Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Ikhsan Yandy
"ABSTRAK
Makalah ini membahas bagaimana film tahun 1978, I Spit On Your Grave merepresentasikan pembalikan peran. Dewasa ini, visibilitas wanita sebagai peran utama telah meningkat secara signigikan. Narasi mengenai pemberdayaan wanita terus diproduksi sebagai reaksi dari masyarakat berbudaya patriarki.Film I Spit On Your Grave mengilustrasikan isu kekuasaan wanita melalui narasi rape revenge-nya. Namun, makalah ini lebih berfokus terhadap dinamika dari pembalikan peran dari para karakter. Ada dua poin utama yang dibahas di makalah ini. Pertama, mengenai bagaimana para lelaki menggunakan rdquo; rape rdquo; sebagai alat untuk menunjukkan kekuasaan. Kedua, menganalisis bagaimana karakter Jennifer menggunakan ldquo;revenge rdquo; untuk membalikan peran dari seorang korban ke seorang penguasa. Akhirnya, makalah ini menyimpulkan bahwa rdquo;rape rdquo; dan ldquo;revenge rdquo; yang dilakukan oleh geng laki-laki dan Jennifer mempunyai tujuan yang serupa, untuk mendominasi ldquo;gender rdquo; yang berlawanan.

ABSTRACT
This paper examines how 1978 movie, I Spit On Your Grave represents gender role reversal. Recently, women visibility as a main character has increased significantly. Stories of women empowerment continue being made as a reaction to the current patriarchal society. The film I Spit On Your Grave illustrate the issue of female power through its rape revenge narrative. However, this paper focuses more on the role reversal dynamics of the character. There are two major points that this paper covers. First, it discusses how the men use rape as a tool to show dominance. Second, it analyzes how the character Jennifer uses revenge to reverse her role from victim to dominator. Finally, the paper concludes that both rape and revenge that done by the gang and Jennifer have similar purpose, which is to dominate opposite gender."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Marselina Tabita
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan rekonstruksi citra Tuhan dalam film The Shack 2017 . Analisis akan menafsirkan representasi karakter dan adegan tertentu yang digambarkan dalam film. Korpus artikel ini adalah film berjudul The Shack, yang mewakili Tuhan dalam Nasrani yang direifikasi dalam tiga ras yang berbeda. Wacana masalah rasial dalam teori postkolonial sebagian besar digunakan sebagai instrumen untuk memahami konteks dalam menafsirkan. Artikel ini memilih untuk mengeksplorasi film daripada versi novel untuk mendapatkan analisis yang lebih holistik, dengan penambahan fitur sinematografi di samping aspek intrinsik dari narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambar Tuhan dipersonifikasikan dan direkonstruksi menjadi ras non-kulit putih untuk menantang isu rasial dan mematahkan wacana kekuasaan antara kulit putih, Afrika Amerika, Timur Tengah, dan Asia-Amerika.

ABSTRACT
This study aims to prove the reconstruction of God image in the movie The Shack 2017 . The analysis will interpret the representation of certain characters and scenes portrayed in the movie. The corpus of this article is movie titled The Shack, which represents the reified Christian God in three different races. Discourse of racial issue in postcolonial theory is mostly used as the instrument to understand the context to interpret. This article decided to explore the film rather than the novel in order to get a more holistic analysis by the addition of cinematographic features beside the intrinsic aspects of narrative. The result of this study shows that God image is personified and reconstructed into non-white races to challenge the racial issue and undermine the discourse of power between white, African American, Middle East, and Asian-American."
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kania Zillan Zalila Musridharta
"Diskriminasi rasial yang halus terus terjadi di masyarakat kita dalam bentuk kebiasaan dan dalam interaksi kita sehari-hari (Delgado, 2017). Secara kelembagaan ini mencerminkan kurangnya representasi dan karikaturisasi langsung people of colour (McLean, 1995) terutama di media dan hiburan (Moody, 2016). Hal ini menggelar panggung untuk kebangkitan meteorik dari "Hamilton" ciptaan Lin Manuel Miranda, sebuah musikal fiksi sejarah dengan casting buta warna (Hetrick, 2015) dan, musik rap dan RnB (Kupersmith, 2018). Terlepas dari keberhasilannya, musikal Hamilton memicu banyak percakapan tentang apakah Hamilton termasuk kedalam kategori revisionisme sejarah dan sastra. Revisionisme sendiri memungkinkan Hamilton untuk membahas perdebatan dan percakapan modern seperti feminisme, representasi budaya, dan masalah imigrasi ke dalam narasi mereka. Tetapi banyak yang berpendapat bahwa mereka mengambil bagian dalam penghapusan fakta dan nuansa yang mengelilingi sejarah awal mula asal Amerika. Makalah ini akan bertujuan untuk mengidentifikasi revisionisme, casting buta warna, dan (representasi) problematika modern lainnya sepanjang pertunjukan menggunakan kerangka teori kritis ras, dengan studi film sebagai metodologi. Data primer akan dikumpulkan melalui rekaman Disney Hamilton.

Subtle racial discrimination exist persistently in our society in a form of ordinariness and everyday interaction (Delgado, 2017). Institutionally this reflects the lack of representation and outright caricaturization of people of colour (McLean, 1995) especially in media and entertainment (Moody, 2016). This set out the stage for the meteoric rise of Lin Manuel Miranda’s “Hamilton”, an unorthodox colorblind casted (Hetrick, 2015), RnB rap-through (Kupersmith, 2018), historical fiction musical. Despite its success the musical sparks many conversations as to whether Hamilton falls into the category of historical and literature revisionism. Revisionism on its own allows Hamilton to put modern discords and conversation such as feminism, cultural representation, and immigration issues into their narrative. But many argue that they partake in fact and nuances erasure that surround early American history. This paper will aim to identify revisionism, colour blindness casting, other modern discourse throughout the show using the framework of critical race theory, using film studies as methodology. The primary data will be collected through Disney+ Hamilton recording."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Nur Andini
"ABSTRAK
Makalah ini membahas stereotip media dari pria homoseksual dan unsur heteroseksisme dalam film the Imitation Game. Sebagai film independen yang paling banyak ditonton pada tahun 2014, the Imitation Game adalah karya bertema homosexual seperti pendahulunya Will and Grace (1998-2006) dan Brokeback Mountain (2005). Penelitian menggunakan teori analisis tekstual oleh Alan McKee untuk membahas unsur mise-en-scene dan narasi. Ditemukan bahwa meskipun Alan Turing sebagai tokoh utama terlihat berlawanan dengan stereotip pria gay, beberapa ciri karakternya masih terikat kepada stereotip homoseksual di media - yaitu feminin, flamboyan, dan menjadi penjahat/ korban. Selain itu, unsur heteroseksisme yang terjadi di the Imitation Game adalah formula berulang yang juga terjadi pada Will dan Grace dan Brokeback Mountain. Walaupun komunitas LGBT telah diterima di masyarakat Amerika, media AS sendiri masih butuh waktu untuk benar-benar merepresentasikan homoseksualitas tanpa unsur hetero-normativitas.Makalah ini membahas stereotip media dari pria homoseksual dan unsur heteroseksisme dalam film the Imitation Game. Sebagai film independen yang paling banyak ditonton pada tahun 2014, the Imitation Game adalah karya bertema homosexual seperti pendahulunya Will and Grace (1998-2006) dan Brokeback Mountain (2005). Penelitian menggunakan teori analisis tekstual oleh Alan McKee untuk membahas unsur mise-en-scene dan narasi. Ditemukan bahwa meskipun Alan Turing sebagai tokoh utama terlihat berlawanan dengan stereotip pria gay, beberapa ciri karakternya masih terikat kepada stereotip homoseksual di media - yaitu feminin, flamboyan, dan menjadi penjahat/ korban. Selain itu, unsur heteroseksisme yang terjadi di the Imitation Game adalah formula berulang yang juga terjadi pada Will dan Grace dan Brokeback Mountain. Walaupun komunitas LGBT telah diterima di masyarakat Amerika, media AS sendiri masih butuh waktu untuk benar-benar merepresentasikan homoseksualitas tanpa unsur hetero-normativitas.ABSTRACT
This paper discusses the media?s stereotypes of homosexual men and heterosexualization in the Imitation Game film. As the most watched independent film in 2014, the Imitation Game is an influential homosexual-themed work following its two predecessors Will and Grace (1998-2006) and Brokeback Mountain (2005). Using textual analysis theory by Alan McKee to examine the mise-en-scenes and the narratives, this study has found that despite the seemingly non-stereotypical portrayal of Alan Turing as a gay mathematician, some of his character traits are still tied to the classical homosexual men stereotypes in the media ? the effeminate, flamboyant, and victim/villain personality. Furthermore, the heterosexualization which overvalues the relationship between a gay man and a straight woman is very prevalent in the film and diminishing the homosexual nature of the main character. The heterosexualization that happens in the Imitation Game is a repetitive formula that also occurs in Will and Grace and Brokeback Mountain. Thus, despite the society?s growing reception toward LGBT communities, the US media still has a long way to go before it could present homosexuality without overshadowing it with hetero-normativity.;This paper discusses the media?s stereotypes of homosexual men and heterosexualization in the Imitation Game film. As the most watched independent film in 2014, the Imitation Game is an influential homosexual-themed work following its two predecessors Will and Grace (1998-2006) and Brokeback Mountain (2005). Using textual analysis theory by Alan McKee to examine the mise-en-scenes and the narratives, this study has found that despite the seemingly non-stereotypical portrayal of Alan Turing as a gay mathematician, some of his character traits are still tied to the classical homosexual men stereotypes in the media ? the effeminate, flamboyant, and victim/villain personality. Furthermore, the heterosexualization which overvalues the relationship between a gay man and a straight woman is very prevalent in the film and diminishing the homosexual nature of the main character. The heterosexualization that happens in the Imitation Game is a repetitive formula that also occurs in Will and Grace and Brokeback Mountain. Thus, despite the society?s growing reception toward LGBT communities, the US media still has a long way to go before it could present homosexuality without overshadowing it with hetero-normativity.;This paper discusses the media?s stereotypes of homosexual men and heterosexualization in the Imitation Game film. As the most watched independent film in 2014, the Imitation Game is an influential homosexual-themed work following its two predecessors Will and Grace (1998-2006) and Brokeback Mountain (2005). Using textual analysis theory by Alan McKee to examine the mise-en-scenes and the narratives, this study has found that despite the seemingly non-stereotypical portrayal of Alan Turing as a gay mathematician, some of his character traits are still tied to the classical homosexual men stereotypes in the media ? the effeminate, flamboyant, and victim/villain personality. Furthermore, the heterosexualization which overvalues the relationship between a gay man and a straight woman is very prevalent in the film and diminishing the homosexual nature of the main character. The heterosexualization that happens in the Imitation Game is a repetitive formula that also occurs in Will and Grace and Brokeback Mountain. Thus, despite the society?s growing reception toward LGBT communities, the US media still has a long way to go before it could present homosexuality without overshadowing it with hetero-normativity.;This paper discusses the media?s stereotypes of homosexual men and heterosexualization in the Imitation Game film. As the most watched independent film in 2014, the Imitation Game is an influential homosexual-themed work following its two predecessors Will and Grace (1998-2006) and Brokeback Mountain (2005). Using textual analysis theory by Alan McKee to examine the mise-en-scenes and the narratives, this study has found that despite the seemingly non-stereotypical portrayal of Alan Turing as a gay mathematician, some of his character traits are still tied to the classical homosexual men stereotypes in the media ? the effeminate, flamboyant, and victim/villain personality. Furthermore, the heterosexualization which overvalues the relationship between a gay man and a straight woman is very prevalent in the film and diminishing the homosexual nature of the main character. The heterosexualization that happens in the Imitation Game is a repetitive formula that also occurs in Will and Grace and Brokeback Mountain. Thus, despite the society?s growing reception toward LGBT communities, the US media still has a long way to go before it could present homosexuality without overshadowing it with hetero-normativity."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Annisa
"Film Nocturnal Animals 2016 membuka perdebatan tentang keberadaan substansi dibalik mewahnya gaya yang diimplementasikan di film itu oleh sang sutradara yang juga seorang desainer terkemuka, Tom Ford. Salah satu bagian subtansi film tersebut adalah cerita bahwa dibalik modernitas dan kemewahan, kedua karakter utamanya, Edward dan Susan, adalah dua orang yang menderita trauma dan kehilangan. Disampaikan dengan dua struktur narasi yang berbeda yakni atemporal dan linear serta dikemas dalam dua dunia atau latar yang berbeda yaitu fiksional dan nyata, trauma dan kehilangan ternyata memiliki peran dalam pembentukan subjektivitas kedua karakter tersebut.
Menggunakan pendekatan psikoanalisa serta konsep yang diperkenalkan oleh Todd McGowan tentang atemporal cinema dan kehilangan sebagai pembentuk subjektivitas, skripsi ini bertujuan mencari fungsi sesungguhnya dari peradaban kontemporer dan kehilangan dalam pembentukan subjektivitas seseorang. Pada akhirnya, studi ini menyimpulkan bahwa dalam pembentukan subjektivitas, seseorang harus mengalami kehilangan dan menemukan kepuasaan dari pengalaman tersebut terlepas dari pengaruh peradaban kontemporer.

Nocturnal Animals 2016 opens a discussion on the existence of its substance underneath all the lavish style implemented by its fashion designer director, Tom Ford. One of the most pivotal substances in the movie is the story behind all the sophistication about the lead characters, Edward and Susan, who suffer from traumatic loss. Told through two different narrative structures, namely atemporal and linear as well as set in two different settings of fictional and reality, traumatic loss, in fact, has significance in constructing someone's subjectivity.
Using psychoanalytic approach and theories initiated by Todd McGowan on atemporal cinema and loss as an element of subjectivity, this study explores the function of loss in contemporary era in the construction of subjectivity. In the end, the study finds that in constructing subjectivity, one must embrace loss and find enjoyment in it regardless of the influence of civilized contemporary era.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67704
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andira Putri
"Disforia gender merupakan sebuah gangguan mental yang dipicu oleh ketidaksesuaian identitas gendernya dalam lingkungan yang heteronormatif. Artikel ini bertujuan untuk memperlihatkan kaitan dan pengaruh konstruksi identitas gender dalam lingkungan heteronormatif dengan disforia gender pada film Girl. Metode yang digunakan adalah metode kajian film oleh Boggs dan Petrie dan teori performativitas gender oleh Judith Butler. Teori disforia gender remaja oleh Riittakerttu Kaltiana-Heino dan Heidi Claahsen-van der Grinten juga digunakan untuk memperdalam analisis kajian film ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa internalisasi heteronormativitas yang dimiliki oleh lingkungan sosial dapat menimbulkan disforia gender yang menyebabkan hadirnya perilaku-perilaku ekstrem.

Gender dysphoria is a mental disorder that is triggered by an incongruence between gender identity and sex. In general, this disorder can cause distress and difficulty functioning in a social environment. In the narrative and cinematographic aspects of Girl's film, gender dysphoria is shown to be present due to Lara's efforts to construct her gender identity in a heteronormative environment. This article aims to show the relationship and influence of gender identity construction in a heteronormative environment with gender dysphoria in the film Girl. The method used is the film study method by Boggs and Petrie and the gender performativity theory by Judith Butler. The theory of adolescent gender dysphoria by Riittakerttu Kaltiana-Heino and Heidi Claahsen-van der Grinten is also used to deepen the analysis of this film study. The results of the analysis show that the internalization of heteronormativity possessed by the social environment can cause gender dysphoria which causes the presence of extreme behaviors."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Ayu Rahma Syifa
"Film Papicha (2019) yang berasal dari Aljazair menceritakan perjuangan perempuan untuk mendapatkan hak dan kebebasan dalam berbusana dan perlakuan setara dengan laki-laki. Artikel ini meneliti gerakan perlawanan dan perjuangan perempuan dalam mempertahankan hak dan meraih kebebasan berdasarkan aspek naratif dan sinematografi film serta analisis perlawanan perempuan melalui kain haïk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan konsep kajian film Boggs dan Petrie (2018) dan skema aktan A.J Greimas (1983). Untuk memperdalam analisis perlawanan perempuan akan digunakan konsep power feminism Naomi Wolf (1994) dan pendekatan feminisme Islam Mernissi (1991) untuk membahas busana muslim perempuan. Temuan analisis menunjukkan bahwa ada kesadaran perempuan akan kekuasaan atas dirinya sendiri yang direpresi oleh kelompok Islam fundamentalis. Perlawanan yang dilakukan Nedjma dan teman-temannya dalam mendapatkan hak dan kebebasan perempuan dilakukan melalui ekspresi berbusana, pemaknaan baru atas kain haïk, dan tindakan menolak peraturan kelompok Islam fundamentalis.

The film Papicha (2019) from Algeria tells the story of women's struggle to gain rights and freedom in clothing and equal treatment with men. This article examines the resistance movement and women's struggle to defend their rights and achieve freedom based on the narrative and cinematographic aspects of the film as well as an analysis of women's resistance through haïk cloth. This research uses qualitative methods with the film study concept of Boggs and Petrie (2018) and the actant scheme of A.J Greimas (1983). To analyze more about women's resistance, Naomi Wolf's (1994) concept of power feminism and Mernissi's (1991) Islamic feminist approach will be used to discuss Muslim women's clothing. Analysis of the findings shows that there is women's awareness of power over themselves which fundamentalist Islamic groups repress. The resistance carried out by Nedjma and her friends in gaining women's rights and freedom was carried out through expressions of clothing, new meanings for the haïk cloth, and actions to reject the rules of fundamentalist Islamic groups."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Rayhan Yunus Rangkuti
"Pedofilia menjadi salah satu permasalahan yang beberapa kali melibatkan institusi gereja, baik di Prancis maupun di beberapa belahan dunia yang lain. Salah satu film yang mengangkat permasalahan tersebut adalah film La ville dont le prince est un enfant yang memperlihatkan seorang pastor yang memiliki konflik batin di dalam dirinya berkaitan dengan masalah seksualitas. Artikel ini akan mengungkap permasalahan seksualitas dalam institusi gereja melalui pergulatan Pradts sebagai tokoh utama. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif kajian film dengan menganalisis unsur naratif dan sinematografis film dan konsep psikoanalisis Freud tentang struktur kepribadian manusia dan mekanisme pertahanan diri. Hasil analisis menunjukkan bahwa institusi gereja sebagai superego berperan sangat penting terhadap tindakan dan seksualitas para tokoh. Superego yang sangat dominan berhasil membuat Pradts menjalankan mekanisme pertahanan dirinya dengan baik, sehingga kecemasan dan seluruh ancaman tetap berada di luar kesadarannya.

Pedophilia is one of the problems that has involved church institutions several times, both in France and in several other parts of the world. One of the films that raises this issue is La ville dont le prince est un enfant which shows a priest who has an inner conflict within himself related to sexuality issues. This article will reveal the problem of sexuality in church institutions through the struggles of Pradts as the main character. This research will use a qualitative method of film study by analyzing the narrative and cinematographic elements of the film and Freudian psychoanalysis concepts which consists of the structure of the human personality and self-defense mechanisms. The results show that the church institution as the superego plays a very important role in the actions and sexuality of the characters. The very dominant superego managed to make Pradts run his defense mechanism well, so that anxiety and all threats remained outside of his consciousness."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khairana Hanifa Irliana
"Prancis merupakan salah satu negara multikultural atau negara dengan identitas nasional yang berasal dari keragaman dan kemajemukan. Salah satu film yang mengangkat multikulturalisme Prancis adalah film Samba (2014) karya Olivier Nakache dan Éric Toledano. Film ini menggambarkan perjuangan hidup imigran yang telah menetap selama 10 tahun di Prancis secara tiba-tiba mendapatkan status imigran ilegal. Permasalahan imigran yang pada saat itu menjadi permasalahan genting menimbulkan sebuah bentuk kekuasaan secara sepihak oleh kelompok kulit putih. Berdasarkan pemaparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan rasionalisasi hegemoni kulit putih terhadap imigran di Prancis dimunculkan dalam film. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif, dengan bantuan teori Boggs dan Petrie (2008) untuk memahami unsur dramatik dan sinematografis film, dan teori hegemoni Gramsci (2013) beserta konsep white hegemony Edwards (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hegemoni kulit putih muncul pada tokoh Samba melalui penyebaran ideologi yang telah diinternalisasi oleh pihak penguasa. Tokoh Samba sebagai pihak yang berhasil dikuasai memercayai dan meyakini bahwa ide-ide tersebut merupakan suatu hal yang benar dan wajar. Hegemoni yang dialami tokoh Samba membuatnya mengalami konformitas atau perubahan sikap dan tingkah laku untuk menyesuaikan diri dengan nilai, aturan dan norma kelompok kulit putih.

France is one of a multicultural country or a country with a national identity that comes from diversity and pluralism. One of the films that elevates France multiculturalism is the film Samba (2014) by Olivier Nakache and Éric Toledano. This film depicts the life struggle of immigrants who have lived for 10 years in France suddenly get illegal immigrant status. At that time, the problem of immigrants became a critical problem that inflict a form of unilateral power by the white group. Based on this explanation this study aims to show the rationalization of white hegemony against immigrants in France that appears in the film. This research will use a qualitative method, with the help of Boggs and Petrie (2008) theory to understand the dramatic and cinematographic elements of the film, and Gramsci's (2013) hegemony theory along with the concept of white hegemony by Edwards (2008). The results show that white hegemony appears in the character of Samba through the spread of ideology that has been internalized by the white group. Samba as the party who was successfully mastered believed and assured that these ideas were something that was right and rational. The hegemony experienced by Samba makes him experience conformity or changes in attitudes and behavior to adjust to the values, rules and norms of the white group."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Aria Ramadhani
"Prancis adalah negara modern dengan beragam masalah sosial dan populasi yang kompleks. Beberapa masalah di antaranya terkait isu kesetaraan gender, yang meningkat seiring dengan munculnya berbagai gerakan seperti #MeToo atau #BalanceTonPorc. Salah satu sutradara Prancis, Éléonore Pourriat, telah membuat beberapa film yang secara tematis membahas berbagai masalah ketidakadilan gender, seperti pelecehan seksual. Sebagai media, film berperan penting dalam konstruksi persepsi dan kesan tentang kondisi sosial suatu masyarakat. Melalui salah satu filmnya berjudul Je ne suis pas un homme facile, Pourriat memperlihatkan gambaran jika laki-laki menjadi target diskriminasi dan pelecehan di dunia dalam matriarkal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan struktur dramatik Gustav Freytag, unsur sinematik Boggs dan Petrie untuk menganalisis strategi naratif dan sinematografis, dan konsep androsentrisme oleh Charlotte Perkins Gilman untuk menganalisis gugatan atas androsentrisme dan gynosentrisme yang dihadirkan dalam film Je ne suis pas un homme facile. Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui inversi peran gender, film Je ne suis pas un homme facile menghadirkan berbagai norma dan perilaku seksis yang telah dinaturalisasi, menjadi penyebab kuatnya dominasi laki-laki dalam masyarakat. Berbagai skenario dalam dominasi perempuan yang menunjukkan minimnya perubahan, memunculkan pemikiran tentang pentingnya pencapaian tujuan kesetaraan.

France is a modern country with a variety of social problems and a complex population. Some of the problems are related to the issue of gender equality, which has increased with the emergence of various movements such as #MeToo or #BalanceTonPorc. One of the French directors, léonore Pourriat, has made several films that thematically address issues of gender inequality, such as sexual harassment. As a medium, films play an important role in the construction of perceptions and impressions about the social conditions of a society. Through one of his films entitled Je ne suis pas un homme facile, Pourriat shows a picture that men are targets of discrimination and harassment in a matriarchal world. This research is a qualitative research using the dramatic structure of Gustav Freytag, the cinematic elements of Boggs and Petrie to analyze narrative and cinematographic strategies, and the concept of androcentrism by Charlotte Perkins Gilman to analyze the claims of androcentrism and gynocentrism presented in the film Je ne suis pas un homme facile. The results of the analysis show that through the inversion of gender roles, the film Je ne suis pas un homme facile presents various sexist norms and behaviors that have been naturalized, causing the strong male domination in society. Various scenarios in women's dominance that show the lack of change, raise ideas about the importance of achieving the goal of equality."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>