oleh persentase yang diperoleh dengan membandingkan jumlah komponen yang terpenuhi dengan jumlah komponen yang seharusnya terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, kinerja sistem proteksi kebakaran pasif sebesar 100% (Sangat Baik), kinerja sistem proteksi kebakaran aktif sebesar 95% (Sangat Baik), kinerja sarana penyelamatan jiwa sebesar 82.60% (Cukup Baik), dan kinerja manajemen tanggap darurat sebesar 80.64% (Cukup Baik). Secara umum, kinerja sistem keselamatan kebakaran di Stasiun X mencapai 89.56% (Sangat Baik) sehingga Stasiun X telah mengimplementasikan standar NFPA dengan efektif.

The high demand from the community for railway transportation as public transport in metropolitan areas goes hand in hand with the importance of implementing fire safety systems at the stations. This study aims to analyze the fire safety system performance at Station X, which consists of the performance of the passive fire protection system, active fire protection system, the performance of means of egress, and the performance of emergency response management. The research design is descriptive-analytical with a qualitative approach. Data was collected through observation, interviews, distance measurements, and document reviews, then compared with NFPA standards. The performance level is represented by the percentage obtained by comparing the number of fulfilled components to the total number of components that should be fulfilled. Based on the research findings, the performance of passive fire protection system is 100% (Very Good), the performance of active fire protection system is 95% (Very Good), the performance of means of egress is 82.60% (Adequately Good), and the performance of emergency response management is 80.64% (Adequately Good). Overall, the performance of the fire safety system at Station X reaches 89.56% (Very Good), indicating that Station X has implemented NFPA standards effectively. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library